5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini—11 September 2019

Foto: www.canva.com

Selamat hari Rabu! Semoga hari ini hati kamu tidak kelabu! Untuk memulai hari, berikut lima hal yang harus kamu tahu. (LIMONE sengaja membuatnya berima, hanya untukmu).

Putra BJ Habibie menegaskan bahwa ayahnya tidak dalam kondisi kritis dan perlu beristirahat. Pernyataan ini disampaikan kepada publik setelah beredar sebuah berita hoax yang menyebutkan ayahnya sudah meninggal dunia. Thareq Kemal Habibie berharap masyarakat Indonesia tidak mempercayai kabar bohong tersebut. Baca beritanya di sini.

Jambi dan Riau terpaksa menutup semua sekolah minggu ini dikarenakan asap dari kebakaran lahan dan hutan. Asap yang disebabkan oleh karhutla tersebut dianggap sudah sangat “tidak sehat” dan berada pada level “berbahaya”. Pemerintah Daerah menghimbau masyarakat lokal untuk membatasi aktivitas di luar ruangan dan melindungi diri dengan menggunakan masker respirator. Baca berita lengkapnya di sini.

Jepang sepertinya harus membuang lebih dari satu juta ton air radioaktif ke lautan Pasifik karena Fukushima kehabisan tank penyimpanan. Hal ini disampaikan oleh menteri lingkungan hidup Jepang, Yoshiaki Harada, di Tokyo kemarin. Tokyo Electric Power Co (Tepco) mengklaim bahwa air tersebut hanya mengandung tritium, sebuah isotop hidrogen yang sulit diurai tapi tidak terlalu banyak untuk kesehatan manusia. Baca beritanya di sini.

Menyusul berita pengunduran dari co-screenwriter sekuel Crazy Rich Asians, sang sutradara, Jon Chu, akhirnya angkat bicara. Sebelumnya diberitakan bahwa Adele Lim, sang co-screenwriter, hengkang dari sekuel tersebut karena pay gap (kabarnya seorang co-screenwriter pria dibayar antara $800.000 sampai $1 juta dollar, sementara Lim hanya senilai $110.000 plus). Berbicara kepada the Hollywood Reporter, Chu mengatakan bahwa dia sudah berusaha mempertahankan Lim, tapi negosiasi di Hollywood memang bukan sesuatu yang mudah. Baca berita lengkapnya di sini.

Startup yang mencoba menemukan “resep” hidup selamanya semakin banyak. Jika senjatamu selama ini memerangi keriput adalah krim anti-aging—berarti kamu masih terbilang “amatiran”. Pasalnya, sekarang bermunculan cara-cara mutakhir (cenderung ekstrim) untuk mempertahankan kemudaan dan hidup bahagia selamanya, dan berbagai metode ini dikerjakan oleh perusahaan startup. Misalnya, satu perusahaan memperoduksi suplemen bernama Elysium Health (dalam mitologi Yunani, Elysium atau Elysian, berarti rumah peristirahatan terakhir para pahlawan dan mereka yang berjiwa murni), yakni sebuah suplemen yang menyebabkan tikus tua terlihat dan bertingkah laku lebih muda (well, belum teruji pada manusia). Baca ulasan lengkapnya di sini.