5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 14 September 2020

Morning Briefing 14 September
Foto: www.unsplash.com

Hello, selamat pagi! Jika memungkinkan, tetaplah untuk di rumah; jika harus keluar rumah, selalu pakai masker, jaga jarak saat berada di ruang publik, dan cuci tangan yang benar. Semoga harimu menyenangkan, dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 14 September 2020.

Selama PSBB total hanya 25 persen pegawai berkantor.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama PSBB total hanya diperbolehkan 25 persen pegawai swasta dan Aparatur Sipil Negara (ASN) berada di kantor. Hal ini menurutnya sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) untuk daerah yang memiliki risiko penularan COVID-19 yang tinggi. Dalam pelaksanaannya, para pimpinan berhak melakukan penyesuaian bila industri tersebut berkaitan dengan pelayanan publik mendasar yang mengharuskan kehadiran lebih dari 25 persen pegawai. Namun syarat 25 persen itu tidak berlaku jika daerah perkantoran tersebut ada terinfeksi positif COVID-19. Bila ditemukan kasus positif, maka seluruh usaha dan kegiatan di lokasi tersebut harus ditutup minimal 3 hari. (CNN Indonesia)

Libur dan cuti nasional 2021.

Pemerintah baru saja mengeluarkan daftar libur dan cuti nasional 2021, yakni sebanyak 23 hari. Penentuan hari libur ini mempertimbangkan alasan untuk meningkatkan penerimaan pendapatan industri wisata dan mengurangi kemacetan lalu lintas. Untuk tahun depan, September dan November tahun depan akan menjadi bulan yang tidak mempunyai hari libur nasional. Tahun depan akan ada cuti wajib nasional, yakni untuk Lebaran dan Natal. (The Jakarta Post)

Ribuan demonstran tuntut Lukashenko mundur.

Setidaknya 10.000 orang turun ke jalan dan memadati Independence Square pada hari Minggu dan 5.000 orang pada Sabtu menuntut pembebasan pemimpin oposisi. Setidaknya 114 orang ditangkap kemarin malam, 99 di antaranya ditahan di ibu kota Belarus. Sebagai informasi, berbagai demonstrasi terjadi di sana sejak pemilihan presiden 9 Agustus, yang menurut oposisi penuh dengan kecurangan. Lukashenko, yang sudah memegang kekuasaan selama 26 tahun, menyangkal ini dan berkata bahwa negara asing berada di balik protes ini. Figur-figur opisisi penting Belarus sudah dipenjara atau dipaksa keluar negara. Lukashenko akan mengunjungi Rusia hari ini dan kedua negara ini dijadwalkan mulai melakukan latihan militer bersama sejak 14 September. (Reuters)

Update COVID-19 global: Korea Selatan longgarkan restriksi di Seoul dan masker beri orang kekebalan.

Salah satu jurnal medis terpercaya, New England Journal of Medicine, berteori bahwa pemakaian masker secara tidak sengaja memberikan kekebalan terhadap COVID-19 dan membuat orang-orang tidak sakit parah akibat virus ini. Jika hipotesis ini benar, maka pemakaian masker universal bisa menjadi sebuah bentuk metode memperlambat penyebaran virus sampai tersedia vaksin. Sementara itu, dari Korea Selatan kelonggaran sementara akan diberlakukan mulai besok di Seoul, karena terjadinya penurunan kasus.

Dari Prancis dilaporkan, para dokter mendesak warga Prancis untuk menghindari pertemuan sosial dan keluarga setelah terjadi 10.000 infeksi baru di sana. Sementara itu, uji coba vaksin potensial yang sempat dihentikan oleh Universitas Oxford karena salah satu sukarelawan mengalami “sakit yang tidak bisa dijelaskan” kembali dimulai. Meski begitu, banyak ilmuwan yang memperkirakan bahwa China kemungkinan adalah negara pertama yang akan berhasil mengembangkan vaksin ini. Dan menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 28.819.579, dengan 921.022 kematian, dan 19.493.117 kasus sembuh. (Telegraph)

Zoom menyokong sistem two-factor authentication.

Zoom menambahkan fitur two-factor authentication (2FA) ke aplikasi desktop dan mobile. Dalam sebuah blog, perusahaan ini mengatakan pengguna bisa menggunakan ekstra keamanan ini dari Zoom Dashboard. Ini bukan pertama kalinya Zoom menawarkan 2FA, tapi sebelumnya hanya berlaku untuk layanan situs. Sekarang, fitur ini bisa dipemakai oleh semua pengguna, termasuk mereka yang memiliki akun perusahaan. Fitur ini adalah fitur keamanan terbaru dari Zoom setelah sebelumnya mendapatkan kritik privasi dan keamanan. Juni lalu Zoom mengumumkan end-to-end encryption untuk semua free users. (The Verge)

Selanjutnya: Selesai membaca Morning Briefing 14 September 2020, jangan lupa baca apa yang sebaiknya dilakukan saat pasangan di-PHK.

podcast button