5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Hari Ini – 14 Agustus 2020

Morning Briefing 14 Agustus 2020
Foto: www.unsplash.com

Selamat. Hari. Jumat. Dan. Selamat. Berakhir. Pekan. Sebelum memulai aktivitas, jangan lupa pastikan maskermu dalam posisi tepat. Selamat menikmati hari ini dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 14 Agustus 2020.

PSBB Transisi Jakarta diperpanjang. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi selama 14 hari ke depan sampai 27 Agustus mendatang. Dengan demikian, PSBB Transisi sudah empat kali diperpanjang di Jakarta. Menurutnya, keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan dan berkonsultasi dengan epidemiolog. Selama PSBB ini setiap aktivitas sosial yang menyebabkan kerumunan akan dihentikan sementara, termasuk Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD). Acara perlombaan dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan RI juga akan ditiadakan di DKI Jakarta. (CNN Indonesia)

Pemerintah anggarkan Rp3,8 triliun untuk sektor pariwisata. 

Untuk memulihkan sektor pariwisata, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,8 triliun yang akan diberikan kepada para pelaku pariwisata di Indonesia. Stimulus yang diberikan adalah berbagai insentif subsidi atau pengurangan Pajak Penghasilan (PPh). Selain itu, Kemenkeu juga akan memberikan insentif tiket untuk 10 destinasi pariwisata sebesar Rp0,4 triliun dan hibah pariwisata senilai Rp0,1 triliun. (Medcom)

Militer Yunani dalam status siaga. 

Seiring meningkatnya ketegangan dengan Turki, pemerintah Yunani menetapkan status siaga pada angkatan militernya dan memanggil tentara angkatan laut dan udara yang sedang berlibur untuk kembali bertugas. Ketegangan ini bersumber pada aktivitas eksplorasi Turki pada area kaya energi di bagian timur Mediterania. Athena meminta Turki untuk menghentikan aktivitas “ilegal” tersebut. Situasi ini membuat sejumlah negara Barat cemas, termasuk Prancis, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. (The Guardian)

Update COVID-19 global: Tujuh negara Afrika mulai tes antibodi dan aplikasi lacak kontak diujicobakan di Inggris. 

Aplikasi lacak-kontak versi yang diperbaharui mulai diujicobakan kepada publik kemarin di Inggris. Perangkat lunaknya akan meniru metode yang dimiliki Apple dan Google yakni mengandalkan Bluetooth. Sementara itu, tujuh negara Afrika akan mulai melakukan tes antibodi coronavirus minggu depan. Negara ini adalah Liberia, Sierra Leone, Zambia, Zimbabwe, Kamerun, Nigeria, Moroko. Tes ini untuk mengetahui seberapa banyak warga negara yang terinfeksi. 

Sementara itu, dari Vietnam dilaporkan terdapat 25 kasus baru dan 3 kematian kemarin; total kasus menjadi 905, dengan 20 orang meninggal. Dan Filipina mengabarkan terdapat 4.002 kasus baru dan 23 kematian kemarin; negara ini memiliki kasus terbaru di Asia Tenggara. Dari India dilaporkan, terjadi rekor kasus harian, yakni 67.000. Sementara itu, Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 20.672.105, dengan 750.429 kematian, dan 12.863.984 kesembuhan. (Aljazeera)

Airbnb mengajukan go public bulan ini.

Dikabarkan Airbnb Inc. berencana untuk mengajukan berkas-berkas IPO di bulan ini, sehingga memperbesar kemungkinannya masuk ke dalam daftar perusahaan go public sebelum tahun ini berakhir. Kabar ini merupakan sesuatu yang menggembirakan dan sesuai dengan janji Airbnb pada 2019 yang mengatakan akan go public pada 2020. Sejak pandemi COVID-19, perusahaan ini terpaksa mengurangi jumlah pegawai, tapi perlahan kondisinya semakin membaik, termasuk kondisi finansialnya. (TechCrunch)

Selanjutnya: Morning Briefing 14 Agustus 2020 sudah dibaca, saatnya membaca satu hal lagi tentang sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa ada alasan mengapa pria dan wanita bisa memaafkan pasangannya yang sudah berselingkuh.

podcast button