5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 12 Maret 2020

Morning Briefing 12 Maret 2020
Foto: www.canva.com

Hello! Jika kamu sedang sangat membutuhkan sebuah kabar gembira: akhirnya Apple mengakui bahwa kamu bisa membersihkan iPhone dengan disinfektan. Yaaas! Akan tetapi, jangan sekali-kali menggunakan pemutih atau mencelupkan produk Apple ke dalam pembersih apa pun. Ok, Apple, noted! Jangan lupa setelah membersihkan iPhone kamu, bersihkan juga tanganmu. Lalu, nikmati hari ini dan lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 12 Maret 2020.

Kemdikbud meminta siswa agar tidak cium tangan dan berpelukan setelah Ujian Nasional.

Imbauan tersebut disampaikan oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.  Diharapkan para siswa membatasi kontak fisik sebelum, selama dan sesudah ujian—sampai isu virus ini selesai. Peserta UN juga dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan penyintas sanitasi atau hand sanitizer sebelum dan sesudah ujian. Seperti diketahui meski coronavirus menghantui, Ujian Nasional 2020 tetap digelar dan akan dimulai pertama kali di jenjang SMK pada tanggal 16-19 Maret 2020. Baca berita lengkapnya di Detik.

Pemerintah akan menanggung pajak Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 atau pajak karyawan selama satu semester atau 6 bulan.

Keputusan tersebut merupakan bagian dari kebijakan stimulus II dalam rangka menangkal dampak penyebaran coronavirus bagi dunia industri. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa langkah tersebut diambil agar beban seluruh industri minimal dan tetap bisa bergerak. Selain menanggung PPh 21, pemerintah juga akan menanggung PPh Pasal 22 impor dan juga PPh 25 dalam kurun waktu yang sama, yakni enam bulan. PPh pasal 21 adalah pajak atas penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan dan pembayaran lain dengan nama dan dalam bentuk apa pun yang sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan di dalam negeri. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa akselerasi pembuatan vaksin COVID-19 memiliki sisi negatif.

Sejumlah ilmuwan dan pakar kesehatan khawatir bahwa proses pembuatan vaksin yang terlalu cepat bisa memperparah infeksi pada sebagian pasian, bukan mencegahnya. Biasanya, para peneliti akan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menguji coba perbaikan vaksin pada binatang. Akan tetapi, karena kondisi yang sangat mendesak dan proses penyebaran COVID-19 yang semakin cepat, beberapa pembuat obat langsung mengujicobakan vaksin pada manusia dalam skala kecil. Tanpa menunggu penyempurnaan pada uji coba hewan. Dan sepertinya, sebagian besar ilmuwan menganggap bahwa risiko ini layak diambil mengingat lebih dari 100.000 orang di dunia sudah terinfeksi COVID-19. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Parlemen Rusia mendukung perubahan konstitusi agar Putin tetap bisa menjadi presiden.

Majelis rendah parlemen Rusia memberikan persetujuan pasti dan tegas untuk mengubah konstitusi yang mengijinkan Vladimir Putin untuk mencalonkan diri lagi menjadi presiden pada 2024. Dalam konstitusi yang sekarang masih berlaku, hal tersebut dilarang. Dalam pemungutan suara yang dilakukan kemarin, tidak ada satu pun anggota parlemen yang menentang mosi tersebut, hanya 43 orang yang memilih abstain, dan 24 orang tidak hadir. Jika pengadilan konstitusi menyetujui amendemen ini dan disetujui oleh masyarakat pada pemungutan suara di bulan April, maka Putin bisa menjadi presiden dua kali enam tahun masa jabatan. Itu artinya, Putin akan tetap berada di posisi tersebut sampai 2036, saat dia berusia 83 tahun. Baca berita lengkapnya di Japan Times.

Greta Thunberg mengalihkan demonstrasi perubahan iklim ke saluran daring.

Melalui akun Twitter-nya, Thunberg meminta anak-anak muda untuk bergabung dalam unjuk rasa daring dengan mengunduh sebuah foto diri dan mencantumkan tagar #ClimateStrikeOnline. Sama seperti dengan isu pemanasan global, aktivis berusia 17 tahun asal Stockholm tersebut menganjurkan agar orang-orang mempercayai ahli dan sains dalam hal coronavirus. Oleh karenanya, dia mengingatkan agar kaum muda mendengarkan imbauan pemerintah lokal di mana pun mereka berada. Dikarenakan virus ini, sejumlah acara penting internasional diputuskan untuk ditunda, termasuk diskusi pemanasan global PBB di Jerman, festival Coachella dan South by Southwest (SXSW).

Sehabis membaca Morning Briefing 12 Maret 2020, pastikan kamu mengetahui apa alasan seseorang bisa sangat tertarik membaca ramalan zodiak.

podcast button