5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 13 Januari 2020

morning briefing hari ini
Foto: www.unsplash.com

Hello, kamu! Senin lagi nih, bagaimana kondisi hatimu? Semoga membaik setelah istirahat dua hari. Jika rasa khawatirmu (atas alasan apa pun) tidak berkurang selama akhir pekan, mungkin mendengarkan lagu-lagu ini bisa membantu. Ah, siapa yang menyangka bahwa lagu Someone like You dari Adele ternyata tidak hanya bisa bikin baper, tapi juga mengurangi kecemasan! Oke, silakan buka Spotify, nikmati lagu itu (atau sembilan lagu lain). Dan sambil melakukannya, baca morning briefing 13 Januari 2020 berikut ini.

Jepang dan Amerika Serikat berada dalam daftar calon investor yang akan dicoba untuk menggarap Natuna.

Perairan Natuna yang sedang ramai dibicarakan karena peristiwa kapal China masuk wilayah zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia tanpa izin itu, ternyata kaya. Potensi kekayan laut di Natuna mulai dari cumi-cumi, lobster, kepiting, hingga rajungan, serta sektor energi. Itulah sebabnya, pemerintah mengajak sejumlah negara untuk berinvestasi di sana, termasuk Jepang dan Amerika Serikat. Khusus untuk Jepang, investasi yang ditawarkan di antaranya proyek pembangunan pelabuhan dan pasar ikan, peningkatan kapasitas untuk nelayan, pengembangan pariwisata, dan sektor energi. Baca berita lengkapnya di Detik.

Warga di sekitar gunung berapi Taal dievakuasi.

Salah satu gunung paling aktif dan juga menjadi objek wisata di Filipina itu, mengeluarkan letusan kemarin (Minggu 12/01). Pihak Institute of Volcanology and Seismology negara tersebut menaikkan status dari level satu ke level empat dalam waktu kurang dari 12 jam. Tercatat, aktivitas vulkanik di kawah utama semakin intens yang disertai dengan ledakan abu yang menyebabkan guncangan dan gempa bumi. Pihak otoritas merekomendasikan total evakuasi terhadap warga yang tinggal dalam jarak 14 kilometer sekitar kawah utama. Sejauh ini, semua penerbangan dari Ninoy Aquino International Airport, di Manila, telah dibatalkan “sampai pemberitahuan lebih lanjut”. Pasalnya, debu menutupi landasan pacu bandara. Sekolah pun ditutup di berbagai daerah, termasuk Manila. Baca berita lengkapnya di Bloomberg.

Mahasiswa Iran turun ke jalan untuk memprotes peristiwa meledaknya pesawat Ukraine International Airlines.

Setelah pemerintah Iran mengakui telah salah menembak jatuh pesawat itu dan membunuh seluruh orang yang berada di dalamnya (176 orang), para mahasiswa melakukan unjuk rasa. Demonstrasi yang terjadi di berbagai kota, termasuk Tehran, itu sebagai wujud duka dan penghormatan terhadap seluruh korban. Sayangnya aksi protes tidak berjalan damai, akibatnya sejumlah petugas anti huru-hara diturunkan. Berbagai pihak dari dalam dan luar negeri mengkritisi peristiwa penembakan pesawat itu dan bantahan awal yang dirilis oleh Iran. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Bank Dunia menunjuk Mari Elka Pangestu sebagai direktur pelaksana untuk bidang kebijakan pembangunan dan kemitraan.

Ini artinya, Mari Elka menjadi perempuan Indonesia kedua yang memegang sebuah posisi strategis. Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pernah menjabat posisi yang serupa dari 2010 sampai 2016. Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pada Oktober tahun lalu bahwa jokowi menominasikan Mari untuk memegang peran tersebut karena dirinya sangat memenuhi syarat. Mari pernah menjabat Menteri Perdagangan (2004-2011) dan Menteri Parawisata dan Ekonomi (2011-2014). Selain pernah menjabat sebagai menteri, Mari juga adalah seorang profesor di ekonomi internasional di Universitas Indonesia. Baca berita lengkapnya di The Jakarta Post.

Serena Williams memenangkan gelar pertamanya setelah tiga tahun.

Ini adalah gelar pertama setelah Serena menjadi seorang ibu dan merupakan kemenangan pertamanya setelah Australian Open pada 2017. Pemegang 23 gelar Grand Slam tunggal itu mengalahkan Jessica Pegula di final Auckland Classic kemarin (Minggu 12/01) dengan skor 6-3 6-4. Williams mengatakan bahwa dia akan mendonasikan uang kemenangannya kepada Auckland dan baju yang digunakannya untuk membantu penanganan kebakaran hutan di Australia. Akan tetapi, di final ganda, Williams yang berpasangan dengan Caroline Wozniacki dikalahkan oleh pasangan Asia Muhammad dan Taylor Townsend. Baca berita lengkapnya di BBC.

itu dia, morning briefing 13 Januari 2020, alias hari ini. Dan ini sebuah informasi yang wajib kamu tahu sebelum memutuskan mau liburan ke mana tahun ini.

podcast button