5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 12 Juni 2020

Morning Briefing 12 Juni 2020
Foto: www.unsplash.com

OMG, TGIF! Mari menikmati hari ini, jangan lupa pakai masker dan menjaga jarak saat berada di tempat publik. Dan berikut lima berita terbaru yang wajib kamu baca di Morning Briefing 12 Juni 2020.

PLN jelaskan penyebab tagihan pengguna listrik bengkak.

PT PLN (Persero) pastikan bahwa kenaikan tagihan listrik bukan karena tarif dasar listrik naik. Melainkan, karena adanya pengalihan (carry over) biaya lebih yang seharusnya dibayar pengguna atau konsumen. Hal itu disebabkan adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sehingga petugas PLN tidak bisa melakukan pencatatan meter ke rumah pelanggan. Akibatnya, tagihan April dan Mei PLN menggunakan mekanisme pencatatan rata-rata tiga bulan sebelumnya. Selain itu, kenaikan tagihan listrik pelanggan dinilai juga terjadi karena adanya kenaikan pemakaian dari pelanggan itu sendiri selama bekerja dari rumah. Baca berita lengkapnya di Detik.

Meski mal buka, bioskop dan tempat main anak belum beroperasi.

Per 15 Juni – 2 Juli 2020 pusat mal dan dan usaha jasa makanan dan minuman yang berdiri sendiri dapat beroperasi dan melayani makan-minum di tempat. Meski begitu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan tidak semua kegiatan di mal ikut beroperasi. Tempat bermain anak , fitness centre dan bioskop belum dibuka. Selain itu, pameran, pagelaran dan resepsi pernikahan juga belum dapat dilakukan. Terdapat 80 mal di Jakarta yang akan berencana minggu depan, dan semua mal ini akan menerapkan protokol kesehatan. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Update COVID-19 global: Uji coba vaksin mulai dilakukan pada 30.000 orang dan Malaysia membatalkan naik haji tahun ini.

Moderna Inc mengonfirmasikan rencananya untuk memulai uji coba vaksin coronavirus terhadap 30.000 sukarelawan bulan depan. Perusahaan bioteknologi asal Massachusetts itu mengatakan tujuan studi tersebut adalah mencegah COVID-19 bergejala. Sementara itu, Malaysia melarang warganya untuk naik haji tahun ini karena khawatir penyebaran coronavirus. Sementara itu, dari Korea Selatan dilaporkan bahwa munculnya sejumlah kasus baru dikhawatirkan akan mengancam cerita sukses negara tersebut dalam menangani coronavirus. Tercatat, kasus meningkat setiap hari sejak akhir Mei, dan sebagian besar terjadi di Seoul dan otoritas kesehatan kesulitan melacak transmisi. Dan di China, kesehatan mental pelajar menjadi fokus utama pasca-lockdown. Pasalnya, jumlah kasus bunuh diri terus naik di sana, termasuk Shanghai. Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, total jumlah kasus positif COVID-19 global adalah 7.409.132, dengan 417.377 meninggal, dan 3.487.473 sembuh. Baca berita lengkapnya di Aljazeera.

Bangladesh didesak untuk bolehkan pengungsi Rohingya dapatkan akses internet.

Pemimpin Rohingya mendesak Bangladesh untuk menarik pelarangan internet yang diberlakukan untuk sejuta pengungsi Rohingya di kota Cox’s Bazar. Pasalnya, rumor dan kepanikan atas kurangnya berita membuat orang menolak dites COVID-19. Keterbatasan komunikasi ini semakin memperparah kondisi hidup pengungsi Rohingya dari Myanmar, yang hidup di pondok bambu padat penghuni. Sejumlah lembaga pembantu terus mewanti-wanti bahwa virus tersebut bisa berkembang di kamp tersebut dan fasilitas kesehatan di sana tidak akan mampu menghadapinya. Menurut WHO, per 10 Juni, terdapat 35 orang pengungsi Rohingya yang positif COVID-19, dan tiga orang meninggal. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Pinterest menguji coba Stories.

Stories versi kedua milik Pinterest diujicobakan lagi di Amerika. Dengan menggunakan sejumlah pembuat konten tertentu di Amerika, kali ini fokusnya adalah menawarkan “konten inspirasi” untuk menyemangati pengguna Pinterest di tengah pandemik. Sebenarnya, Stories milik Pinterest, disebut “Story Pins“, sudah diluncurkan tahun lalu, tapi format ini tidak pernah dirilis ke publik. Namun ternyata fitur ini bukannya dibuang, melainkan direvisi. Berbeda dengan Stories di platform lain, Story Pins didesain untuk bisa diklik dan fokus pada sharing ideas. Pihak Pinterest mengatakan bahwa tes ini masih terus berlanjut dan informasi ketersediaannya akan diberitakan lagi dalam bulan-bulan mendatang. Baca berita lengkapnya di TechCrunch.

Selanjutnya: Usai baca Morning Briefing 12 Juni 2020, pastikan kamu mengetahui cara sederhana meredam konflik ketika cekcok dengan pasangan.

podcast button