5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini—12 September 2019

Foto: www.canva.com

Selamat hari Kamis! Untuk memulai hari, berikut lima hal yang harus kamu tahu hari ini.

Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, meninggal dunia. Presiden yang akrab disapa dengan BJ Habibie menghembuskan nafas pada usia 83 tahun di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta. Thareq Kemal Habibie, anak BJ Habibie, mengatakan bahwa penyebab meninggalnya Bapak Teknologi Indonesia itu adalah karena usia dan gagal jantung. Pemerintah mendeklarasikan hari berkabung nasional selama tiga hari. Baca berita lengkapnya di sini.

Presiden Joko Widodo berjanji akan membangun sebuah istana kepresidenan di Papua. Pada saat yang sama Jokowi juga menjanjikan bahwa perusahaan BUMN dan pihak swasta yang akan memperkerjakan paling tidak 1000 orang Papua pada tahap pertama relokasi ibukota negara. Baca berita lengkapnya di sini.

Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir, dan pemimpin pemberontak, Riek Machar, telah setuju untuk membentuk pemerintah transisional. Keduanya menandatangani pakta perdamaian setahun yang lalu untuk mengakhiri perang sipil yang menelan ratusan ribu jiwa, sepertiga populasi mengungsi dan menghancurkan ekonomi. Machar melakukan kunjungan langka ke Juba minggu ini untuk bertemu Kiir dan keduanya setuju untuk mendirikan pemerintah transisional pada pertengahan November tahun ini. Baca berita lengkapnya di sini.

Sebuah wilayah dengan populasi rendah di Italia bagian selatan menawarkan “upah” €700 per bulan selama tiga tahun kepada pendatang. Syaratnya, mereka hidup di desa dengan populasi kurang dari 2.000 residen, dan pendatang baru tersebut harus berjanji untuk membuka bisnis. Alias, berinvestasi dalam bentuk membuka lapangan kerja, baik berupa toko atau restoran. Dengan cara ini, pemerintah daerah Molise berharap pergerakan ekonomi di desa-desa itu merangkak naik dan populasi pun bertambah. Baca berita lengkapnya di sini.

Sony Walkman mengumumkan akan merilis kembali Walkman klasik. Hal ini dilakukan untuk merayakan 40th anniversary. Kabarnya, bentuknya akan seperti wujud original tetapi dilengkapi dengan fitur-fitur teknologi modern. Baca berita lengkapnya di sini.