Micellar Water vs Cleansing Oil vs Makeup Remover: Pilih Mana?

Foto: www.freepik.com

Pertanyaan ini mungkin tidak serumit ‘bagaimana mencegah perang dunia ketiga’—tapi penting. Pilih mana antara tiga pembersih wajah ini: micellar water, cleansing oil dan makeup remover. Paling tidak bagi kita yang selama ini bingung memilih antar tiga produk itu. Salah satu atau pakai saja semuanya? Bagaimana dengan nasib kulit wajah?

Apa Fungsi Ketiganya dan Mana yang Terbaik?

Menurut dokter kecantikan Lisa Poniman, dipl.AAAM, micellar water tidak mengandung minyak sehingga tidak dianjurkan untuk membersihkan waterproof makeup. “Sebaiknya digunakan untuk light makeup berupa sunblock dan bedak tabur,” saran melalui pesan singkat.

Sementara cleansing oil, “mengandung bahan dasar oil sehingga berguna membersihkan heavy makeup berupa foundation, primer, dan waterproof makeup,” tambah Lisa. “Cocok untuk kulit normal dan cenderung kering.” Dan, “makeup remover diperuntukkan khusus mengangkat waterproof makeup. Biasanya bahannya mengandung water in oil atau oil in water.”

Dan manakah yang terbaik? Menurut dokter yang bekerja di Maharis Clinic Jakarta ini dari serangkaian pembersih wajah cleansing oil adalah yang terbaik. “Karena membersihkan dan mengangkat wajah sampai benar-benar bersih secara cepat tanpa membuat kulit wajah menjadi kering.”

Bagaimana Memilih Produk dan Rekomendasinya

Setelah menggunakan makeup seharian, sebelum tidur wajib membersihkan wajah agar tidak beruntusan. Untuk hasil optimal gunakan pembersih wajah sesuai kebutuhan dan pilihlah pembersih wajah yang terasa ringan dan nyaman bagi kulitmu.

Terlebih dahulu, ia menyarankan untuk mengetahui jenis kulit sendiri apakah normal, kering, kombinasi atau oily. “Untuk kulit normal cenderung kering, baik kombinasi ataupun oily bisa pakai cleansing oil misalnya, Shu Uemura atau Biore cleansing oil,” ujarnya.

Nah, bagi kamu pemilik kulit wajah yang rawan berjerawat, “kamu bisa pakai micellar water yang tidak mengandung alkohol, salah satunya produk Bioderma.”

Lisa menyarankan, setelah mengetahui jenis kulitmu, pastikan kandungan di dalam produk tersebut cocok untuk kebutuhanmu. “Untuk kandungan yang aman digunakan untuk wajah yaitu kandungan Butylene Glycol,” sebutnya.

Bagaimana Cara Mengaplikasikannya?

Menurutnya, untuk produk micellar water dan makeup remover tuangkan secukupnya pada kapas, usapkan pada wajah sampai benar-benar bersih.

“Untuk cleansing oil, tuangkan kurang lebih 2-3 pump pada tangan lalu bersihkan dengan kapas atau bilas dengan air hangat,” ungkapnya.

BELANJA REKOMENDASI PEMBERSIH WAJAH

Jika kamu sedang kebingungan mencari pembersih wajah yang cocok dengan kulitmu. Berikut serangkaian pembersih wajah yang LIMONE rekomendasikan.

Bioderma Sebium H20 Micellar Water

Bioderma terkenal sebagai salah satu pencetus micellar water, makanya tidak heran produk ini laris manis. Produk ini cocok bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak rentan berjerawat. Sekali usap mampu membersihkan kotoran dan makeup yang menempel secara mudah. Alhasil, wajah tampak bersih dan terasa menyegarkan.

L’oreal Micellar Water

Produk ini cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Formulanya berbahan dasar air sehingga mudah mengangkat light makeup dan tidak perih di mata. Pembersih wajah yang satu ini bertekstur ringan, dan terdapat kandungan yang khusus untuk membersihkan makeup, mengangkat kotoran, dan debu pada wajah.

Shu Uemura Cleansing Oil

Cara terbaik untuk menghapus pigmented waterproof makeup adalah dengan menggunakan oil-based remover. Salah satunya, produk dari Shu Uemura ini. Mengandung green tea dan Moringa untuk melawan kulit kusam dan penuaan dini pada wajah.

Biore Cleansing Oil

Kamu juga bisa gunakan Biore Cleansing Oil untuk membersihkan area mata, khususnya mengangkat makeup waterproof seperti maskara dan eyeliner. Tekturnya yang ringan dan lembut, tidak akan menyumbat pori-pori di wajah saat diaplikasikan. Namun, terdapat sedikit kandungan parfum dan alkohol, sehingga para pemilik kulit sensitif sebaiknya hati-hati.

Nivea Double Effect Makeup Remover

Jika kamu kesulitan membersihkan riasan mata, cobalah menggunakan pembersih wajah ini. Pembersih Nivea Double Effect, mampu bersihkan riasan mata dan bibir secara optimal hanya sekali usap. Produk ini juga ramah untuk semua jenis kulit wajah, jadi tak akan membuat wajah jadi berjerawat maupun beruntusan.

Make Over Makeup Remover

Bahan utamanya adalah air dan minyak sehingga menjadikannya pembersih makeup yang ampuh. Selain itu, tidak meninggalkan rasa lengket di wajah setelah pemakaiannya. Kocok dulu sebelum dipakai.

Garnier Micellar Water

Cocok untuk semua jenis kulit dan membersihkan kotoran di wajah dengan maksimal. Produk ini lembut di kulit sehingga aman jika digunakan untuk area mata.

Btw, ini segala sesuatu yang kamu tahu tentang acid.