5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 14 Oktober 2021

Morning Briefing 14 Oktober 2021
Foto: www.canva.com

Satu hari menjelang weekend, semoga tetap semangat! Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 14 Oktober 2021.

Indonesia akan bangun kawasan industri hijau pertama di dunia.

Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah mulai membangun kawasan industri hijau (green industrial park) pertama di dunia pada November 2021. Berlokasi di Kalimantan Utara, kawasan industri hijau ini memiliki luas 20 ribu hektare.

Presiden menambahkan bahwa kawasan industri berbasis energi hijau harus disiapkan karena dalam 10 tahun lagi, negara maju enggan membeli batu bara. (Medcom)

BPOM temukan obat tradisional berbahan kimia beredar di pasaran.

Menurut BPOM sejak Juli 2020 hingga September 2021, terdapat 72 produk berbahaya terkait penanganan COVID-19 selama periode tersebut. Yakni, terdiri dari 53 produk obat tradisional berbahan kimia obat (BKO), 1 produk suplemen kesehatan yang mengandung bahan kimia. Selain itu, ada 18 produk kosmetik yang mengandung bahan dilarang atau berbahaya. (Liputan6)

Update COVID-19 global: Investigasi asal virus, dan negara terimunisasi.

WHO mengajukan 26 ahlinya untuk membentuk Scientific Advisory Group baru untuk mencari tahu asal-usul virus ini. Menurutnya, grup ini juga akan memberi masukan tentang investigasi terhadap patogen yang berasal dari hewan ke manusia yang bisa berpotensi menyebabkan pandemi berikutnya.

Dan Canberra, Australia, dalam track menjadi negara paling tervaksinasi, dengan perhitungan 99% warga yang wajib mendapat vaksin akan sudah diimunisasi penuh pada akhir November ini. Sementara itu di Uganda, para guru berhenti untuk menjadi pembuat peti mati setelah pandemi memaksa sekolah tutup.

Di Prancis, pemerintah berencana untuk memperpanjang status gawat darurat hingga 31 Juli tahun depan untuk menanggulangi krisis pandemi yang terus berlanjut. Di sisi lain, Jepang melaporkan jumlah kasus terendah dalam lebih dari satu tahun. (The Guardian)

Presiden Chile hadapi pemakzulan setelah investigasi Pandora Papers.

Anggota parlemen dari partai oposisi memulai proses pemakzulan terhadap Presiden Sebastian Pinera kemarin. Pengambilan keputsan ini setelah Pandora Papers membocorkan ada kemungkinan korupsi dan pelanggaran pajak atas penjualan sebuah perusahaan tambang yang melibatkan Pinera. (Reuters)

Netflix: Squid Game adalah 'serial terbesar pada saat peluncuran'.

Perusahaan tersebut menyebutkan bahwa serial survival thriller itu mencapai 111 juta akun global pada 17 hari pertama peluncurannya. Tidak hanya itu, Squid Game juga merupakan seri Netflix pertama yang melewati angka 100 juta akun pada 28 hari pertamanya tayang di Netflix. Sebagai info, sejak debut, Squid Game berada di urutan pertama di 94 negara. (The Verge)

Selanjutnya: Setelah membaca Morning Briefing 14 Oktober 2021, jangan lupa mengecek cara menanggapi gombal receh dari pasangan.