5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Hari Ini – 15 Juli 2020

Morning Briefing 15 Juli 2020
Foto: www.unsplash.com

Hola! Selamat hari Rabu, semoga harimu menyenangkan seperti perasaan Dalai Lama yang baru saja merilis album musiknya. Dan tetap pakai masker saat keluar rumah, cuci tangan secara teratur, jaga jarak dan jaga kesehatan. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 15 Juli 2020.

Delapan provinsi penyumbang kasus COVID-19 terbanyak.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan delapan provinsi itu adalah Jawa Timur (16.658 kasus), DKI (14.517 kasus), Sulsel (6.973 kasus), Jateng (5.473 kasus), Jabar (5.077 kasus), Kalsel (4.146 kasus), Sumut (2.323 kasus), dan Papua (2.267 kasus). Delapan provinsi tersebut berkontribusi hampir 74% dari seluruh kasus positif COVID-19 yang ada di Indonesia. Untuk itu, provinsi tersebut diharapkan melakukan tindakan 3T (testing, tracing dan treatment) yang lebih masif lagi dengan harapan kontributor kasus ini akan bisa menurun. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Bencana banjir bandang di Luwu Utara berdampak bagi 4.000 keluarga.

Banjir bandang yang menghantam enam kecamatan di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, pada malam senin (13/7) mempengaruhi lebih dari 4.930 keluarga di enam kecamatan. PLN masih melakukan perbaikan jaringan listrik dan BPBD masih melakukan kaji cepat di lapangan bersama PMI. Sejauh ini, akses menuju lokasi terdampak masih tertutup karena jalan lalu lintas tertimbun material lumpur. Data sementara dari Tim SAR gabungan di bawah kendali Basarnas sore ini mencatat 10 meninggal dunia, 10 warga berhasil diselamatkan dan 46 lainnya masih dalam pencarian. Menurut BPBD Kabupaten Luwu Utara, salah satu penyebab banjir adalah intensitas hujan yang tinggi yang mengakibatkan Sungai Masamba, Rongkang dan Sungai Rada meluap. Baca berita lengkapnya di CNBC Indonesia.

Update COVID-19 global: Singapura resesi dan masker wajib di Inggris.

Perekonomian Singapura mengalami resesi di kuartal kedua dengan kontraksi sebesar 41,2% setelah negara ini memberlakukan lockdown ketat untuk mencegah penyebaran coronavirus. Dari Inggris dilaporkan bahwa memakai masker akan dijadikan kewajiban, diperkirakan mulai 24 Juli. Aturan ini sama dengan yang berlaku di Skotlandia, Jerman, Spanyol, Italia dan Yunani.

Sementara itu, dari Iran dilaporkan, sejumlah tempat publik dan bisnis di Tehran harus menutup operasionalnya setidaknya selama seminggu mulai Selasa kemarin untuk mengendalikan penyebaran virus ini setelah angka kematian melonjak. Dan Disney akan menutup tamannya di Hong Kong, kurang dari sebulan setelah dibuka kembali. Dan The Lancet Global Health Journal memperingatkan bahwa kematian akibat malaria dan tuberkulosis dan HIV di negara-negara dengan pendapatan lebih kecil dan menengah akan meningkat dalam lima tahun ke depan. Pasalnya, servis kesehatan terganggu akibat pandemik ini. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 13.135.616, dengan 574.072 kematian, dan 7.294.394 kesembuhan. Baca berita lengkapnya di Financial Times.

Kelanjutan kasus Ghislaine Maxwell.

Hakim akan memutuskan apakah akan memberikan bebas dengan uang jaminan kepada Ghislaine, pasangan dan rekan Jeffrey Epstein, yang dituduh membantu Epstein merekrut perempuan muda dari 1994 sampai 1997. Senin lalu, jaksa penuntut umum juga mengatakan bahwa Maxwell mencoba untuk menghindari penangkapan polisi beberapa kali. Jaksa meminta Maxwell ditahan katena dianggap berisiko untuk melarikan dari Amerika Serikat. Maxwell sendiri diperkirakan akan mengaku tidak bersalah atas enam tuduhan kejahatan, termasuk mentransportasi anak-anak di bawah umur untuk aktivitas seksual ilegal dan dua sumpah palsu. Baca berita lengkapnya di Aljazeera.

Spotify luncurkan podcast charts.

Lama dinantikan, akhirnya Spotify meluncurkan podcast charts untuk membantu penggunanya menemukan acara-acara baru dan podcast paling banyak didengar. Nama podcast charts ini adalah “Trending” dan “Top“. Di dalam “Trending“, pengguna akan bisa menemukan 50 acara terbaru sedang meroket, sementara “Top” akan memasukkan 200 acara terpopuler di wilayah tersebut dan dipisahkan sesuai kategori. Charts ini akan tersedia di 26 negara dan akan diperbaharui tiap hari. Baca berita lengkapnya di The Verge.

Selanjutnya: Setelah membaca Morning Briefing 15 Juli 2020, pastikan mengecek bagaimana cara mendisiplinkan anak tanpa membuat harga dirinya terluka.

podcast button