5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 1 Juni 2020

Morning Briefing 1 Juni 2020
Foto: www.unsplash.com

Selamat pagi! Hari libur nih, apa rencanamu hari ini? Apapun rencanamu hari ini (bahkan jika tidak ada rencana), jangan lupa melakukan hal yang membuatmu senang. Sesederhana apapun itu. Happy Monday, dan berikut lima berita terbaru yang terangkmu dalam Morning Briefing 1 Juni 2020.

Lima provinsi dengan peningkatan COVID-19 tertinggi di Indonesia.

Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah COVID-19, menyatakan bahwa masih ada lima provinsi dengan tingkat penularan tertinggi di Indonesia. Yakni, Jawa Timur, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan. Jawa Timur menjadi provinsi dengan penambahan tertinggi kemarin, yaitu sebanyak 244 orang. Padahal sebelumnya Jatim hanya mendapat konfirmasi positif sebanyak 199 orang. Sampai kemarin, jumlah akumulasi positif COVID-19 di Jatim sebanyak 4.857 dengan total pasien meninggal sebanyak 24 orang. Sementara di DKI Jakarta, sebagian kasus positif berasal dari pekerja imigran yang baru kembali. Baca berita lengkapnya di CNN Indonesia.

Larangan pelayanan bus AKAP di Jabodetabek diperpanjang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Polana Pramesti. Ia menyatakan penghentian layanan bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) di terminal Jabodetabek diperpanjang sampai 7 Juni, 2020. Perpanjangan larangan pelayanan ini diharapkan bisa mencegah penyebaran COVID-19. Sebelumnya diberitakan bahwa Jakarta juga menerapkan pembatasan kegiatapan bepergian keluar/masuk. Warga non-Jakarta yang ingin masuk dan keluar ibukota, harus membuat surat izin keluar masuk (SIKM). Baca berita lengkapnya di Liputan6.

Jam malam diberlakukan di beberapa kota di Amerika Serikat.

Pemberlakuan jam malam ini menyusul demonstrasi yang berujung rusuh di berbagai kota di Amerika, menyusul kematian George Floyd. Demonstrasi ini awalnya berjalan damai, tapi kemudian menjadi rusuh saat para demonstran memblokir lalu lintas, menyalakan api dan bentrok dengan polisi anti-huru hara yang menembakkan peluru karet untuk mengamankan demonstrasi. Di Minnesota, Minnesota National Guard diaktifkan untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II setelah empat hari terjadi vandalisme, penjarahan, dan pembakaran. Sebagai informasi, Flyod, seorang petugas keamanan di klub malam di Minneapolis, meninggal Senin minggu lalu. Sebuah video beredar saat ditangkap oleh polisi, Flyod berkali-kali mengerang, “tolong, saya tidak bisa bernafas” sebelum meninggal. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Update COVID-19 global: Rencana Spanyol memperpanjang status gawat darurat dan 27 kasus baru di Korea Selatan.

Perdana Menteri Spanyol meminta ijin parlemen untuk menyetujui perpanjangan status gawat darurat sampai 21 Juni dan ini akan menjadi lockdown yang terakhir. Setelah tanggal tersebut, pemerintah tidak akan lagi membatasi pergerakan warga. Sementara dari Korea Selatan dilaporkan terdapat 27 kasus baru, 21 di antaranya terjadi di area metropolitan yang padat penduduk. Dan pemerintah Thailand baru saja menggelontorkan paket stimulus senilai hampir $60 miliar untuk menggerakkan ekonomi yang diprediksi mengalami kontraksi 6-7 persen. Paket ini akan diberikan untuk membantu petani dan pekerja informal. Sementara di Amerika Serikat, sebuah laporan menganalisa sebanyak 54 juta orang akan menderita kelaparan jika tidak ada dibantu oleh bank makanan, food stamp dan bantuan lainnya. Dan menurut mesin penghitung Johns Hopkins University, jumlah total kasus COVID-19 global adalah 6.095.260, dengan 369.789 meninggal, dan 2.587.791 sembuh. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Akun berbayar Zoom akan lebih memiliki enksripsi yang lebih kuat.

Zoom akan menambahkan enskripsi lebih kuat untuk pengguna video call berbayar. Untuk pengguna gratis? Belum ada rencana lebih jauh apakah enkripsi yang lebih aman juga akan terapkan kepada pengguna nonprofit. Zoom mengatakan bahwa end-to-end encryption masih dalam tahap pengembangan. Selama pandemik, Zoom merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh dan digunakan untuk video call. Akan tetapi, platform ini mengalami sejumlah isu kemanan, termasuk Zoombombing, yakni tamu tak diundang bisa masuk dan mengganggu jalannya panggilan. Baca berita lengkapnya di The Verge.

Selanjutnya: Selesai membaca Morning Briefing 1 Juni 2020, pastikan kamu membaca tips dari psikolog tentang menjadi kesehatan mental saat kamu kehilangan pekrjaan akibat pandemik.