5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 11 Oktober 2019

Foto: www.canva.com

Jumat, nih! Apa rencanamu hari ini—dan akhir pekan besok? Sambil hm… hm… hm (baca: berpikir dan berkhayal), mari membaca lima hal yang terjadi di berbagai belahan dunia.

Gempa kembali mengguncang Ambon, kemarin malam.

Gempa yang berkekuatan 5,2 magnitudo tersebut berjarak 87 km bagian utara Tepa, Maluku Barat Daya dan 221 km Barat Laut Saumlaki, Kepulauan Tanimbar, dengan kedalaman 140 km di bawah laut. Menurut data BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Sebagai informasi, Maluku merupakan salah satu kawasan rawan gempa karena berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik. Baca berita lengkapnya di sini.

Tokopedia memutuskan untuk tidak masuk Bursa Saham tahun depan.

Hal ini disampaikan oleh CEO Tokopedia, William Tanuwidjaya, di Jakarta, kemarin. Target marketplace tersebut tahun depan adalah memiliki catatan EBITDA (earnings before interest, tax, depreciation, and amortization) yang positif. Tahun ini, Tokopedia menargetkan Gross Merchandise Volume (GMV) sebesar Rp222 triliun, atau setara dengan 1,5% dari total perekonomian Indonesia. Sementara dalam 10 tahun ke depan, Tokopedia menargetkan bisa memberi sumbangan 5% terhadap ekonomi Indonesia. Baca berita lengkapnya di sini.

Dari Turki, presiden Recep Tayyip Erdoğan mengeluarkan sebuah ultimatum.

Bahwa dirinya akan “membuka gerbang” bagi pengungsi Suriah di negaranya untuk bermigrasi ke Eropa jika negara-negara di benua tersebut tetap memberi label “menduduki” terhadap kampanye militer yang dilakukan Turki saat ini di timur laut Suriah. Saat ini Turki sedang melancarkan serangan di kawasan tersebut. Menurut Turki, hal itu dilakukan dalam upaya mendirikan buffer zone seluas 32km di sepanjang perbatasan terhadap ancaman serangan grup-grup teror Kurdi dan Isis. Turki juga berharap bisa menampung pengungsi Suriah di zona tersebut. Baca berita lengkapnya di sini.

Turis yang memiliki level keberanian tingkat dewa, dipersilakan mengunjungi ruang kendali Chernobyl.

Jika sebelumnya para pengunjung hanya diperbolehkan melihat bagian luar gedung dan desa-desa terbengkalai di sekitar Pripyat, sekarang ruang kendali juga menjadi atraksi wisata. Para wisatawan diharuskan memakai pakaian pelindung saat masuk ke dalamnya dan hanya bisa “membesuk” selama lima menit. Pasalnya level radiasi di dalam ruangan 40.000 kali lebih tinggi dibandingkan normal. Apa yang masih belum boleh dikunjungi? Area reaktor—tapi sepertinya status ini akan berubah dalam waktu dekat. Untuk menyegarkan ingatan, Chernobyl Nuclear Power Plant mengalami kegagalan 33 tahun silam dan dianggap sebagai bencana nuklir terburuk sepanjang sejarah. Baca berita lengkapnya di sini.

Apakah kamu pecinta anjing atau kucing?

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan Selasa lalu di Circulation menyimpulkan bahwa para pemilik anjing bisa hidup lebih lama! Ah, masa’ sih, begitu katamu (terutama mungkin dari para pemilik kucing. Oopss). Terdengar aneh, tapi asal tahu saja kesimpulan penelitian ini didapat setelah mengulas data dalam kurun waktu 70 tahun dari berbagai dunia dan menganalisa 4 juta orang dari Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Australia, Skandinavia, dan New Zealand. Studi ini akhirnya berhasil membuktikan bahwa memiliki anjing bisa mengurangi risiko terkena penyakit penyebab kematian dini, mulai dari penyakit kardiovaskular, darah tinggi, sampai stres. Baca berita lengkapnya di sini.

podcast button