5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 13 November 2019

Foto: www.canva.com

Hola, selamat pagi! Sudah melek 100%-kah? Jika belum, mungkin kamu perlu membaca dan mengetahui lima hal ini dulu.

Situs penerimaan calon pegawai negeri sipil ( CPNS) sempat sulit diakses.

Penyebabnya, tidak lain dan tidak bukan: jumlah pelamar membeludak di hari pertama pendaftaran. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. Menteri dari partai PDI-P ini juga menyampaikan bahwa tahun ini passing grade diturunkan karena yang sebelumnya terlalu tinggi. Akibat terlalu tinggi, beberapa kali pemerintah daerah mengalami kesulitan mendapatkan pegawai baru karena tidak ada yang lulus. Baca berita lengkapnya di sini.

Festival Film Indonesia 2019 mengumumkan daftar nominasinya.

Tahun ini festival film nasional bergengsi itu memiliki 21 kategori, termasuk Film Cerita Panjang Terbaik, Animasi Pendek Terbaik, dan Pemeran Utama Pria/Wanita Terbaik. Film-film yang masuk ke ajang ini harus sudah diputar dalam rentang waktu antara 1 Oktober 2018 – 30 September 2019. Entah itu ditayangkan secara umum, berbayar atau lewat penayangan khusus. Siapa yang akan menjadi pemenang? Nantikan pengumumannya pada 12 Desember 2019. Baca berita dan nominasi lengkapnya di sini.

Dari daerah seperti surga di Italia, dikabarkan para turis harus membayar jika ingin masuk ke sebuah pantai.

Tepatnya pantai La Pelosa di Sardinia akan memberlakukan tiket masuk dan membatasi pengunjung (maksimal 1500 per hari) musim panas mendatang. Hal ini dilakukan setelah berbagai penelitian lingkungan menyimpulkan bahwa para pengunjung pantai mengancam ekosistem pantai. Sebelum diberlakukan resmi akan dilakukan uji coba. Nantinya, uang yang terkumpul akan digunakan untuk mengawasi dan menjaga lingkungan pantai. Sejauh ini, beberapa aturan ketat telah diberlakukan di La Pelosa, termasuk dilarang merokok, berjualan, dan membawa handuk serta tas. Baca berita lengkapnya di sini.

Black hole di Milky Way “memecat” sebuah bintang.

Para astronomer mendapati sebuah bintang meninggalkan galaksi kita dengan kecepatan lebih dari 3 juta mph. Dengan kata lain, dalam 100 tahun, bintang tersebut akan keluar dari Milky Way. Lama pun! Dengan menggunakan Anglo-Australian Telescope sepanjang 3,9 meter di Siding Spring Observatory, Australian National University, para astronomer menemukan bahwa bintang tersebut berada pada 29.000 tahun cahaya dari Bumi dan telah “ditendang” dari Black Hole Milky Way (4,2 juta kali lebih besar dari matahari kita) sekitar lima juta tahun silam. Mereka tidak tahu seberapa normal hal ini, tapi sebuah teori mengatakan bahwa hal itu bisa terjadi setiap beberapa ratusan ribu tahun sekali. Baca berita lengkapnya di sini.

Instagram menghadirkan fitur mirip TikTok.

Pertama kali dilakukan di Brasil, Instagram mencoba mengetes sebuah format bernama Reels. Format ini akan memampukan penggunanya menciptakan “video dari video klip 15 detik yang berirama dengan musik dan dibagikan di Stories mereka”. Para pengguna bisa menyesuaikan video mereka dengan musik, memilih track dari katalog Instagram atau menggunakan audio yang bisa dipakai oleh publik. Yep, mirip dengan TikTok. Bedanya, tidak semua perlu dibagikan kepada publik, para pengguna bisa memposting Reels hanya untuk konsumsi grup Teman Dekat atau melalui Direct Message. Belum ada kabar kapan fitur ini akan diluncurkan di negara lain. Baca berita lengkapnya di sini.