Mengandung Bahan Alami, Ini 9 Khasiat Minyak Tawon

minyak tawon
Foto: www.freepik.com

Ketika mengalami luka, terkadang minyak tawon menjadi andalan bagi beberapa orang. Sebab minyak gosok ini hanya perlu dioleskan langsung ke area kulit yang sakit. Karena lebih praktis, hal tersebut membuat pengobatan tradisional ini digemari oleh masyarakat dan dianggap memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan.

Apa Itu Minyak Tawon?

minyak tawon
Foto: www.canva.com

Minyak tawon merupakan salah satu minyak atsiri atau essential oil asli Indonesia. Keberadaan minyak urut ini juga sering kali digunakan untuk obat gosok yang dipercaya memiliki khasiat yang beragam serta tanpa memiliki efek samping. Ini semua berkat kandungan bahan alami yang ada di dalam minyak tawon.

Karena sesungguhnya, essential oil ini terbuat dari campuran rempah-rempah dan bahan alami, mulai dari minyak kelapa, kayu putih, minyak serai, jahe, kunyit, dan bawang merah. Meski bukan terbuat dari lebah, kata ‘tawon’ dalam produk ini berasal dari gambar tawon yang terletak pada bungkusnya. Sehingga akhirnya muncul sebutan khusus dari merek yang satu ini.

Manfaat Minyak Tawon

Foto: www.canva.com

berikut sembilan khasiat ajaib dari minyak gosok yang satu ini:

Bersifat antibakteri

Karena kandungan minyak kayu putih di dalamnya, maka minyak tawon juga bersifat antibakteri yang dapat bermanfaat untuk mengatasi luka. Nantinya, medicated oil ini juga mampu mencegah infeksi yang terjadi akibat luka. Oleh karena itu, kamu bisa mengoleskan minyak yang satu ini pada bagian tubuh yang terkena benda keras.

Studi lain mengungkapkan bahwa campuran antara minyak kayu putih dan minyak serai ternyata mampu secara efektif melawan 22 jenis bakteri. Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu membunuh bakteri Staphylococcus aureus dan Candida albicans yang bisa menyebabkan infeksi jamur pada manusia.

Mencegah gigitan nyamuk

Berkat kandungan minyak serai di dalamnya, ternyata hal tersebut membuat minyak tawon bisa mencegah gigitan nyamuk. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa bahan alami yang satu ini mampu memberikan perlindungan selama hampir enam jam.

Mengandung anti-inflamasi

Salah satu bahan aktif yang terkandung di dalam minyak tawon adalah kunyit. Menariknya, bumbu dapur yang satu ini merupakan senyawa anti-inflamasi alami yang dapat melawan peradangan. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan yang ada di dalam kunyit mampu mengatasi sindrom metabolik.

Memiliki sifat antijamur

Ternyata minyak esensial ini juga memiliki sifat antijamur tertentu yang dapat membantu melemahkan atau menghancurkan jenis jamur yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada 2013, aktivitas antijamur yang ada di dalam minyak serai dapat mengatasi jamur Aspergillus niger yang menyebabkan infeksi paru-paru dan sinus pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Menyembuhkan luka

Berkat anti-inflamasi yang terkandung pada medicated oil ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Ini mungkin menjadi khasiat yang sangat penting bagi penderita diabetes. Sebab, penyakit yang satu ini cenderung dapat membuat luka akan sembuh lebih lama.

Mengurangi nyeri sendi

Tak jarang, beberapa orang menggunakan minyak tawon sebagai obat gosok dan minyak urut untuk mengatasi nyeri otot maupun nyeri sendi. Untungnya, kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit dapat membantu mengatasi gejala arthritis atau radang sendi.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa efek kurkumin pada radang sendi ternyata dapat membantu memperbaiki berbagai gejala.

Gejala nyeri sendiri ini juga bisa berkurang akibat campuran kunyit dan jahe. Sebab, jahe mengandung lebih dari 100 senyawa aktif mulai dari gingerol, shogaol, zingiberene, dan zingerone yang dapat mengurangi peradangan di tubuh.

Melancarkan sirkulasi darah

Menariknya, kandungan minyak atsiri yang ada di dalam bawang merah juga ternyata mengandung anti kuman. Tidak berhenti sampai di situ, ekstrak dari bumbu dapur yang satu ini juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Mengobati flu

Sejak zaman dahulu, jahe sering kali digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional yang dapat menyembuhkan berbagai kondisi, mulai dari flu, batuk, dan migrain. Untungnya, minyak tawon memiliki kandungan jahe di dalamnya. Sehingga ketika kamu mengoleskan medicated oil ini pada tubuh, maka dapat membantu mengurangi beberapa gejala penyakit.

Mengurangi gejala mual

Ajaibnya, minyak yang mengandung serai ini juga dapat meningkatkan sistem pencernaan tubuh ketika dioleskan pada area perut. Sebab, kandungan minyak atsiri dari serai dapat melindungi lapisan lambung sehingga bisa membantu mengurangi gejala mual.

Cara Menggunakan Minyak Tawon

minyak tawon
Foto: www.unsplash.com

Jika kamu tertarik untuk mencoba mengaplikasikan minyak yang satu ini, maka cara pemakaiannya sangatlah mudah. Cukup oles dan gosokkan medicated oil ini sampai terasa panas pada kulit di area tubuh yang terasa sakit. Kemudian, ulangi pengolesan sebanyak beberapa kali dalam sehari.

Nantinya area yang terasa sakit pun akan berangsur membaik. Namun jika khawatir, maka kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terkait penggunaan minyak tawon yang aman.

Sejauh ini, belum terdapat penelitian yang menyatakan bahwa adanya efek samping dari penggunaan minyak tawon yang dioleskan secara topikal. Untuk itu, kamu bisa menggunakannya dalam kadar yang sedang dan cukup.

Kesimpulan

Foto: www.unsplash.com

Minyak yang unik ini memang telah digunakan selama berpuluh-puluh tahun untuk mengatasi berbagai macam kondisi kesehatan. Ini semua berkat kandungan bahan alami yang ada di dalamnya. Sehingga minyak esensial ini pun banyak digemari.

Tak hanya itu, penggunaannya pun cukup mudah, karena kamu hanya perlu mengoleskan produk tersebut pada area yang terasa sakit.