5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 12 Mei 2020

Morning Briefing 12 Mei 2020
Foto: www.canva.com
Last updated:

Hi! #Newsflash: pihak otoritas Prancis menetapkan COVID-19 sebagai kata benda feminin. Hmm, jadi ingin memakai sesuatu yang merah muda hari ini (coba cek OOTD hari ini). Anyways, tetap cuci tangan dan pakai masker jika harus keluar rumah. Dan berikut lima berita yang terangkum dalam Morning Briefing 12 Mei 2020.

Kemenaker mewajibkan pengusaha membayar THR tepat waktu.

Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah yang juga mengatakan batas pembayaran maksimal H-7 Lebaran. Bagi pengusaha yang terlambat membayar THR Keagamaan pada pekerja akan dikenai denda sebesar 5%, dan denda ini akan dikelola dan dipergunakan untuk kesejahteraan pekerja/buruh. Sedangkan, pengusaha yang tak membayar akan dikenakan sanksi. Sementara bagi pengusaha yang tidak mampu membayar THR, memang diberikan kelonggaran akibat pandemik COVID-19 dalam bentuk penundaan atau pencicilan. Namun, kelonggaran itu hanya diberikan pemerintah jika para pengusaha telah memperoleh kesepakatan dengan pekerja/buruh. Baca berita lengkapnya di Detik.

Data pengguna Bhinneka.com dikabarkan bocor.

Setelah Tokopedia dan Bukapalak, kini data pengguna e-commerce Bhinneka.com diberitakan bocor. Sebuah kelompok peretas bernama ShinyHunters mengklaim memiliki data pengguna dari 10 perusahaan digital. Total data pengguna yang dihimpun mencapai 73,2 juta, dan 1,2 juta di antaranya merupakan data pengguna dari Bhinneka.com. Data tersebut dijual di situs dark web dengan harga Rp266 juta untuk 73,2 juta data. Pihak Bhinneka.com mengaku tengah melakukan investigasi terhadap klaim peretasan tersebut dan meminta pengguna untuk mengganti kata kunci sebagai langkah pencegahan. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Airy ditutup secara permanen.

Aggregator hotel budget asal Indonesia ini memutuskan untuk menghentikan operasinya secara permanen per 31 Mei. Dalam sebuah email, Airy menjelaskan bahwa pandemik COVID-19 adalah penyebab utama keputusan ini yang memang mengancam sektor pariwisata. Didirikan pada 2015, Airy memiliki 2.000 jaringan dengan 30.000 kamar. Airy juga merupakan partner strategi Traveloka. Selain Airy, sejumlah startup perhotelan budget juga menghadapi masa sulit. Oyo yang didukung oleh SoftBank mengalami penurunan keuntungan dan pekerjaan sebanyak 50% sampai 60% . Sementara itu, budget hotel startup RedDoorz juga menawarkan cuti sementara tak bergaji kepada staf dan merumahkan sedikitnya 10% dari stafnya. Baca berita lengkapnya di Tech in Asia.

Update COVID-19 global: Korea Selatan menunda pembukaan sekolah dan pemungut suara 0% di Pemilu Polandia.

Setelah membuka kembali sekolah minggu lalu, pemerintah Korea Selatan memutuskan untuk menutupnya kembali sampai minggu depan. Hal ini disebabkan karena ditemukannya lusinan kasus baru yang ada hubungannya dengan pengunjung klub. Sementara itu dilaporkan bahwa jumlah pemungut suara yang terlibat dalam Pemilu di Polandi mencapai tingkat terendah, yakni 0%. Pemungutan suara tidak lantas dibatalkan tapi tempat pemungutan suara tetap ditutup. Di sisi lain, jutaan orang di Eropa mulai mengadopsi gaya hidup lebih rileks, termasuk Prancis, Spanyol, dan Switzerland. Dan WHO untuk Afrika mengatakan bahwa lebih dari 63.000 kasus ditemukan di sepanjang benua itu pada hari Senin. Menurut mesin hitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global per Senin (11/5) adalah 4.132.365, dengan 283.387 meninggal dan 1.422.984 sembuh. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Fitur terbaru Spotify memampukan beberapa orang menjadi DJ

Spotify memberikan fitur baru bagi pengguna premium, yakni sejumlah orang bisa bertindak sebagai DJ dalam Group Session. Seorang host bisa membagikan kode yang didapat dari aplikasi mereka kepada siapa pun yang juga ingin bertindak sebagai DJ. Ini artinya, host dan tamu bisa menghentikan, memainkan, melewatkan lagu dan menambahkan lagu ke dalam daftar pilihan mereka. Antrian lagu ini akan diperbaharui dalam setiap peralatan pengguna, dan sesi ini akan berakhir setelah satu jam. Sampai saat ini, Spotify belum memberikan batasan jumlah pengguna yang bisa bergabung dalam Group Session. Meski begitu, fitur ini hanya berlaku bagi sesama pemakai premium. Baca berita lengkapnya di The Verge.

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 12 Mei 2020, konsumsi makanan ini jika kamu atau anggota keluarga ada yang mengalami kesulitan BAB (buang air besar).