5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Hari Ini – 13 Maret 2020

Morning Briefing 13 Maret 2020
Foto: www.canva.com

ICYDK, besok adalah akhir pekan! Yeeeay! Mari menikmati hari-hari sambil tetap jaga kesehatan. Sebelum kopi dan teh pagimu habis, mari menikmati Morning Briefing 13 Maret 2020.

Kasus DBD di Indonesia pada awal tahun 2020 telah mencapai 17.820 kasus kesakitan.

Direktur P2P Tular Vektor dan Zoonotik, Dr Siti Nadia Tarmizi, menyatakan angka kasus DBD (demam berdarah dengue) pada awal Januari 2020 lebih tinggi daripada 2019. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan data hingga 11 Maret, angka kejadian kasus DBD di Indonesia justru lebih rendah daripada tahun lalu. Nadia menyampaikan bahwa hingga 11 Maret 2020 ada 10 provinsi dengan jumlah kasus terbanyak, yakni Lampung, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, Jawa Barat, Jambi, Jawa Tengah, Riau, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Ada dua pasien meninggal di RSPI Sulianti Saroso, meski belum dipastikan meninggal akibat COVID-19.

Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara pemerintah dalam penanganan korona Achmad Yurianto. Kedua pasien tersebut berjenis kelamin perempuan yang masing-masing berusia 57 dan 37 tahun dan sudah dalam keadaan sakit parah saat masuk RSPI. Sebelum dibawa ke RSPI, keduapasien sudah dalam keadaan sakit parah saat masuk RSPI, salah satunya menderita sesak nafas. Spesimen keduanya sudah diambil, tapi Yurianto mengatakan bahwa sebelum hasilnya keluar, kedua pasien sudah meninggal. Namun, riwayat penyakit kedua pasien itu tetap akan ditelusuri dan tim penanganan COVID-19 akan bergerak cepat dengan melakukan kontak tracing. Baca berita lengkapnya di Medcom.

Informasi terbaru COVID-19 secara global: Irlandia menutup semua sekolah dan universitas serta harga saham jatuh.

Pasar saham di Amerika Serikat dan Eropa jatuh drastis setelah Donald Trump mengumumkan pelarangan terbang dari negara Eropa, kecuali Inggris. Sementara itu, India menutup pintu masuk untuk semua turis asing selama sebulan, dimulai dari hari ini untuk mencegah penyebaran coronavirus. Di Spanyol, setiap menteri kabinet dites coronavirus setelah Irene Montero, menteri persamaan hak, dinyatakan positif mengidap virus ini. Dan Tom Hanks dan istirinya, Rita Wilson, dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 di Australia. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Kondisi Chelsea Manning mulai membaik setelah mencoba bunuh diri.

Hal tersebut disampaikan oleh tim pengacara dari mantan analis intelegen asal Amerika Serikat itu. Polisi mengonfirmasi bahwa ada “insiden” yang melibatkan Manning di pusat detensi di Virginia di mana dia ditahan sejak Mei tahun lalu. Sebagai informasi, Manning dinyatakan bersalah pada 2013 atas beberapa dakwaan, termasuk spionase karena membocorkan rahasia militer ke Wikileaks. Dia kemudian mendapatkan keringanan hukuman dari Barak Obama pada 2017, tapi kemudian ditahan kembali. Kali ini tuduhannya adalah penghinaan pengadilan karena menolak bersaksi atas kasus Wikileaks. Menurut jadwal, Manning akan hadir hari ini di pengadilan di Alexandria, Virginia. Baca berita lengkapnya di BBC.

A Quiet Place Part II‘ ditunda perilisannya karena pandemik coronavirus.

Jika kamu sudah menunggu kelanjutan ceritanya orang-orang yang dilarang mengeluarkan suara, sabar, ya. Pasalnya, di detik-detik terakhir, Paramount memutuskan menunda perilisan “A Quiet Place Part II“. Hal ini diumumkan oleh John Krasinski, sang sutradara, melalui media sosial, kemarin (12/3). Kransinski mengindikasikan bahwa di tengah pandemik seperti ini bukanlah waktu yang tepat untuk orang-orang berkumpul di bioskop. Belum ada detail lebih lanjut kapan film sekuel ini akan dirilis. Selain film ini, No Time to Die, film terbaru James Bond, juga diundur dari April menjadi November dan Peter Rabbit 2: The Runaway. Baca berita lengkapnya di The Hollywood Reporters.

Sudah selesai membaca Morning Briefing 13 Maret 2020, jangan lupa kamu tahu cara menghadapi ketika si kecil menjadi korban perundungan.

podcast button