5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 1 Oktober 2019

Foto: www.canva.com

Bulan baru, halaman kalender baru. Apa yang membuatmu bersemangat di bulan Oktober ini? Sebelum mulai beraktivas mari membaca lima hal yang perlu kamu tahu hari ini.

Berita pertama datang dari industri aviasi dalam negeri: Sriwijaya disarankan untuk berhenti terbang.

Menyusul insiden kisruh atau dispute dengan Garuda Indonesia, Direktur Quality, Safety,dan Security Sriwijaya Air, Toto Subandoro, mengaku telah meminta Direktur Utama Sriwijaya Air memberhentikan sementara seluruh operasionalnya. Hal tersebut diajukan untuk untuk memprioritaskan keamanan penerbangan. Direktur Teknik Sriwjaya Air, Ramdani Ardali Adang, menjelaskan Sriwijaya Air bukan hanya krisis suku cadang, tapi juga jumlah teknisi yang ada saat ini sangat minim, kualitas terbatas. Kondisi ini disebabkan konflik dengan Garuda Indonesia yang membuat Garuda Maintenance Facility atau GMF dan Gapura Angkasa menarik diri. Baca berita lengkapnya di sini.

Kabar dari Pulau Komodo: pulau tersebut tidak jadi ditutup!

Kesimpulan tersebut dicapai setelah dilakukan Rapat Koordinasi antara menteri dan gubernur hari ini. Menurut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, pemerintah bersama pusat dan Pemda NTT akan melakukan penataan agar konservasi satwa komodo, kehidupan masyarat sekitar, keberadaan usaha dan industri wisata tetap seimbang. Penataan akan berbentuk membangun dan pembenahan sarana dan prasana wisata agar berstandar internasional dan lingkungan tetap terjaga. Siti Nurbaya menegaskan bahwa tidak akan ada relokasi penduduk. Baca berita lengkapnya di sini.

Sementara dari Afganistan, semua pihak mengklaim menjadi pemenang pemilu.

Ashraf Ghani (petahana) dan ketua eksekutif Abdullah Abdullah, sama-sama mendeklarasikan diri sebagai pemenang dari pemilu presiden Afganistan. Hal yang sama terjadi lima tahun yang lalu dan mengakibatkan krisis pemilu selama berbulan-bulan. Komisi Pemilu Independen sedang menghitung suara dari hari Sabtu lalu dan jika tidak ada yang menjadi pemenang mayoritas (lebih dari setengah suara), pemilihan lanjutan akan dilakukan dengan dua orang kandidat dengan suara terbanyak. Hasil pendahuluan diumumkan paling cepat pertengahan Oktober dan hasil akhir pada awal November. Baca beritanya di sini.

Kabar duka bagi penggemar mode high-street: Fashion 21 mengajukan proteksi pailit.

Retailer asal Amerika Serikat itu mengajukan chapter 11 proteksi bangkrut—chapter ini memberikan perlindungan kepada perusahaan dari para kreditor mereka, sehingga pihak manajemen diberikan waktu untuk mengimplementasikan rencana restrukturisasi mereka. Forever 21 didirikan pada tahun 1984 oleh suami istri Do Won dan Jin Sook Chang, imigran Korea yang datang ke Amerika dan membuka toko pertama mereka di Los Angeles, dan akhirnya memiliki 815 toko di 57 negara. Berkat kondisi sulit ini, dilaporkan perusahaan ini akan menutup 178 tokonya di AS dan 350 di seluruh dunia. Baca beritanya di sini.

Siap-siap histe… Adele dan Beyonce (dan Chris Martin) dikabarkan sudah merekam sebuah lagu bersama-sama.

Yeeey! Hal ini disampaikan oleh Ryan Tedder, pentolan OneRepublic dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio Z100. Dia mengklaim bahwa para popstar itu akan hadir dalam sebuah lagu yang rencananya akan dirilis di dalam album mendatang OneRepublic, Human. Oh, apa peranan Chris Martin? Dia (hanya) memberikan kontribusi dalam bentuk iringan piano. Syukurlah. Eh? Sebelumnya Tedder ikut menulis lagu ‘Halo‘ untuk Beyonce dan ‘Remedy‘, ‘Turning Tables‘ untuk Adele. Baca beritanya di sini.