5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 10 Desember 2019

Foto: www.canva.com

Hola, selamat pagi! Sudah beli tiket pesawat atau kereta untuk mudik Natal/Tahun Baru? Tidak perlu panik karena persediaannya masih banyak—plus katanya, harganya tidak akan melambung liar seperti kasus Harleygate. Yeaaay! Selamat berburu tiket murah, tapi sebelumnya baca dulu berita penting di bawah ini.

BPOM angkat bicara soal isu nata de coco mengandung lembaran plastik.

Dalam sebuah siaran pers, BPOM menjelaskan bahwa nata de coco adalah panganan yang terbuat dari bahan baku air kelapa berbasis buah. Jenis makanan ini terbentuk dari jutaan benang selulosa yang mirip dengan lembaran kertas tipis. Akan tetapi nata de coco tidak mengandung kertas. Dengan ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi menyebutkan bahwa isu nata de coco adalah sebuah bentuk disinformasi. Sebelumnya, beredar sebuah video singkat yang menyebutkan bahwa panganan tersebut berbahaya bagi anak-anak karena tidak bisa dicerna. Baca berita lengkapnya di sini.

Pemerintah memastikan harga pesawat akan tetap stabil menjelang dan selama periode hari Raya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Perhubungan yang juga menyatakan bahwa harga tarif atas dan bawah sudah ditetapkan. Diinformasikan sebanyak 5.510.117 tiket pesawat sudah dipersiapkan untuk periode 19 Desember sampai 6 Januari 2020. Hingga hari ini sekitar 968.925 tiket atau 17,58% tiket dari sembilan maskapai sudah terjual. Sementara, untuk kereta api sudah disediakan 5,9 juta tiket selama nataru. Baca berita lengkapnya di sini.

Tidak akan ada lagi segregasi antara pria dan wanita di restoran di Arab Saudia.

Pengumuman yang disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri ini merupakan sebuah bentuk reformasi terbaru untuk melonggarkan aturan sosial ketat yang selama ini berlaku di kerajaan tersebut. Kelonggaran tersebut diharapkan mengundang lebih banyak investasi dan kesempatan bisnis di sana. Dua tahun lalu, perempuan diijinkan untuk memasuki stadium olahraga di bagian keluarga, sementara tahun lalu para perempuan berhak untuk mengemudi. Sementara Agustus ini, para perempuan diperbolehkan membuat paspor atau bepergian sendiri tanpa harus mendapatkan ijin dari wali laki-laki. Meski begitu, masih terdapat segregasi di negara ini di antaranya di acara pernikahan, sekolah dan universitas negeri. Baca berita lengkapnya di sini.

Finlandia akan melantik perdana menteri perempuan termuda di dunia.

Sanna Marin (34 tahun), sebelumnya menjabat sebagai menteri perhubungan dan komunikasi, dipilih oleh partai Sosial Demokrat setelah Antti Rinne mengundurkan diri minggu lalu. Rinne kehilangan kepercayaan dari partai koaliasinya, Centre Party, karena dianggap tidak mampu mengatasi masalah mogok kerja massal para pekerja kantor pos. Marin akan memulai tugasnya sebagai PM pada masa yang sulit: mogok kerja besar-besaran selama tiga hari sedang berlangsung saat ini di Finlandia. Marin akan disumpah hari Selasa depan. Baca berita lengkapnya di sini.

Empat film Netflix masuk dalam daftar nominasi Film Terbaik versi Golden Globes.

Hal ini merupakan kali pertama terjadi dan empat film tersebut adalah The Irishman (Martin Scorsese), Marriage Story (Noah Baumbach), The Two Popes (Fernando Meirelles) dan Dolemite Is My Name (Craig Brewer). Prestasi ini semakin mengukuhkan pandangan baru bahwa perilisan di bioskop biasa bukanlah halangan untuk masuk ke dalam kompetisi penghargaan bergengsi. Tahun lalu, Netflix mendapatkan nominasi Film Terbaik di Oscar lewat film berbahasa Spanyol, Roma. Siapa yang akan menjadi pemenangnya? Tunggu acaranya 5 Januari mendatang. Baca berita lengkapnya di sini.

Sebelum melanjutkan aktivitas, baca dulu berita penting ini: warna ini dinobatkan sebagai color of the year 2020.

podcast button