5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 13 Januari 2021

Morning Briefing 13 Januari 2021
Foto: www.pexels.com
Terakhir diperbarui:

Selamat hari Rabu! Tetap pakai masker, jaga jarak di tempat publik, dan cuci tangan dengan benar dan teratur. Berikut lima berita terbaru dalam Morning Briefing 13 Januari 2021.

Jokowi disuntik vaksin hari ini.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan Presiden Joko Widodo akan menjalani suntik vaksin COVID-19 di Istana Kepresidenan pukul 10.00, hari ini. Penyuntikan ini berlangsung live streaming dan dilakukan oleh Tim Dokter Kepresidenan. Presiden Joko Widodo akan menjadi orang pertama yang akan disuntik vaksin Sinovac. Selain Jokowi, vaksin akan disuntikkan ke para menteri Kabinet Indonesia Maju. Pemerintah menargetkan akan melakukan vaksinasi terhadap 67-70 persen penduduk atau sekitar 181 juta orang untuk memunculkan herd immunity. (CNN Indonesia)

Kasus positif COVID-19 bertambah 10.047.

Pemerintah melaporkan kemarin (12/1) ditemukan 10.047 kasus baru positif COVID-19, sehingga total keseluruhan jumlah kasus coronavirus di Indonesia mencapai 846.765. Selain kasus baru positif, pemerintah juga melaporkan angka kematian akibat virus ini, yakni sebanyak 302 kasus. Ini merupakan rekor angka kematian tertinggi selama pandemi. Total kasus kematian akibat corona secara kumulatif mencapai 24.645, dan pemerintah juga melaporkan data angka kasus sembuh, yaitu sejumlah 7.068 kasus. (Detik)

Update COVID-19 global: vaksin, dan status gawat darurat.

Jepang mempertimbangkan untuk meluaskan status gawat darurat di luar area Tokyo, dan pemerintah memohon warga untuk membatasi pergerakan mereka pada siang hari. Filipina menambahkan pelarangan travel ke lima negara lain mulai 13 Januari, termasuk China, Pakistan, Jamaika, Luxembourg dan Oman. Sementara itu Thailand akan memulai pemberian vaksin sebelum akhir Februari, dengan target memvaksin minimal 33 juta orang, setengah populasi, hingga akhir 2021.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 2 November 2020

Raja Malaysia mendeklarasikan status gawat darurat untuk meredam pandemi, langkah yang diperkirakan akan menunda pemilu di sana. Korea Selatan melaporkan 537 kasus baru dalam 24 jam, yang merupakan hari ke delapan jumlah kasus di bawah 1.000. Sementara itu Hong Kong tidak terburu-buru memberikan vaksin, dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya hingga Februari. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 91.022.306, dengan 1.948.146 kematian, dan 50.405.140 sembuh. (Bloomberg)

Netflix berjanji keluarkan satu film baru per minggu di 2021.

Menurut rilisan terbaru, perusahaan ini memiliki 70 film baru di 2021, termasuk film debut sutradara Lin-Manuel Miranda dan Halle Berry dan trilogi To All the Boys I’ve Loved Before dan The Kissing Booth 3. Dan daftar ini versi final. Mengingat persaingan yang ketat dengan servis streaming lain seperti HBO Max, Disney Plus WarnerMedia, Netflix berjanji akan terus memberikan tayangan dengan konsisten dan penuh talenta. (The Verge)

Naomi Osaka brand ambassador Louis Vuitton.

Merek label Louis Vuitton mengabarkan Naomi Osaka, petenis nomor tiga dunia, menjadi brand ambassador. Dalam sebuah rilisan pers, Louis Vuitton menggambarkan Osaka sebagai “multi-faceted, independen dan modern,” dan “inkarnasi sempurna dari perempuan Louis Vuitton”. Selama US open, Osaka yang memiliki darah Haiti dan Jepang, dipuji karena dukungannya terhadap demonstran Black Lives Matter yang terjadi musim panas lalu. Pengumuman ini dilakukan setelah kemunculannya di sampul majalah Vogue Amerika Serikat edisi Januari ini. (CNN)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 13 Januari 2021, jangan lupa mengecek mengapa penting memperkenalkan musik pada anak.