5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 10 Februari 2020

Morning Briefing 10 Februari 2020
Foto: www.canva.com

Hello! Saat LIMONE sedang membuat rangkuman ini, Oscar sedang berlangsung. The Irishman, Marriage Story, dan Little Women digadang-gadang akan menjadi favorit. Ironisnya, seorang aktris tanpa nama dan juga menjadi salah satu panel pemberi suara untuk Oscar mengatakan The Irishman “repetitif”, Marriage Story “palsu” dan Little Women membuatnya ingin “muntah”. Ouch. Well, menurutmu, siapa yang akan membawa banyak piala? Sambil menunggu pengumumannya, mari membaca Morning Briefing 10 Februari 2020.

Pemerintah menggelar operasi pasar untuk mengembalikan cabai dan bawang putih ke harga normal.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, mengatakan harga cabai di Jakarta meningkat akhir-akhir ini karena faktor cuaca yang menyebabkan petani gagal panen. Menurut data pemerintah DKI Jakarta, harga cabai rawit sempat mencapai hampir Rp100.000 per kilogram. Berdasarkan info di situs infopangan.jakarta.go.id, harga cabai merah Rp85.483 per kilogram, cabai rawit merah Rp82.741 per kilogram, dan harga bawang putih Rp57.812 per kilogram. Itulah sebabnya operasi pasar akan terus dilakukan untuk menstabilkan harga komoditas pangan itu. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Greenpeace mendesak pemerintah Indonesia untuk ikut serta mewujudkan terbentuknya Perjanjian Laut Internasional (Global International Treaty).

Juru kampanye Greenpeace Indonesia Arifsyah Nasution menuturkan perjanjian itu penting untuk melindungi laut dari krisis iklim. Organisasi lingkungan ini mengatakan bahwa perjanjian internasional itu diprediksi bisa memulihkan 30 persen populasi liar di laut yang kini rusak karena krisis iklim. Dampaknya untuk Indonesia, dia menyebut stok ikan akan melimpah. Perjanjian Laut Internasional akan kerangka hukum untuk perlindungan perairan internasional untuk membentuk sebuah Kawasan Konservasi Laut yang bebas dari aktivitas manusia yang berbahaya. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

China mengalokasikan $10,26 miliar untuk memerangi coronavirus.

Kementerian Keuangan negara tersebut mengatakan bahwa semua departemen kepemerintahan telah mengalokasikan dana sebesar 71,85 miliar yuan atau sekitar $10,26 untuk mengatasi virus tersebut. Dalam pernyataan di situs resminya, dana ini akan memastikan semua warga bisa memperolah diagnosa dan perawatan. Dana ini juga untuk memastikan bahwa setiap area tidak mengalami kesulitan finansial dalam mengatasi virus ini. Baca berita lengkapnya di New York Times.

Pelaku penembakan massal di Thailand telah ditembak polisi.

Seorang anggota tentara yang menembak mati 26 orang telah ditembak mati oleh polisi setelah terjadi pengepungan semalaman di sebuah pusat perbelanjaan. Pada Sabtu kemarin (8/02), belasan orang disandera selama berjam-jam oleh seorang pria bersenjata bernama Jakrapanth Thomma, berpangkat sersan mayor di kota Nkhon Ratchasim. Pihak berwajib mengatakan pelaku penembakan tersebut mengalami perselisihan finansial. Sebagai informasi, Thailand merupakan salah satu negara di dunia dengan kepemilikan senjata tertinggi di dunia, tapi peristiwa seperti ini jarang terjadi. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Dikabarkan akan ada Friends Reunion dan diperkirakan setiap aktor pemeran utama akan mendapatkan $2 juta per orang.

Setelah 26 tahun setelah episode pertama mengudara, enam bintang serial TV tersebut dikabarkan akan melakukan reuni dalam sebuah tayangan spesial selama satu jam di HBO Max. Dan setiap aktor dikabarkan akan mendapatkan bayaran minimal $2 juta. Belum ada keterangan lebih detail, tapi kemungkinan besar episode spesial ini akan digunakan WarnerMedia untuk memperkenalkan streaming service mereka, HBO Max, yang akan diluncurkan pada April tahun ini. FYI, WarnerMedia membayar $425 juta untuk mendapatkan hak siar Friends, jumlah yang membuat Netflix kehilangan serial tersebut. Baca berita lengkapnya di Vanity Fair.

Itu Morning Briefing 10 Februari 2020, dan ini artikel berikutnya yang wajib kamu baca jika sedang bingung dengan hubunganmu itu.

podcast button