5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 12 November 2019

Foto: www.canva.com

Hi, selamat pagi! Kamu terlihat cakep banget hari ini! Pasti karena mencoba OOTD, dari kami, ya? Sebelum memulai aktivitas hari ini, coba baca lima hal ini dulu, ya.

Dari Jambi dilaporkan, pemerintah mencabut status Siaga  Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan.

Akan tetapi, meski status tersebut dicabut, proses hukum terhadap pelaku kebakaran dan korporasi yang lahannya kebakaran masih terus berjalan. Tidak ada SP3 (surat penghentian penyidikan perkara). Pemerintah setempat mengakui bahwa kebakaran tersebut memberikan dampak luar biasa, termasuk kerusakan ekologi, menurunnya keanekaragaman hayati, dan asap yang mengganggu kesehatan masyarakat dan sektor transportasi. Baca berita lengkapnya di sini.

Masih seputar asap, BPOM mengusulkan pelarangan vape.

Wedew! Menanggapi hal ini, Asosiasi Vaper Indonesia (AVI) menolak keras usul tersebut. Menurut AVI, pelarangan yang diajukan oleh BPOM hanya berdasarkan ketakutan. Pasalnya, badan plat merah tersebut belum memiliki kajian valid mengenai vape itu sendiri. Ketakutan ini mungkin ada kaitannya dengan kasus kematian di Amerika Serikat (AS) karena vape yang mengandung liquid THC (bahan psikoaktif dalam ganja). Baca berita lengkapnya di sini.

Dari Amerika Selatan, Presiden Evo Morales dari Bolivia mengumumkan pengunduran dirinya.

Presiden yang berasal dari aliran kiri dan memegang tampuk pemerintahan sejak lebih dari satu dekade itu mengundurkan diri kemarin. Hal ini dilakukannya setelah protes tanpa henti yang disuarakan oleh penduduk Bolivia yang menuduhnya menodai demokrasi karena ingin memperpanjang masa jabatannnya. Wakil presidennya, Alvaro Garcia Linera, juga mengundurkan diri dan berharap hal ini bisa menghentikan pertumpahan darah yang sudah terjadi sejak beberapa minggu belakangan. Akan tetapi, kedua tokoh tersebut merasa tidak melakukan kesalahan apa pun dan mengatakan bahwa mereka adalah korban kudeta. Baca berita lengkapnya di sini.

Visa sedang dalam diskusi dengan Gojek untuk menghadirkan servis pay later.

Hal ini disampaikan presiden direktur Visa Indonesia Riko Abdurrahman. Langkah ini diambil untuk agar Visa bisa menjangkau lebih banyak konsumen, melalui usaha kecil dan menengah. Sejauh ini menurutnya, jika dibandingkan fintech dan perusahaan ride-hailing, fasilitas peminjaman modal dari bank partner masih terlalu lamban. Hal ini dikarenakan bank memiliki regulasi yang sangat ketat. Belum ada kepastian apakah pembicaraan tersebut akan berbuah sesuatu yang konkrit. Baca berita lengkapnya di sini.

Blackpink menjadi grup K-Pop pertama dengan 1 miliar views di YouTube.

Blackpink menorehkan sejarah, yakni menjadi grup K-Pop pertama yang berhasil mengumpulkan 1 miliar view untuk video mereka (DDU-DU DDU-DU) . Video tersebut dirilis pada 15 June 2018 dan dilaporkan menjadi video kedua sepanjang masa yang paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam. Satu-satunya artis Korea lain yang sukses melakukan hal yang sama Psy dengan lagunya “Gangnam Style“. Blinks (nama panggilan fans-nya) memproklamirkan prestasi ini di berbagai media sosial dengan menggunakan beberapa tagar termasuk #HitUWithThat1B dan #OneBillionWithBLACKPINK. Baca berita lengkapnya di sini.

podcast button