5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini -15 Januari 2021

Morning Briefing 15 Januari 2021
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

T.G.I.F! Selamat menikmati akhir pekanmu. Tetap pakai masker, jika memungkinkan tinggal di rumah, jauhi kerumunan, dan cuci tangan dengan benar. Berikut berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 15 Januari 2021.

Sertifikat kesehatan digital untuk yang sudah divaksinasi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berencana memberikan insentif berupa sertifikat kesehatan digital kepada warga yang divaksinasi COVID-19. Sertifikat digital itu nantinya bisa digunakan oleh warga yang hendak melakukan perjalanan, sehingga jika terbang tidak usah menunjukkan hasil tes PCR atau antigen. Pemberian ini agar masyarakat bersedia divaksinasi, dan pemerintah tidak akan lagi menggunakan narasi sanksi dalam mengampanyekan sanksi. Pemerintah akan membuat aplikasi sendiri apabila rencana pemberian sertifikat digital ini berjalan. (CNN Indonesia)

Lukisan gua tertua di dunia ditemukan di Sulawesi Selatan.

Para arkeolog telah menemukan lukisan tertua di dunia di gua Leang Tedongnge, Sulawesi Selatan. Lukisan tersebut berupa gambar babi liar berukuran sebesar badan babi yang dibuat setidaknya 45.500 tahun yang lalu di Indonesia. Gua ini berlokasi di sebuah lembah terpencil yang dikelilingi tebing kapur, kira-kira satu jam jalan kaki dari jalan raya. Gua ini hanya bisa diakses selama musim kemarau karena biasanya banjir saat musim hujan. Lukisan ini ditemukan oleh mahasiswa doktorat Basran Burhan, anggota tim survei yang dilakukan dengan pihak otoritas Indonesia. (The Jakarta Post)

Update COVID-19 global: vaksin, dan varian baru.

Ilmuwan di Ohio State University telah menemukan varian baru yang mirip dengan mutasi di inggris, tapi kemungkinan berasal dari Amerika Serikat. Varian-varian baru coronavirus muncul di Inggris, Afrika Selatan, Brasil. ini membuat para ilmuwan harus mempelajarinya lagi dan mungkin menyebabkan jumlah infeksi semakin banyak di dunia.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 13 Januari 2021

Ancaman varian baru yang muncul di Inggris dan Afrika Selatan memperkecil kemungkinan pelonggaran restriksi di Jerman dan Denmark. Rencananya pelonggaran dilakukan pada 1 Februari, tapi dengan varian baru ini mungkin akan mengalami perpanjangan hingga dua sampai tiga bulan. Johnson & Johnson mengembangkan vaksin satu dosis dan menurut hasil uji coba, mayoritas orang yang menerimanya menghasilkan respons imunitas dan aman. Di Rusia, Presiden Vladimir Putin memerintahkan vaksin massal di mulai minggu depan. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 92.482.273, dengan 1.981.680 kematian, dan 51.122.208 sembuh. (The Washington Post)

Belasan orang ditangkap karena diduga membantu aktivis pro-demokrasi Hong Kong.

Polisi Hong Kong menangkap 11 orang atas tuduhan kriminal yang berkaitan dengan memberi bantuan 12 aktivis pro-demokrasi yang dituduh mencoba lari ke Taiwan tahun lalu. Belasan orang ditangkap ini meliputi delapan laki-laki dan tiga perempuan, berusia 18 hingga 72 tahun. Polisi mengatakan bahwa mereka masih ditahan untuk ditanyai lebih lanjut. Taiwan menjadi tujuan populer bagi para aktivis pro-demokrasi Hong Kong sejak pelaksanaan undang-undang keamanan pada Juni 2020. (Reuters)

Macaulay Culkin ingin Donald Trump dihapus dari Home Alone 2.

Seperti kebanyakan penggemar film ini, Culkin ingin adegan Donald Trump yang menjadi cameo di Home Alone 2: Lost in New York dihapus. Desakan untuk memotong presiden dari film tersebut semakin intens setelah penolakannya mengakui kekalahan pemilu terhadap Presiden terpilih Joe Biden. Sebagai informasi, Chris Columbus, mengatakan dalam sebuah wawancara 2020 bahwa presiden "mem-bully agar bisa terlibat di dalam film". (The Hollywood Reporter)

Selanjutnya: Setelah membaca Morning Briefing 15 Januari 2021, jangan lupa mengecek bagaimana mengenali diri sendiri jika sudah siap menikah.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 18 November 2020