5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 14 Januari 2020

morning briefing, 14 Januari 2020
Foto: www.unsplash.com

Hai, selamat pagi! Seandainya kamu belum tahu, Gwyneth Paltrow sedang menjual lilin dengan nama ‘This Smells Like My Vagina‘ di situsnya, Goop. Silakan membahasnya bersama temanmu hari ini. Dan oh, ini lima berita penting yang terangkum dalam morning briefing 14 Januari 2020.

SoftBank Group tertarik berinvestasi di ibukota baru Indonesia, Kalimantan Timur.

Hal ini disampaikan oleh CEO SoftBank, Masayoshi Son yang juga mengatakan bahwa sejumah dana investasi akan digelontorkan untuk membangun kota dengan konsep kota pintar, hijau dan memanfaatkan perkembangan AI (artificial intellegence). Menurut Luhut Binsar Pandjaitan, menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi, SoftBank siap memberikan investasi hingga $100 miliar dalam 25 tahun ke depan. Baca berita lengkapnya di Techinasia.

China mengatakan bahwa perang tarif dengan Amerika Serikat belum berakhir.

Meski perjanjian perdagangan sementara akan ditandatangi besok, media nasional mengatakan bahwa perang tarif belum selesai. Pasalnya, Amerika masih belum mencabut pemberlakuan tarif pada China dan sebaliknya, China masih memberlakukan kebijakan balasan. Akan tetapi, perjanjian tahap satu tersebut disambut baik oleh para pengusaha dan investor karena menurut mereka perang tarif ini menyebabkan harga meningkat dan ketidakstabilan bisnis. Salah satu isi perjanjian ini adalah Amerika akan merendahkan tarif pada sejumlah produk China. Sebagai balasannya, China akan memberikan akses pasar yang lebih mudah untuk perusahaan keuangan internasional, dan peraturan yang lebih ketat seputar properti intelektual. Baca berita lengkapnya di Business Insider.

Jawa Timur akan memiliki MRT dan LRT.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan provinsi tersebut akan membangun mass rapid transit (MRT) dan light rail transit (LRT). Hal tersebut disampaikannya lewat akun Instagramnya, @khofifah.ip, kemarin (13/01). Khofifah juga menambahkan, moda transportasi ini akan sambung menyambung antardaerah, kawasan ekonomi dan industri. Meski belum ada detail tentang waktu, tapi Khofifah mengatakan bahwa rencana ini merupakan bagian dari implementasi atas Peraturan Presiden (Perpres) Percepatan Pembangunan Kawasan di Jawa Timur yang telah diteken Presiden Joko Widodo pada akhir 2019. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Seekor kura-kura berhasil menyelamatkan satu jenis spesies dari ancaman kepunahan.

Galápagos National Park mengakhiri program pembiakan untuk kura-kura raksasa Española, setelah Diego, seekor kura-kura yang dipinjam dari San Diego Zoo, memproduksi 800 keturunan. Program pembiakan ini berhasil memproduksi 2000 kura-kura, 40% di antaranya berkat kerja keras Diego. FYI, Diego ini sudah berumur lebih dari 100 tahun. Pihak taman nasional juga mengatakan bahwa keberhasilan dari program ini juga berkat pemusnahan spesies asing dan kultivasi kaktus. Sebagai informasi, saat program ini baru saja dimulai, hanya terdapat 15 spesies Española (12 perempuan dan tiga laki-laki). Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Joker mendominasi nominasi Oscar 2020.

Akhirnya, daftar nominasi Oscar dirilis juga, dengan Joker mengantongi 11 nominasi, termasuk Best Picture, Best Actor dan Best Director. Di belakangnya, The Irishman dan Once Upon A Time in Hollywood memiliki 10 nominasi. Akan tetapi sayangnya, meski banyak film hasil karya perempuan (seperti Greta Gerwig dan Lulu Wang) masuk Oscar, tidak ada perempuan yang dinominasikan dalam kategori Best Director. Hal yang sama terjadi pada Bafta dan Golden Globe. Baca nominasi lengkapnya di HuffPost.

Itu morning briefing 14 Januari 2020. Sementara ini informasi tentang tanaman rumah yang bisa membuat stresmu berkurang.

podcast button