5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 1 November 2019

Foto: www.canva.com

Akhirnya hari Jumat! Dan tanggal muda pula, yeeey! Saking gembiranya, LIMONE hanya akan menjadikan itu sebagai pendahuluan dan mari membaca lima hal ini sebelum menggunakan gaji tersebut hari ni.

Pemerintah memulangkan puluhan kontainer limbah ke Amerika Serikat.

Jika kita sering memulangkan belanjaan ke toko, maka kali ini Kementerian Keuangan bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memulangkan 38 kontainer limbah atau sampah ke Amerika Serikat. Apa yang membuat pemerintah Indonesia mengembalikannya? Ini mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31/M-DAG/PER/5/2016 tentang ketentuan impor limbah non-bahan berbahaya dan beracun, serta Basel Convention. Yakni, pelaksanaan reekspor dilakukan jika impor Iimbah terbukti terkontaminasi Bahan Berbahaya dan Beracun atau tercampur sampah. Baca berita lengkapnya di sini.

Dari pembangunan jalur Fase II MRT, dikabarkan akan ada sesuatu yang berbeda dengan jalur lain.

Yakni, jalur tersebut akan dibuat bertingkat di bawah tanah. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta William Syahbandar yang mengatakan karena penyempitan di sekitar Harmoni, tidak bisa dibuat jalur kanan dan kiri, maka dibuat jalur bertingkat. Jalur ini akan memiliki panjang 5,8km dan melewati 8 stasiun. Diperkirakan jalur ini selesai pada tahun 2024 dan siap dipakai 2025. Baca berita lengkapnya di sini.

Perekonomian Italia dikabarkan akan melambat lagi.

Meski dilaporkan negara tersebut mengalami perkembangan 0,3% di kuarter ketiganya (sebuah kabar yang positif karena pada tiga bulan pertama tahun ini, Italia memulai dari nol), ini bukanlah saat yang tepat untuk gembira. Para analis memperkirakan bahwa ini hanyalah sebuah fatamorgana yang akan buyar pada waktunya. Diprediksi perkembangan GDP tahun 2020 adalah nol, jauh lebih rendah dibandingkan perkiraan 0,4%. Dengan kata lain, perekonomian negara tersebut akan tetap lemah. Sebagai negara kedelapan perekonomian terbesar di dunia, dipastikan perlambatan ini akan mempengaruhi negara lain. Baca beritanya di sini.

Seseorang baru saja meretas sistem nuklir India.

Setelah sebelumnya menyangkal, Nuclear Power Corporation of India Limited (NPCIL) kemarin akhirnya mengakui bahwa baru saja diretas. Dari pernyataan yang dirilis dijelaskan bahwa komputer yang diretas adalah milik seorang pengguna yang menggunakan koneksi internet untuk keperluan administrasi. Jadinya, retasan tersebut tidak mempengaruhi jaringan internal yang sensitif dan sistem nuklir sama sekali tidak terganggu. Peristiwa ini kembali memperlihatkan betapa rentannya sistem pembangkit tenaga dari serangan retasan. Baca berita lengkapnya di sini.

Para YouTuber berhasil mengumpulkan lebih dari $10 juta untuk…

Menanam pohon di seluruh dunia. Inisiatif yang disebut Team Trees, berhasil menggalang dana dengan membuat ratusan video yang meminta para penonton untuk mendonasikan duit untuk penanaman 20 juta pohon melalui Arbor Day Foundation. Donasi datang dari berbagai pihak, termasuk CEO Tesla Elon Musk ($1 juta), CEO YouTube Susan Wojcicki ($200.000), CEO Twitter Jack Dorsey ($350.000). Aksi ini menargetkan untuk mengumpulkan $20 juta sampai akhir tahun. Baca berita lengkapnya di sini.