5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 11 November 2019

Foto: www.canva.com

Hai teman, hari Senin lagi, nih! Semangat, ya. Jika kamu masih merasakan Monday Blues, coba lakukan ini. Sementara itu, untuk membuat pikiran lebih aktif, mari membaca lima kabar menarik berikut ini.

Jika kamu ingin mencoba jadi pegawai negeri sipil, jangan lupakan hari ini.

Pasalnya, pendaftaran CPNS resmi dibuka hari ini. Tahun ini terdapat 68 Kementerian/Lembaga (K/L) dan 462 Pemerintah Daerah/Kota yang membuka penerimaan CPNS tahun ini. Akan tetapi tidak semua instansi membuka pendaftaran serentak. Beberapa instansi masih melakukan revisi formasi CPNS sehingga proses pendaftaran akan terjadi pada tanggal yang berbeda. Verifikasi berkas digelar pada 13 November 2019 dan pendaftaran ditutup pada 24 November 2019. Baca berita lengkapnya di sini.

Pengguna OVO tidak bisa lagi mengisi saldo di Alfamart.

Seperti dilansir dari Kontan, per 13 November 2019 pengguna OVO tidak bisa top up saldo di Alfamart. Pesan ini beredar melalui pesan singkat yang dikirimkan pengguna OVO. Meski begitu, isi saldo ulang OVO masih bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk lewat ATM, mitra Grab dan kartu debit. Belum ada konfirmasi resmi dari pihak OVO. Baca berita lengkapnya di sini.

Tampon tidak akan masuk dalam kategori “barang mewah” dan dikenakan pajak tertinggi lagi…

Di Jerman. Sebelumnya negara tersebut merupakan salah satu negara di Uni Eropa yang menetapkan tarif lebih tinggi atas produk-produk feminine hygiene. Berada di rangking ke-11 dari 28 negara anggota UE. Akan tetapi, status itu itu akan berubah dengan keputusan yang diambil oleh parlemen Kamis kemarin. Pemerintah mengatakan bahwa pajak penjualan atas produk-produk sanitari seperti tampon dan pembalut akan dikurangi mulai 1 Januari 2020, dari 19% menjadi 7% (sama dengan tarif kebutuhan sehari-hari). Baca berita lengkapnya di sini.

Sabung ayam akan menjadi aktivitas ilegal di Puerto Rico.

Per Desember ini, sabung ayam tidak lagi diperbolehkan di Puerto Rico dan beberapa daerah di Amerika Serikat. Hal ini ini disambut baik oleh aktivis peduli hewan, tetapi sebagian warga lokal menganggap hal tersebut sebagai bentuk penghilangan budaya asli Puerto Rico. Tidak hanya itu, banyak orang lokal menjadikan sabung ayam sebagai mata pencaharian. Beberapa dari mereka menuntut pengadilan federal, dan berusaha membatalkan larangan tersebut sebelum diberlakukan yakni pada 20 Desember 2019. Baca berita lengkapnya di sini.

Polisi Petersburg menangkap seorang profesor ahli sejarah Rusia dengan tuduhan pembunuhan.

Oleg Sokolov (63) ditangkap aparat keamanan saat sedang mencoba membuang anggota tubuh mantan mahasiswanya, Anastasia  Yeshchenko (24). Dan saat menyisir rumahnya, polisi menemukan potongan-potongan lain badan perempuan tersebut. Sejarahwan ini merupakan seorang penulis buku dan sering menjadi konsultan sejarah di berbagai film. Pada tahun 2003, Sokolov menerima penghargaan sipil tertinggi Prancis, Legion d’Honneur in 2003. Baca berita lengkapnya di sini.