5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 13 Februari 2020

Morning Briefing 13 Januari 2020
Foto: www.canva.com

Hi! Tahukah kamu bahwa WhatsApp sekarang memiliki 2 miliar pengguna? Impresif! Dan CEO-nya mengatakan bahwa mereka tidak ada rencana untuk menonaktifkan end-to-end encryption. Ouch. Anyway, selamat menikmati hari ini dan lima berita yang terangkum dalam Morning Briefing 13 Februari 2020 ini.

Angka anak yang diimunisasi menurun di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang juga mengatakan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan penurunan adalah isu ketidakhalalan vaksin. Padahal, menurutnya MUI sudah mengeluarkan fatwa bahwa imunisasi adalah halal. Wapres menyampaikan bahwa proporsi imunisasi dasar lengkap pada anak usia 12-23 bulan turun dari 59,2 persen pada tahun 2013 menjadi 57,9 persen pada tahun 2018. Padahal imunisasi bagi anak merupakan salah satu tantangan pembangunan keluarga berencana, dan cara untuk mencegah stunting atau gagal tumbuh. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Ada sembilan poin omnibus law cipta kerja yang menjadi perhatian kelompok buruh.

Pasalnya, sembilan poin ini dianggap sensitif dan fundamental bagi kaum pekerja. Sembilan poin tersebut di antaranya perubahan jam kerja, sistem kerja, kerja kontrak, outsourcing, upah minimum, dan pesangon. Buruh juga menyoroti aturan tenaga kerja asing, sistem kerja dari long life menjadi fleksibel, serta soal jaminan sosial. Poin tersebut disorot karena kesimpangsiuran informasi, dan pemerintah dinilai tertutup dalam penyusunan draf regulasi. Oleh karenanya, pihak buruh berharap memberikan salinan draf omnibus law tersebut untuk dipelajari. Sementara itu, pihak DPR menyampaikan bahwa mereka masih belum menerima salinannya dan berjanji akan membahasnya secara transparan. Baca berita lengkapnya di Medcom.

Laporan dari China memperlihatkan jumlah infeksi coronavirus terendah dalam dua minggu belakangan.

Hal ini membuat staf senior kesehatan dari negara tersebut optimis bahwa wabah virus ini akan berakhir pada April. Menurut data pemerintah China, terdapat 2.015 kasus dalam dua minggu belakangan dari total 44.653 kasus. Ini merupakan angka terendah sejak 30 Januari. Angka ini juga bertepatan dengan ahli epidemiologi Zhong Nanshan yang mengatakan epidemi ini akan mencapai titik puncak bulan ini dan setelahnya diperkirakan menurun. Akan tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa meski angka kasus di China diperkirakan menurun, hal yang sama tidak berlaku untuk belahan dunia lain. Sebut saja Singapura dan Jepang. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Ilmuwan dari Belanda mengajukan usul pembangunan dua bendungan raksasa di Laut Utara untuk melindungi warga Eropa.

Sjoerd Groeskamp, seorang ahli kelautan di Royal Netherlands Institute for Sea Research, mengatakan bahwa akibat kenaikan air laut, sebanyak 25 juta orang akan terkena akibatnya. Oleh karena itu, bendungan sepanjang 475km antara Skotlandia utara dan Norwegia Barat dan sekitar 16km antara Prancis barat dan Inggris barat daya “bisa menjadi solusinya”. Menurutnya, ide ini terjangkau dan secara teknis bisa dilakukan. Dia memperkirakan bendungan yang disebutnya sebagai North Sea Enclosure Dyke ini akan membutuhkan dana sekitar €250bn dan £500bn. Jumlah ini setara dengan hampir 0,1% dari kombinasi GDP semua negara yang akan mendapatkan perlindungan bendungan ini. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Prada dan Komisi HAM New York mencapai kesepakatan tentang blackface.

Jika kamu perlu diingatkan, dua tahun lalu Prada memajang sebuah patung kecil dengan wajah monyet yang mirip dengan wajah orang kulit hitam. Item ini menimbulkan protes dan kritik di mana-mana, dan Prada terpaksa menariknya dari peredaran. Setelah terjadi kesepakatan antara merek mahal dan Komisi HAM New York ini, Prada diwajibkan untuk mengadakan pelatihan persamaan ras kepada karyawannya. Selain itu, juga diharuskan untuk mempekerjakan seorang staf yang akan menangani masalah keanekaragaman. Kesepakatan ini adalah merupakan yang pertama dalam hal Komisi HAM New York City meminta pertanggungjawaban sebuah merek atas sebuah gambar. Baca berita lengkapnya di Forbes.

Usai menikmati Morning Briefing 13 Februari 2020, wajib artikel tentang cara mencegah rambut berkutu ini.

podcast button