5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 13 Juli 2020

Morning Briefing 13 Juli 2020
Foto: www.canva.com

Hello! Berhubung ini hari Senin, jadi masih sulit berkata-kata. Satu reminder: pastikan kamu memakai masker bersih saat keluar dan cuci tangan sesering mungkin. Ohya, pemerintah menyarankan untuk tetap memakai masker saat mengenakan face shield. Pasalnya face shield tanpa masker penutup mulut dan hidung tidak memberikan perlindungan maksimal terhadap COVID-19. Dan tetap jaga kesehatanmu. Selamat menikmati hari ini dan berikut lima berita terbaru dalam Morning Briefing 13 juli 2020.

Pengisi suara ‘Doraemon’ meninggal dunia

Nurhasanah, pengisi suara Doraemon, dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Minggu (12/7). Berita duka ini diketahui dari unggahan melalui akun Instagram @nurhasanahdora. Nurhasanah merupakan pengisi suara karakter Doramen pada tahun 1993 hingga 2018, tapi sempat absen menjadi pengisi suara Doraemon pada 2006 ketika terjadi pergantian pengisi suara. Namun, banyaknya permintaan penggemar membuatnya kembali mengisi karakter Doraemon pada 2007. Penyakit stroke yang dideritanya membuat suara pada karakter Doraemon digantikan oleh anaknya, Dana Robbyansyah mulai 2018. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Ijin tinggal darurat untuk WNA tidak akan dikeluarkan lagi.

Direktorat Jenderal Imigrasi mengeluarkan beberapa regulasi barudi masa new normal untuk WNA yang mendapatkan ijin tinggal darurat karena pandemik. Salah satunya, pemegang ijin tempat tinggal yang telah mencapai batas maksimal perpanjangan, harus meninggalkan Indonesia dalam waktu 30 hari sejak 13 Juli. Jika gagal menaati peraturan ini, akan ada sanksi administrasi yang diberlakukan. Selama masa pandemik, WNA yang ijin tinggalnya sudah kedaluwarsa akan diberikan ijin tinggal darurat tanpa biaya perpanjangan. Baca berita lengkapnya di The Jakarta Post.

Update COVID-19 global: Aishwarya Rai Bachchan positif terinfeksi dan peneliti anjurkan mematikan AC.

Aktris Aishwarya Rai Bachchan dan anak perempuannya (11 tahun) positif terinfeksi COVID-19. Berita ini terbit setelah ayah mertuanya, Amitabh Bachchan, dan suaminya, Abhishek Bachchansaid, terinfeksi virus ini. Sementara itu, sejumlah ahli kesehatan menyatakan bahwa air conditioning (AC) yang mengsirkulasi udara yang sama di dalam ruangan sebaiknya dimatikan atau digunakan dengan jendela terbuka. Pernyataan ini menyusul kekhawatiran terhadap transmisi airborne.

Dari Jepang dilaporkan pejabat resmi Tokyo mengonfirmasi 206 kasus baru kemarin, dan kembali berjuang untuk mengatasi munculnya kasus baru setelah pemerintah mencopot status gawat darurat. Sementara dari Victoria, Australia, diberitakan muncul 273 kasus baru kemarin; sebuah peningkatan tiga-digit kasus dalam enam hari berturut-turut. Negara bagian ini sedang memberlakukan enam-minggu lockdown sejak Kamis lalu. Dan Disney World Florida membuka kembali dua dari empat taman rekreasinya kemarin, meski terdapat 10.360 infeksi baru dan 95 kasus kemarin di Florida. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 12.751.882, dengan 565.917 kematian, dan 7.028.632 sembuh. Baca berita lengkapnya di Telegraph.

Sudan melarang FGM.

Hal tersebut disampaikan oleh menteri kehakiman pada Sabtu kemarin yang juga menyatakan melarang female genital mutilation (FGM). Selain itu, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan baru mengijinkan warga non-Muslim untuk mengonsumsi alkohol. Aturan ini merupakan sebuah terobosan baru dari kebijkan garis keras yang selama empat dekade berlaku. Sebagai informasi, 3% populasi Sudan adalah warga non-Muslim dan minuman alkohol dilarang di sana sejak 1983. Pemerintahan transisi yang mengambil alih kekuasaan setelah Omar al-Bashir digulingkan tahun lalu, berjanji untuk membuat Sudan lebih demokratis, mengakhiri diskriminasi dan membuat janji perdamaian dengan para pemberontak. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Zilingo merumahkan 12% karyawannya.

Akibat pandemik COVID-19, Zilingo, sebuah fashion tech platform, mengurangi jumlah pekerjanya hingga 12 persen di seluruh dunia. Pengurangan ini merupakan tambahan, karena sebelumnya sebanyak 5 persen karyawan Zilingo dirumahkan pada April. Perusahaan yang membantu banyak merek fashion lokal di wilayah Asia Selatan dan Tenggara untuk berjualan online ini, mengakui bahwa pandemik coronavirus membuat hampir seperempat bisnisnya tidak beroperasi. Untuk mengurangi pengeluaran, Zilingo mengecilkan pasar dan tim di Amerika Serikat, Australia, Singapura, dan Indonesia. Baca berita lengkapnya di The Straits Times.

Selanjutnya: usai membaca Morning Briefing 13 Juli 2020, jangan lupa membaca bagaimana agar komitmen dengan pasangan langgeng meski fase bulan madu berlalu.

error: Konten dilindungi !!