5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini—13 September 2019

Foto: www.canva.com

It’s Friday! Terima kasih kepada siapa pun yang menciptakan hari Jumat, karena itu artinya besok akhir pekan. Sekali lagi, AKHIR PEKAN! Semoga harimu menyenangkan, dan mari memulai pagi ini dengan membaca lima hal berikut:

  • Sebuah video yang memperlihatkan ketika mantan Perdana Menteri Timor Timur sekaligus mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menjenguk BJ Habibie di rumah sakit viral di media sosial. Di video tersebut Xanana tampak memeluk dan mencium kening BJ Habibie yang terbaring sakit. Menurut Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, keduanya memang memiliki hubungan yang sangat dekat. Ketika Habibie menjabat presiden, beliau memerintahkan semua tahanan politik, termasuk Xanana, dibebaskan. Baca berita lengkapnya di sini.
  • Daging hewan impor yang masuk ke Indonesia diwajibkan untuk memiliki sertifikasi halal. Hal in disampaikan oleh Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Indrasari Wisnu Wardhana, dalam siaran pers kemarin. Sertifikat halal tersebut harus diterbitkan oleh lembaga halal dari luar negeri dan wajib diregistrasi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Halal sebelum produk tersebut diedarkan di Indonesia. Baca berita lengkapnya di sini.
  • Google merogoh $552 juta dari kantong pundi-pundinya di Prancis. Untuk apakah duit itu? Empat tahun yang lalu jaksa penuntut Prancis membuka sebuah investigasi terhadap Google dalam sangkaan penggelapan pajak. Setelah bertahun-tahun, akhirnya Google setuju untuk membayar $552 juta untuk mengakhiri penyelidikan kriminal di negara tersebut. Baca berita lengkapnya di sini.
  • Ternyata perubahan gaya hidup tidak cukup menyelamatkan Bumi. Michael E. Mann, seorang profesor dari Atmospheric Science dan co-author buku The Madhouse Effect: How Climate Change Denial is Threatening Our Planet, Destroying Our Politics, And Driving Us Crazy menuliskan bahwa berhenti makan daging, mengurangi naik pesawat terbang—dan menuntut individu untuk mengubah gaya hidup tidak cukup menyelamatkan Bumi. Menurutnya, salah satu solusi terbesar yang harus dilakukan adalah memasang tarif karbon emisi dan menciptakan insentif untuk energi yang bisa diperbaharui serta mengurangi gaya hidup konsumtif. Untuk ini harus ada pergerakan politik dari pembuat kebijakan dan pemimpin dunia. Baca tulisan lengkapnya di sini.
  • Apakah kamu merasa kurang percaya diri hari ini? Dengarkan kata Rihanna (yep, perempuan satu ini juga ternyata juga mengalaminya): “Pura-pura aja. Karena pilihannya cuma dua, itu atau menangis semalaman. Siapa juga yang mau melakukan itu? Matamu akan bengkak keesokan harinya, air matamu pun sia-sia.” Intinya, seperti kata nenek tetangga: fake it until you make it! Baca cerita lengkapnya di sini.
podcast button