5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 11 Februari 2020

Morning Briefing 11 Februari 2020
Foto: www.canva.com

Hello, kamu! Apa pun yang kamu lakukan hari ini, jangan lupa: cuci tangan sesering mungkin, jaga kesehatan dan konsumsi makanan yang sehat. Uh-uh, sepertinya flu dan batuk sedang melanda berbagai tempat. Oh, jangan lupa juga untuk saling perhatian dan baik terhadap satu sama lain. Selamat menikmati harimu, dan ini lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 11 Februari 2020.

Pemerintah meluncurkan program Visit Wonderful Indonesia (VIWI) Nusantara Shocking Deal 2020 untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dalam negeri.

Program tersebut diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin kemarin (10/02). ViWI merupakan program yang diinisiasi hotel dan restoran, tur operator, agen travel, transportasi, taman hiburan, properti, serta industri terkait pariwisata lainnya. Wapres juga meminta agar lewat program ini, layanan wisata halal di berbagai negara semakin dikembangkan. Program ini diluncurkan dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan yang semakin menurun akibat coronavirus. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Monash University akan membangun kampus pascasarjana di Indonesia.

Rencana ini merupakan bagian dari Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) yang baru ditandatangani kedua negara. Hal ini menandai pertama kalinya sebuah universitas asing mendirikan kampusnya di Indonesia. Berlokasi di Jakarta, kampus ini akan membuka program master dan PhD. Pendaftaran mahasiswa Master akan dibuka pada kuartal keempat tahun depan. Menurut informasi, pihak universitas di Melbourne ini akan membawa para pengajar ahli di berbagai bidang, termasuk teknologi digital dan perencanaan tata kota. Baca berita lengkapnya di The Jakarta Post.

Para karyawan di China kembali bekerja kemarin.

Akan tetapi, harapan ekonomi kembali menggeliat pupus karena sebagian perusahaan memperpanjang periode libur atau memberlakukan sistem ‘bekerja dari rumah’ untuk membatasi penyebaran coronavirus. Nama-nama besar seperti ByteDance, Tencent, Alibaba dan Meituan memperpanjang kebijakan bekerja dari rumah sampai akhir minggu ini. Sementara sebagian besar sekolah di China masih diliburkan sampai 16 Februari. Sejauh ini, tercatat lebih dari 40.000 kasus coronavirus di China; dan angka kematian mencapai 908 (sebagai besar kasus kematian terjadi di Wuhan). Baca berita lengkapnya di Financial Times.

Uganda mulai melakukan penyemprotan untuk membasmi wabah belalang demi melindungi perkebunan.

Serangan belalang ini terjadi selama akhir pekan kemarin dan mengancam ternak serta perkebunan, termasuk kopi. Sejauh ini, wabah belalang telah menyebabkan berbagai kerusakan dan mengancam keamanan makanan di beberapa negara di Afrika, termasuk Somalia, Etopia, dan Kenya. Laporan Organisasi Pangan Sedunia (FAO) yang diterbitkan Senin (10/02) mengatakan belalang terus berkembang biak di Afrika sehingga menyebabkan semakin banyak serangga di Afrika. Ini adalah sebuah ancaman besar bagi pertanian, perkebunan dan peternakan di benua tersebut. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Parasite membawa pulang piala Film Terbaik di Oscar 2020.

Kemenangan ini menorehkan sejarah baru karena membuatnya menjadi film berbahasa asing pertama yang berhasil memenangkan kategori. Tidak hanya itu, “Parasite” juga merupakan film Korea Selatan pertama yang masuk ke dalam nominasi ini. Sutradaranya, Bong-Joon Ho, juga sukses meraih penghargaan Sutradara Terbaik. Sementara itu, seperti yang diperkirakan, Joaquin Phoenix berhasil menjadi Pemeran Utama Pria Terbaik untuk “Joker” dan Renée Zellweger Pemeran Utama Wanita Terbaik untuk “Judy”. Baca berita lengkapnya di The Washington Post.

Jika sudah selesai membaca Morning Briefing 11 Februari 2020, pastikan aplikasikan tabir surya sebelum keluar rumah, ya! Untuk meringankan hidupmu, pilih saja satu dari 10 tabir surya terbaik ini.

podcast button