5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 10 Juni 2020

Morning Briefing 10 Juni 2021
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Sebentar lagi hari Jumat! Semoga berita ini membuatmu semangat, dan juga berita-berita yang terangkum di dalam Morning Briefing 10 Juni 2021 ini.

Hari gerhana matahari cincin api satu-satunya di 2021.

Hari ini saat matahari terbit, masyarakat dapat menantikan gerhana matahari cincin. Sebagian besar pemirsa hanya akan melihat sebagian versi gerhana, yang akan terlihat dari sebagian Amerika Utara, Eropa dan Asia. Gerhana matahari cincin adalah ketika Bulan terlalu jauh dari Bumi dalam orbit elipsnya untuk sepenuhnya menghalangi Matahari seperti yang terjadi saat gerhana matahari total. (Tempo)

Juli 2021 target 1 juta orang per hari divaksinasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo meninjau vaksinasi COVID-19 massal di RS Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat kemarin, yang ditujukan kepada pendidik, lansia, dan pelayan publik. Sementara di bulan Juni, pemerintah menargetkan 700.000 orang menerima vaksin. (Kompas)

Update COVID-19 global: Efikasi vaksin, dan penambahan kasus.

Kasus coronavirus melonjak di Mongolia, di mana lebih dari setengah populasinya telah sepenuhnya menerima vaksin. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang efektivitas Sinopharm, vaksin utama di wilayah tersebut.

Sementara itu para peneliti menemukan bahwa dalam dua tahun sebelum pandemi terjadi, pasar-pasar di Wuhan menjual hampir tiga lusin jenis hewan yang bisa membawa patogen yang berpindah ke manusia.

Berbagai negara di dunia mulai melakukan pelonggaran, seperti Prancis yang memperbolehkan makan di tempat di restoran dan kafe, dan jam malam berubah dari pukul 9 malam menjadi 11 malam. Melbourne, Australia, juga mengakhiri lockdown dua-minggunya mulai Jumat ini, meski warga masih dilarang menerima tamu di rumah.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini - 22 Maret 2021

Menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 174.080.755, dengan 3.749.667 kematian, dan sebanyak 2.204.144.452 vaksin sudah diberikan. (New York Times)

Spekulasi kesehatan Kim Jong-un karena penurunan berat badan.

Sebuah foto baru muncul pada Sabtu lalu dan memperlihatkan pemimpin Korea Utara tersebut terlihat mengalami pengurangan berat badan. Pada Selasa kemarin, agensi berita Yonhap mempublikasikan foto dengan versi diperbesar dan memperlihatkan tangan Jong-un lebih kecill. Hal ini menyebabkan munculnya spekulasi tentang kesehatannya, dan ini bukan untuk pertama kalinya.

Sebagai informasi, negara ini sedang mengalami kelangkaan makanan dan krisis ekonomi yang dipicu oleh berbagai hal, mulai dari berbagai bencana alam hingga sanksi internasional. (The Guardian)

Pemerintah AS batalkan perintah eksekutif tentang larangan terhadap WeChat dan TikTok.

Presiden Joe Biden memutuskannya dan memerintahkan Departemen Perdagangan baru untuk meninjau kekhawatiran keamanan yang ditimbulkan oleh aplikasi tersebut. Sebelumnya, mantan Presiden Donald Trump berusaha memblokir pengguna untuk mengunduh aplikasi itu dan transaksi lainnya. (Reuters)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 10 Juni 2021, jangan lupa mengecek tentang penyakit menular seksual dan berbagai mitos yang salah tentangnya.