5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 1 Oktober 2020

Morning Briefing 1 Oktober 2020
Foto: www.unsplash.com

Hampir akhir pekan! Semangat! Tetap semangat juga memakai masker, jaga jarak saat di tempat publik, dan cuci tangan dengan benar. Berikut lima berita terbaru yang terangkum dalam Morning Briefing 1 Oktober 2020.

Satgas COVID-19: Tantangan terbesar saat ini adalah resistensi karena stigma.

Oleh karena banyaknya resistensi yang diakibatkan oleh stigma terhadap pasien COVID, pejabat kesehatan kesulitan melacak kontak. Hal tersebut disampaikan oleh Satgas Penanggulangan COVID-19 yang juga meminta agar semua lapisan masyarakat menghapus stigma negatif terhadap pasien coronavirus sehingga pemerintah bisa bekerja lebih efektif. Juru Bicara Satgas Wiku Adisasmito mengatakan bahwa meski kapasitas lima provinsi telah melampaui standar WHO, tapi tidak secara nasional. Lima provinsi ini adalah Jakarta, Sumatera Barat, Bali, Sulawesi Selatan dan Papua. Per Rabu (30/9), Indonesia mengonfirmasi memiliki 287.008 kasus, dengan 10.740 kematian, dan 214.947 orang sembuh. (The Jakarta Post)

Uang baru Rp75 ribu bisa ditukar di semua bank hari ini.

Bank indonesia memperluas akses penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI, pecahan Rp75 ribu dan bisa ditukar di semua bank umum. Caranya, masyarakat hanya perlu mendaftar pada bank umum terdekat dan menyelesaikan proses pendaftaran. Lalu, bank umum menukar uang pecahan Rp75 ribu secara kolektif dari nasabah, pada waktu dan tempat yang sesuai dengan bukti pemesanan. Penukaran juga dapat dilakukan secara kolektif, dengan jumlah minimal 17 orang dan tidak ada batasan maksimal. (CNN Indonesia)

Update COVID-19 global: Singapura bolehkan pengunjung, dan AirAsia Japan berhenti beroperasi.

Singapura akan membuka perbatasannya untuk pengunjung dari Australia dan Vietnam mulai 8 Oktober. Keputusan ini diambil karena kedua negara tersebut memiliki sistem pengawasan kesehatan publik yang bagus. Sebelumnya Singapura sudah memberikan ijin masuk untuk pengunjung dari Brunei Darussalam dan New Zealand. Dan AirAsia Japan dikabarkan akan mengakhiri operasionalnya karena permintaan yang rendah sejak pandemi.

Sementara itu, dari India dilaporkan bahwa ada satu grup pasien yang menjadi “penyebar cepat” yang menyebabkan infeksi dari dua pertiga kasus di sana. Menurut laporan yang diterbitkan di jurnal Science ini, satu dari 15 orang India telah terpapar virus ini. Di kabar lain, Rusia mengirim 25 juta dosis vaksin Sputnik V ke Mesir. Meski vaksin ini tidak melalui uji klinis lanjutan, tapi sejumlah negara menyetujui untuk membelinya, termasuk Meksiko, Brasil dan india. Dan menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 33.719.865, dengan 1.009.349 kematian, dan 23.439.079 sembuh. (Bloomberg)

Belgia akhirnya punya perdana menteri.

Hampir dua tahun setelah pemerintahan sebelumnya roboh, akhirnya parta politik di Belgia setuju untuk membentuk sebuah pemerintah baru. Persetujuan ini disetujui Rabu pagi, dan mengakhiri 652 hari masa tugas pejabat sementara dan pemerintahan minoritas. Alexander De Croo (44 tahun), dari partai Flemish Liberal, akan disumpah menjadi perdana menteri hari ini dan memimpin tujuh partai koalisi. De Croo mengambil alih jabatan ini dari Sophie Wilmès, yang menjadi perdana menteri perempuan pertama Belgia, ketika dia berperan sebagai pejabat sementara pada Oktober 2019. Kesepakatan ini dicapai tepat bersamaan dengan Belgia melaporkan 10.000 kematian akibat coronavirus. Sebagai informasi, pemerintah sebelumnya roboh pada Desember 2018, setelah partai nasionalis, NVA, walk-out karena kebijakan migrasi. (The Guardian)

Google Meet batal membatasi panggilan gratis.

Google memperpanjang kebijakan panggilan gratis lebih dari 60 menit. Kebijakan ini seharusnya berakhir setelah 30 September, tapi diperpanjang hingga Maret 2021. Pihak Google mengatakan bahwa pertimbangan melakukan hal ini adalah musim liburan yang sebentar lagi tiba dan kesulitan traveling untuk bertemu keluarga dan menghadiri acara-acara penting lain. Unlimited Meet calls (hingga 24 jam) gratis ini berlaku untuk semua pemilik akun Gmail. (The Verge)

Selanjutnya: Usai membaca Morning Briefing 1 Oktober 2020, jangan lupa mengetahui apa warna terbaru yang diluncurkan oleh Pantone (petunjuk: warna menstruasi).

podcast button