5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 1 September 2020

Morning Briefing 1 September 2020
Foto: www.unsplash.com

Hola! Tidak bosan-bosannya mengingatkan untuk pakai masker saat keluar rumah, cuci tangan dengan benar, dan jaga jarak saat berada di ruangan publik. Selain itu, selamat menikmati hari ini, dan berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 1 September 2020.

Pemda DKI keluarkan Kepgub Perpanjang PSBB Transisi otomatis.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengeluarkan Keputusan Gubernur yang berisi poin-poin perihal perpanjangan PSBB Transisi ke depannya. Di dalam surat ini terdapat tiga poin instruksi, yakni perpanjangan PSBB transisi sejak tanggal 28 Agustus 2020 sampai 10 September 2020. Selain itu, ada poin perpanjangan PSBB transisi otomatis, yakni bahwa PSBB transisi tetap diperpanjang dua minggu ke depan jika tidak terjadi peningkatan kasus. Poin terakhir, jika terjadi peningkatan kasus secara signifikan maka PSBB dapat dihentikan. Pemberhentian ini berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tingkat provinsi. Menurut data Satgas Penanganan COVID-19, terdapat 1.049 kasus baru di DKI Jakarta. Sementara itu, secara nasional, ada 174.796 kasus, dengan 125.959 sembuh dan 7.417 orang meninggal. (CNN Indonesia)

Polisi 105 orang saksi peristiwa kebakaran Gedung Kejaksaan Agung.

Kemarin (31/8), Kepolisian RI memeriksa 105 orang sebagai saksi terkait peristiwa kebakaran Gedung Kejaksaan Agung. Mereka adalah 20 orang pekerja cleaning service, 50 pekerja OB, 10 orang pengamanan dalam (pamdal), 5 orang pejabat Kejaksaan Agung, 7 orang tukang, dan 2 orang pekerja teknisi. Untuk hasil analisa abu dan rekaman kamera pengawas, masih belum dipastikan kapan akan selesai. Sebagai informasi, kebakaran terjadi di Gedung Utama Kejaksaan Agung pada 22 Agustus 2020 malam sekitar pukul 19.10 WIB. Sebanyak 65 mobil pemadam dikerahkan untuk meredam kobaran api. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. (Tempo)

Update COVID-19 global: New Zealand wajibkan masker, dan tes COVID-19 gratis di Paris.

Restriksi dilonggarkan di Auckland, New Zealand, tapi pemakaian masker wajah diwajibkan. Seiring dengan kelonggaran ini, banyak warga kota yang memadati bandara untuk bepergian. Di New Zealand sendiri dilaporkan terdapat lebih dari 1.700 kasus dan 22 kematian. Sementara itu, pemerintah lokal Paris menyatakan akan merencanakan untuk menyediakan tes gratis di 20 distrik seiring dengan meningkatnya kembali kasus di Prancis.

Terlepas dari aksi boikot, lebih dari 420.000 residen Hong Kong telah mendaftarkan untuk bepartisipasi dalam pengetesan coronavirus universal, yang dimulai hari ini. Dari Korea Selatan dilaporkan bahwa jumlah kasus harian di sana tetap berada di bawah 300 selama dua hari berturut-turut. Sementara itu, Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko menyatakan bahwa vaksinasi massal untuk grup berisiko tinggi akan dimulai pada November-Desember tahun ini. Menurut mesin penghitung John Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 25.292.931, dengan 847.292 kematian dan 16.648.119 kesembuhan. (Aljazeera)

Lebanon akhirnya setuju menunjuk perdana menteri baru.

Atas desakan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Lebanon akhirnya menunjuk diplomat Mustapha Adib sebagai perdana menteri kemarin (31/8). Adib adalah mantan duta besar Lebanon untuk Jerman. Macron yang akan mengunjungi Beirut bulan ini menuntut “sebuah pemerintah yang bermisi, bersih, efisien, dan bisa menerapkan reformasi di Lebanon” sebelum bantuan keuangan diberikan. Mengalami krisis finansial, semakin terpuruk setelah ledakan awal bulan lalu, dan ketegangan sektarian meningkat, Lebanon sedang menghadapi ancaman kestabilan terbesar sejak perang sipil 1975-90. Untuk bangkit, Lebanon membutuhkan reformasi besar-besaran dan bantuan internasional. Sebelumnya, Lebanon berhasil mendapatkan bantuan finansial lebih dari $11 miliar di sebuah konferensi Paris di 2018 dengan syarat mampu melakukan reformasi, yang gagal dilakukannya. (Reuters)

Cuitan terakhir Chadwick Boseman menjadi cuitan paling disukai sepanjang sejarah Twitter.

Twitter secara resmi mengumumkan bahwa cuitan terakhir bintang Black Panther, Chadwick Boseman, menjadi cuitan paling disukai sepanjang sejarah media sosial. Pesan yang diunggah pada Sabtu lalu dan berisikan konfirmasi berita kematiannya ini mendapatkan lebih dari 7 juta “likes“. Sebelumnya, gelar cuitan paling disukai dipegang oleh Barack Obama, dengan 4,3 juta likes. Cuitan itu juga menuliskan bahwa untuk peran-peran besarnya “disyuting selama dan di antara berbagai operasi dan kemoterapi”. Boseman, yang membintangi Da 5 Bloods dan Marshall dan Black Panther, didiagnosa menderita kanker usus besar pada 2016. (The Guardian)

Selanjutnya: Selesai membaca Morning Briefing 1 September 2020, baca informasi tentang bagaimana cara mengetahui jenis kulit kamu.

podcast button