5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 14 Februari 2020

Morning Briefing 14 Februari 2020

TGIF dan Valentine! Wow. Kemana pun kamu pergi hari ini, jangan kaget kalau melihat banyak pasangan yang menunjukkan gerak-gerik romantis. Baik yang sepertinya tulus dari dalam hati—atau dipaksakan. Anyway, nikmati hari ini dan Morning Briefing 14 Februari 2020.

Tiket kereta mudik sudah bisa dipesan mulai hari ini.

Untuk keberangkatan KA Reguler di area Daop 1 Jakarta tersedia sebanyak 879.736 tempat duduk. Pihak KAI mengatakan ada beberapa kereta api keberangkatan baru dari Jakarta, di antaranya KA Anjasmoro, Dharmawangsa, Turangga, Argo Wilis, dan Malabar. Tiket kereta bisa mulai di beli pukul 00.00 pada 14 Februari 2020 pukul 00.00 WIB melalui situs KAI, aplikasi KAI Access, dan gerai penjualan resmi KAI lainnya. Dalam mengantisipasi lonjakan pengunjung di gerai daring, KAI telah mengoptimalkan sistem penjualan tiket serta menambah kapasitas server dan bandwidth sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Baca berita lengkapnya di Detik.

Ribuan sisa permen karet menempel di Candi Borobudur.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Pokja Pengamanan Balai Konservasi Borobudur, Hary Setyawan, di Magelang, kemarin. Menurutnya, ada sekitar 3.000 noda permen karet yang saat ini sedang dibersihkan oleh pihak candi. Pihak candi Borobodur menyayangkan perilaku pengunjung yang tidak bertanggung sehingga menyebabkan permen karet menempel di stupa-stupa. Hary menjelaskan bahwa proses penghilangan noda ini membutuhkan waktu yang lama dan sulit sehingga harus menggunakan pelarut dari bahan kimia. Gerakan menggosok stupa dengan bahan kimia ini bisa membuat batu rusak atau aus sehingga proses pembersihan harus dilakukan secara hati-hati agar hal tersebut tidak terjadi. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Coronavirus menyebabkan 242 orang meninggal dalam satu hari.

Baru Selasa China melaporkan jumlah kasus terendah, ternyata pada Rabu dilaporkan terdapat 14.800 kasus baru dan 242 orang meninggal di provinsi Hubei. Jumlah ini merupakan angka tertinggi sejak Desember tahun lalu. Pihak kesehatan negara tersebut mengatakan bahwa kasus ini dideteksi setelah menggunakan metode baru. Belum ada keterangan resmi tentang metode baru ini atau mengapa korban mendadak naik dalam periode 24 jam. Total jumlah kasus yang berhubungan dengan COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh coronavirus, adalah 48.206 di Hubei. Sementara itu, proses pengembangan vaksin masih membutuhkan waktu berbulan-bulan. Baca berita lengkapnya di Sky News.

Libya menutup satu-satunya bandara yang masih berfungsi.

Penutupan Bandara Mitiga ini dilakukan karena roket misil ditembakkan ke arahnya, sehingga menyebabkan kekacauan dan ketakutan di antara penumpang. Belum ada detail tambahan apakah ada proyektil yang mengenai bandara tersebut. Setelah Tripoli International Airport hancur akibat perang faksional pada 2014, Mitiga menjadi satu-satunya bandara yang mengadakan penerbangan domestik dan internasional di Tripoli, ibukota Libya. Usaha dunia internasional untuk meredam konflik di negara ini sampai sejauh ini belum membuahkan hasil. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Hong Kong International Film Festival dan Filmart diundur.

Hong Kong International Film Festival ke-44 dan Filmart, pasar televisi dan film terbesar di Asia, ditunda karena wabah coronavirus. Awalnya dijadwalkan pada 25-28 Maret, Filmart ditangguhkan dan diadakan pada 27-29 Agustus. Sementara itu, belum ada tanggal pasti kapan Hong Kong Film Festival akan digelar. Penundaan ini terjadi setelah beberapa acara budaya internasional di Hong Kong juga melakukan hal yang sama, seperti Art Basel dan Art Central, yang dijadwalkan pada Maret ini. Masih belum ada keputusan apakah acara rugby internasional, Hong Kong Sevens, akan tetap diadakan pada April. Baca berita lengkapnya di Hollywood Reporter.

Setelah menikmati Morning Briefing 14 Februari 2020, jangan lupa membaca artikel ‘duit vs cinta’ ini.

podcast button