5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 14 Juli 2020

Morning Briefing 14 Juli 2020
Foto: www.rawpixel.com

Hello, kamu! Apa kabarnya, hari ini? Semoga sehat, dan tetap ingat untuk memakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan jaga kesehatan. Selamat menikmati hari ini dan lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 14 Juli 2020.

Mendikbud: PJJ tidak permanen.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menegaskan tidak ada rencana untuk mempermanenkan pendidikan jarak jauh (PJJ). Menurutnya, pembelajaran tatap muka adalah model pembelajaran terbaik dan tidak bisa tergantikan. Pernyataan ini dikeluarkan menyusul banyaknya kesalahpahaman tentang PJJ yang disebut-sebut akan menjadi permanen. Nadiem menambahkan bahwa nantinya tatap muka akan diperkuat dengan kombinasi pemanfaatan teknologi. Baca berita lengkapnya di Tempo.

Puncak COVID-19 di Indonesia Agustus-September.

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa puncak COVID-19 diprediksi terjadi Agustus-September, meski hal ini bisa berubah jika semakin banyak kasus positif. Oleh karenanya, Jokowi meminta kepada para menteri untuk bekerja keras untuk mengendalikan penyebaran virus ini. Kasus coronavirus di Indonesia sendiri terus bertambah. Berdasarkan data 13 Juli 2020, ada penambahan 1.282 kasus positif, sehingga total menjadi 76.981 kasus, dengan kasus terbanyak terjadi di Jawa Timur dan Jakarta. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Update COVID-19 global: Remdesivir menolong pasien di Korea Selatan dan puluhan tentara terinfeksi di Okinawa.

Remdesivir, pengobatan COVID-19 pertama yang sudah teruji klinis, membantu sepertiga pasien kritis di Korea Selatan. Obat yang dibuat oleh Gilead Sciences ini memang sedang diteliti dengan seksama untuk mengetahui apakah bisa digunakan untuk mengatasi pandemik. Sementara itu, puluhan tentara Amerika Serikat yang bertugas di pangkalan militer di Okinawa, Jepang, terinfeksi virus ini. Pejabat lokal menyayangkan ketidaktransparanan data pasti orang yang sudah terinfeksi di sana.

Menurut laporan organisasi kemanusiaan Save The Children, hampir 10 juta anak di seluruh dunia mungkin tidak akan bisa kembali ke sekolah karena pandemik. Laporan ini menyatakan bahwa pandemik menyebabkan dana pendidikan dipotong dan angka kemiskinan meningkat. Dari Afrika Selatan diberitakan bahwa pelarangan penjualan alkohol diberlakukan kembali karena jumlah pasien kecelakaan akibat alkohol meloncak, sementara tempat tidur di rumah sakit dibutuhkan untuk pasien coronavirus. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 12.970.605, dengan 570.220 kematian dan 7.153.812 kesembuhan. Baca berita lengkapnya di Washington Post.

Presiden Polandia Andrzej Duda terpilih kembali.

Petahana presiden Polandia, Andrzej Duda, kembali lagi terpilih menjadi presiden untuk lima tahun yang akan datang. Dengan hampir semua kertas suara sudah dihitung kemarin, Duda, yang didukung oleh partai berkuasa, Partai Hukum dan Keadilan (PiS) memenangkan 51% suara. Sementara lawannya, Rafał Trzaskowski, mengumpulkan 48,8% suara. Secara statistik, warga Polandia berusia di bawah 50 tahun dan tinggal di kota-kota besar lebih mendukung Trzaskowski, yang dianggap lebih liberal. Sementara, warga yang lebih tua dan tinggal di pedesaan mendukung Duda. Kemenangan Duda ini menarik banyak perhatian dari para aktivis HAM, karena dianggap akan mengancam demokrasi. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Sebuah tubuh ditemukan Lake Piru, lokasi Naya Rivera hilang.

Pihak kepolisian di Southern California belum memberikan identitas mayat tersebut. Perilisan nama akan dilakukan setelah keluarga diberitahu; konferensi pers dijadwalkan pada pukul 2 siang waktu setempat. Pencarian terhadap Naya Rivera terus dilakukan dan polisi menemukan satu tubuh pada Senin pagi di Lake Piru di Southern California, lokasi aktris tersebut hilang minggu lalu. Seperti diberitakan sebelumnya, aktris berusia 33 tahun tersebut menyewa sebuah kapal dan berpesiar dengan anak laki-lakinya yang berusia 4 tahun pada pukul 1 siang waktu setempat, Rabu, 8 Juli 2020. Perahu tersebut dijadwalkan untuk kembali pukul 4 sore. Saat aktris tidak kembali, staf tempat penyewaan kapal mencari Rivera dan menemukan anaknya berada di atas kapal sendirian. Anaknya dikabarkan dalam kondisi tidak terluka. Baca berita lengkapnya di The Hollywood Reporter.

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 14 Juli 2020, pastikan kamu mengetahui apa sebenarnya antioksidan dan bagaimana cara mendapatkannya.

podcast button