5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 13 Agustus 2020

Morning Briefing 13 Agustus
Foto: www.rawpixel.com

Hola! Tetap lupa pakai masker. Cuci tangan dengan rajin. Dan jaga jarak. Selamat menikmati hari ini, dan berikut lima berita terbaru yang terangkum Morning Briefing 13 Agustus 2020.

Sembilan kota di Indonesia memiliki kasus aktif lebih dari 1.000.

Epidemiolog dan anggota tim pakar Satgas COVID-19, Dewi Nur Aisyah, mengatakan bahwa semua kota di Jakarta memiliki lebih dari 1.000 kasus aktif. Tertinggi adalah di Jakarta Pusat dengan 2.213 kasus, diikuti dengan Jakarta Utara (1.775), Jakarta Selatan (1.309) dan Jakarta Barat (1.268). Di luar Jakarta, kota yang memiliki kasus lebih dari 1.000 adalah Semarang (1.681), Makassar (1.511), Medan (1.377) dan Surabaya (1.283). Menurutnya kota-kota ini butuh perhatian ekstra dan protokol kesehatan harus diterapkan dengan maksimal untuk mengurangi transmisi dan kasus aktif. Sejauh ini, Indonesia memiliki rating kesembuhan 65,59 persen, sedikit lebih tinggi dari rata-rata global (64.67 persen). Dan menurut hitungan pemerintah, per Rabu, Indonesia memiliki 130.718 kasus COVID-19, dengan 38.916 aktif. (The Jakarta Globe)

Mendikbud siap perjuangkan paket data untuk siswa.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan akan terus memperjuangkan ketersediaan akses paket data dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Saat ini pihaknya sedang berdiskusi dengan operator telekomunikasi untuk mencapai hal tersebut. Menurutnya, anggaran di Kemendikbud banyak yang direalokasikan guna penanganan COVID-19 dan mendukung PJJ. Meski begitu, Nadiem mengatakan bahwa belum ada kepastian tentang terhadap rencana ini. (Detik)

Namibia tolak tawaran kompensasi Jerman atas pembunuhan massal seabad yang lalu.

Namibia menolak tawaran kompensasi atas pembunuhan massal puluhan ribuan penduduk asli yang terjadi lebih dari seabad yang Lalu. Menurut Presiden Namibia Hage Geingob, tawaran reparasi tersebut tidak bisa “diterima” dan harus “direvisi”. Belum ada detail tentang proposal kompensasi yang diajukan oleh Berlin, tapi media lokal melaporkan jumlahnya sekitar €10 juta. Sebagai informasi, Jerman mengokupasi Namibia dari 1904 sampai 1915, dan antara 1904 dan 1908 nyaris menghancurkan suku Herero dan Nama. Sejumlah ahli sejarah menggambarkan pertumpuhan darah yang terjadi sebagai genosida pertama di abad 20. (The Guardian)

Update COVID-19 global: Masa kritis di Vietnam, dan ditemukan virus pada kemasan makanan beku di China.

China melaporkan sejenis coronavirus terdeteksi di kemasan makanan laut beku yang diimpor dari Dalian. Sebelumnya, pada Juli petugas bea cukai di Dalian, sebuah pelabuhan utama di timur laut provinsi Shandong, menemukan virus pada kemasan makanan laut yang diimpor dari Ekuador, dan menghentikan pengirimannya. Sementara itu Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc mengatakan bahwa 10 hari ke depan akan menjadi momen kritis bagi Vietnam dalam memerangi pandemik, yang kembali muncul setelah tiga bulan tidak ada kasus domestik.

Prancis melaporkan lebih dari 2.500 kasus infeksi baru dalam 24 jam kemarin, tapi jumlah orang yang berada di ICU turun drastis menjadi 379 kemarin. Sementara itu Jerman mengabarkan bahwa vaksin pertama coronavirus bisa tersedia pada awal musim gugur 2020, tapi tetap membutuhkan waktu lebih lama untuk mengendalikan pandemik. Dan Swiss akan memperbolehkan acara dengan peserta 1.000 atau lebih mulai Oktober. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 20.412.501, dengan 744.311 kematian, dan 12.629.465 kesembuhan. (Telegraph)

Waze hadirkan fitur pemberitahuan perlintasan kereta api.

Waze baru saja meluncurkan fitur keselamatan yang akan memberitahukan penggunanya jika di depan ada perlintasan kereta api. Sebenarnya fitur ini bukanlah sesuatu yang baru, sebelumnya sudah diluncurkan secara diam-diam di Amerika Serikat, Belgia, dan Kanada awal tahun ini, tapi baru mulai dirilis secara global. Di sejumlah negara, aplikasi milik Google ini mengandalkan data resmi dari operator kereta api, sementara di negara lain bergantung pada editor peta komunitas setempat. Pemberitahuan ini muncul sebagai pop-up, tapi bisa dinonaktifkan oleh penggunanya. (The Verge)

Selanjutnya: Setelah membaca Morning Briefing 13 Agustus 2020, pastikan kamu mengetahui apa saja penyebab mual setelah makan.

podcast button