5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 14 September 2021

Morning Briefing 14 September 2021
Foto: www.canva.com
Terakhir diperbarui:

Hola! PPKM diperpanjang dengan level berbeda di setiap wilayah, tentang situasi dan kondisi masing-masing. Berita baiknya, bioskop akan segera dibuka (langsung membayangkan bisa menonton Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings)! Bagaimana menurutmu? Yang pasti, tetap terapkan protokol kesehatan di manapun kamu berada. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 14 September 2021.

PPKM diperpanjang hingga 20 September 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan pemerintah memperpanjang PPKM. Namun dalam perpanjangan tersebut ada beberapa penyesuaian seperti pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50 persen, pada kota dengan level tiga dan level dua. (Liputan6)

Pemerintah: target penyuntikan 150 juta dosis vaksin diyakini segera tercapai.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa target 100 juta dosis vaksin tercapai pada Juli dan Agustus 2021. Sementara 50 juta vaksin berikutnya ditargetkan akan dicapai dalam waktu dekat. Menurutnya, Indonesia berada di posisi keenam dengan target penyuntikan terbanyak dengan 72 juta orang sudah menerima dosis satu dan 41 juta orang dosis dua. (Medcom)

Update COVID-19 global: vaksin dan lockdown di Auckland.

Korea Selatan berencana untuk memperbolehkan pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala untuk tinggal di rumah, tidak di rumah sakit atau fasilitas kesehatan. Soalnya, semakin banyak orang yang sudah mendapatkan vaksin dan pemerintah bersiap melonggarkan sejumlah restriksi.

Sementara itu, di wilayah tenggara China, pihak otoritas memerintahkan penduduk provinsi Fujian untuk melakukan tes terhadap guru dan siswa dalam waktu seminggu karena terjadinya lonjakan kasus. Di New Zealand, Perdana Menteri Jacinda Arden mengumumkan bahwa Auckland akan tetap berada dalam status lockdown hingga akhir September.

Di sisi lain, di Afrika Selatan, pemerintah akan memperkenalkan sistem paspor vaksin untuk mengurangi penyebaran virus ini. Dan pihak otoritas Israel sedang menginvestigasi lebih dari 200 orang yang baru saja pulang dari acara keagamaan di Ukraine dengan hasil tes COVID-19 palsu.

Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total COVID-19 global adalah 224.792.464, dengan 4.633.281 kematian, dan sebanyak 3.563.863.148 dosis vaksin sudah diberikan. (Washington Post)

Aung San Suu Kyi tidak muncul di pengadilan karena alasan kesehatan.

Pemimpin Myanmar yang diberhentikan, Aung San Suu Kyi, tidak bisa muncul di sebuah sesi pengadilan karena alasan kesehatan. Anggota tim hukumnya menggambarkan kondisinya “tidak serius” dan ingin “beristirahat”, dan bukan coronavirus. Suu Kyi (76) telah ditahan dengan berbagai tuduhan sejak kudeta militer pada 1 Februari. (The Guardian)

iPhone terbaru dengan memori 1TB.

Sebelum acara Apple’s California Streaming pada 14 September, beredar kabar bahwa iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max masing-masing akan memiliki penyimpanan hingga 1TB. Sementara itu, iPhone 13 dan iPhone 13 mini akan memiliki pilihan konfigurasi penyimpanan 128GB, 256GB, dan 512GB, tapi tanpa 64GB. Rumor lainnya iPhone 13 akan memiliki empat model dengan ukuran yang sama seperti model tahun lalu. (The Verge)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 14 September 2021, jangan lupa mengecek cara mengajarkan arti independen kepada anak.