Bagaimana Memilih Model Rambut Terbaik sesuai Bentuk Wajah

Foto: www.gettyimages.com

Pertama dan utama: kamu bebas memilih model rambut wanita apapun, terlepas dari bentuk wajahmu. Jika kamu ingin memotongnya super pendek, lakukan. Bob? Silakan. Hal terpenting adalah kamu merasa nyaman dan percaya diri.

Meski begitu, ada model rambut wanita yang memang disetujui cocok untuk bentuk wajah tertentu. Penasaran potongan rambut terbaik untuk wajahmu yang oval atau bulat? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini sampai tamat.

Langkah #1: Tentukan Bentuk Wajah

model rambut wanita
Foto: www.shutterstock.com

Pada dasarnya, sebagian besar orang memiliki bentuk wajah yang unik. Meski begitu, bentuk wajah sendiri dibagi menjadi enam: oval, panjang, kotak, bulat, berlian dan hati. Kamu bisa mengetahui bentuk wajah dengan berkaca atau bahkan mengukurnya.

Namun, jika kamu sudah mencobanya dan tetap saja belum yakin dengan bentuk wajahmu, tidak masalah. Pasalnya, tips kecantikan tentang bentuk wajah biasanya diperlukan untuk perempuan yang memiliki fitur wajah yang super kuat dan ingin menyamarkannya. Sebut saja bentuk wajah terlalu bulat, kotak, atau panjang.

Oh, kepribadian atau panjang rambut adalah sesuatu yang juga penting dalam menentukan model rambut. Misalnya saja, jika kamu memiliki rambut dengan tekstur super tipis atau super keriting, bisa jadi potongan rambut yang menitikberatkan pada hal tersebut menjadi pilihan yang lebih baik.

Ingat, setiap orang berbeda dan kamu tidak perlu mengikuti setiap aturan kecantikan yang ada di dunia ini.

Langkah #2: Pilih Model Rambut sesuai Bentuk Wajah

Bentuk Wajah: Hati
model rambut wanita
Foto: www.shutterstock.com

Jika dagumu lancip dan jidat merupakan bagian terlebar dari wajahmu, maka kamu memiliki bentuk wajah hati. Sering kali orang dengan bentuk wajah ini memiliki bentuk V di garis rambut bagian depan.

Pilihan Model Rambut: Potongan rambut yang lebar dan memperlihatkan ketebalan di sekitar garis rahang dan tengkuk. Termasuk potongan pixi, berponi samping, poni depan, dan berlayer panjang. Hindari gaya rambut yang menonjolkan jidat yang lebar atau tulang pipi.

Bentuk Wajah: Berlian
model rambut wanita
Foto: www.shutterstock.com

Coba gambar garis yang menghubungkan pusat garis rambut dengan tulang pipi dan dagu. Jika membentuk gambar belian, maka kamu memiliki bentuk wajah berlian. Ciri utamanya adalah dagu runcing dan tulang pipi tinggi.

Kok agak mirip dengan bentuk wajah hati, ya? Perbedaan utama antara dua bentuk ini adalah garis rambut. Jika kamu memiliki bentuk wajah berlian, garis rambutmu lebih sempit. Sebagai gambaran, Rihanna, Jennifer Lopez, dan Vanessa Hudgens termasuk dalam kategori ini.

Pilihan Model Rambut: Poni lembut dan panjang akan membantu melembutkan bentuk wajah berlian. Jadi, coba model rambut wanita dengan potongan lebih pendek, rambut layer panjang, shaggy bertekstur, bob yang panjang di bagian depan, dan poni lempar samping. Dan pastikan model rambut tersebut terlihat cocok saat kamu menyelipkannya di belakang telinga karena ini akan menonjolkan tulang pipimu.

Bentuk Wajah: Oval
Foto: www.shutterstock.com

Mereka yang memiliki bentuk wajah oval, biasanya memiliki jidat yang ukurannya sedikit lebih lebar dari dagu mereka. Coba bayangkan telur dalam posisi terbalik. Dengan kata lain, jika jidatmu tinggi, tulang pipimu adalah bagian terlebar di wajahmu, dan wajahmu panjang bukan lebar, maka kamu pemilik wajah ini.

Blake Lively, Beyonce, Jennifer Aniston, Kelly Rowland adalah beberapa selebriti yang memiliki bentuk wajah ini.

Pilihan Model Rambut: Anggap dirimu beruntung karena hampir semua model rambut wanita cocok untukmu. Mulai dari pixi, shaggy, beachy waves sampai long layer. Untuk membuatmu hidupmu lebih mudah, pilihlah model rambut yang cocok dengan tektur, kepribadian dan gaya hidupmu. Hindari model rambut yang menambahkan terlalu banyak ketinggian pada bagian atas karena akan membuat wajahmu terlihat bujur.

Bentuk Wajah: Bulat
model rambut wanita
Foto: www.shutterstock.com

Wajah bulat mirip dengan wajah kotak, hanya memiliki angle yang lebih lembut. Bagian samping wajah sedikit melengkung ke luar, sementara dagu membulat dan tulang pipimu adalah bagian terlebar dari wajahmu. Chrissy Teigen, Jennifer Lawrence, Michelle Williams ada beberapa contoh selebriti yang mempunyai bentuk wajah ini.

Pilihan Model Rambut: Jika kamu memiliki wajah ini, model rambut wanita yang cocok adalah yang menciptakan ketinggian dan panjang. Ini akan membuat leher dan wajah terlebih lebih panjang. Sebut saja gaya long bob, bob sepanjang dagu, layer yang membingkai wajah, poni panjang. Hindari gaya yang terlalu tajam, keriting heboh, dan poni tebal. Biarkan rambutmu tergerai dan hindari menyelipkannya di belakang telinga.

Bentuk Wajah: Kotak
model rambut wanita
Foto: www.shutterstock.com

Jika kamu memiliki wajah kotak, maka baian samping wajah berbentuk lurus, dan garis rahang sedikit tajam dengan lekukan minimal. Wajahmu panjang dan lebar. Dengan kata lain, jika kamu mengukur dari ujung kening ke bagian di mana garis rahang dimulai, jaraknya kurang lebih sama dengan ukuran rahang kanan ke kiri. Kamu juga memiliki fitur yang tajam, angular, dan garis rahang yang tajam.

Siapa saja orang terkenal yang miliki bentuk wajah ini? Contohnya Angelina Jolie dan Sandra Bullock.

Pilihan Model Rambut: Model rambut wanita dengan bagian samping lebih penuh/volume dan lembut pada bagian ujung merupakan pilihan ideal. Misalnya, textured shag, layer panjang, model bergelombang, dan poni samping. Pilih belah sampin untuk menambah dimensi panjang pada wajah. Hindari rambut dengan potongan tajam pada bagian garis rahang dan poni terlalu mencolok.

Bentuk Wajah: Panjang
Foto: www.shutterstock.com

Bentuk wajah ini sering disebut “oblong” atau persegi panjang. Sama seperti bentuk wajah kotak, tapi lebih panjang. Lebar jidat, pipi, dan garis rahang nyaris sama dan dagu sedikit melengkung. Contohnya saja, Alexa Chung, Gisele Bündchen dan Liv Tyler.

Pilihan Model Rambut: Coba potong rambut yang lebar pada bagian tulang pipi untuk mengalihkan perhatian dari bentuk wajah yang panjang. Model rambut wanita dengan poni samping, sepanjang bahu atau bob sedagu, bergelombang, dan keriting adalah pilhan yang tepat. Hindari, rambut lurus tanpa volume atau rambut terlalu pendek

Langkah #3: Ini Model Rambut Wanita yang Cocok untuk Semua Bentuk Wajah

Adakah model rambut wanita yang cocok untuk semua bentuk wajah?

Jika ada satu potongan rambut yang terlihat bagus pada hampir semua orang, inilah dia. Sebagian menyebutnya “potongan rambut sempurna” karena cocok untuk segala bentuk wajah dan tekstur rambut. Juga bisa didandani sesuai dengan kepribadian dan gaya hidup.

Gaya rambut apa yang dimaksud? Model rambut yang potongannya antara dagu dan bahu. Model rambut wanita ini terlihat bagus ketika lurus, bergelombang, keriting, entah dikeringkan dengan angin atau hairdryer.

Selanjutnya: Ingin rambut lebih bervolume? Begini cara melakukannya tanpa hairdryer.