5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 13 November 2020

Morning Briefing 13 November 2020
Foto: www.unsplash.com

TGIF! Mari tetap memakai masker saat keluar rumah, jaga jarak saat berada di tempat publik, dan cuci tangan dengan benar. Selamat menikmati akhir pekan, dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 13 November 2020.

iPhone terbaru itu lolos uji.

iPhone terbaru mendapat ijin beredar dari Kementerian Komunikasi dan Informatika setelah lulus Tingkat Kandungan Dalam Negeri Kementerian Perindustrian. Ada empat perangkat yang diuji meliputi iPhone 12 Pro, iPhone 12, iPhone 12 Pro Max, dan iPhone 12 Mini. Dengan sudah rampungnya pengujian ini, perilisan iPhone 12 series di Tanah Air sudah semakin dekat; diperkirakan pada Desember atau Januari tahun depan. (Detik)

Ribuan warga diungsikan dalam antisipasi Gunung Merapi.

Petugas otoritas mengevakuasi 1.294 residen di sekitar area Gunung Merapi dalam antisipasi aktivitas volkanik, setelah terjadi gempa tektonik Rabu sore dan data analisa menunjukkan magma di bawah gunung sedang menuju ke permukaan. Area yang terdampak erupsi ini termasuk daerah Cangkringan di Sleman di Yogyakarta, juga Dukun di Magelang. Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan tidak ada lava segar yang muncul sejak 5 November, ketika statusnya ditingkatkan. Ini mengklarifikasi pernyataaan bahwa lava keluar pada Minggu, yang adalah lava tua dari erupsi sebelumnya yang dilepaskan selama gempa tektonik. (The Jakarta Post)

Update COVID-19 global: Rekor kasus harian Jepang, dan perkembangan berbagai vaksin.

Jepang mencatat rekor kasus satu hari kemarin, yakni setidaknya 1.634 kasus secara nasional. Meski jumlah ini sedikit dibandingkan dengan negara lain, tapi lonjakan menimbulkan kekhawatiran apalagi di musim dingin. Sementara itu vaksin COVID-19 yang dikembangkan di Denmark terbukti efektif melindungi mutasi coronavirus langka yang berasal dari cerpelai.

Dan Prancis sedang mempersiapkan diri untuk menerima vaksin dari Pfizer dengan memesan suntikan dan jarum serta kulkas yang bisa menyimpan vaksin di bawah -80 derajat Celcius. Sementara itu vaksin dari GlaxoSmithKline Plc dan Medicago Inc. memasuki uji coba klinis tahap akhir. Sebanyak 30.000 sukarelawan terlibat dalam uji coba ini. Dan Chancellor Angela Merkel mengatakan bahwa restriksi di Jerman bisa diperpanjang hingga Desember seiring jumlah kasus yang semakin meningkat. Jerman berencana mengurangi 50 kasus per 100 orang dalam tujuh hari. Menurut Johns Hopkins University, jumlah total COVID-19 global adalah 52.331.462, dengan 1.287.966, dan 34.043.712 sembuh. (Bloomberg)

Banjir terpanah di Manila menelan korban.

Presiden FIlipina Rodrigo Duterte memerintahkan untuk mempercepat usaha pemulihan setelah taifun Vamco menewaskan setidaknya tujuh orang dan menyebabkan banjir terparah dalam beberapa tahun terakhir. Hampir 200.000 orang harus dievakuasi sebelum Vamco tiba pada Rabu dengan kecepatan 155 kilometer per jam. Angin kencang ini menyebabkan lampu padam di hampir tiga juta rumah di sekitar Manila. Taifun ini juga menghancurkan daerah-daerah yang masih dalam masa pemulihan dari taifun Goni, taifun terkuat di dunia tahun ini, yang menewaskan 25 orang dan menghancurkan ribuan rumah awal bulan ini. (Reuters)

Desain baru Instagram meletakkan Reels di main button.

Reels, kompetitor TikTok yang dimiliki oleh Instagram, berada di posisi tengah dalam desain baru Instagram. Sementara tombol Compose dan Activity telah direlokasikan ke bagian kanan atas dari home screen. Perubahan baru ini membuat pengguna Instagram mengeluh. Sebelumnya, video-video Reels dicampur dengan konten foto dan video lain di laman Instagram Explore. Perubahan lain juga adalah Instagram mengganti tab Activity dengan tab Shop. Desain baru ini merupakan usaha agresif untuk membuat pengguna memakai Reels, yang sejauh ini belum mendapatkan sambutan hangat. (TechCrunch)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 13 November 2020, jangan lupa mengecek tentang cara memperbanyak produksi ASI.