Menurut Sains, Makanan Ini Bisa Mencegah Uban Prematur

Foto: www.unsplash.com

Uban memang bagian dari hidup. Benar ‘kan? Ketika uban datang, ada yang memilih memamerkannya atau mencatnya dengan warna lain. Keduanya oke—tidak ada yang salah atau benar. Terlebih menurut sains, uban itu genetik: semakin cepat orangtua, kakek/nenek kita ubanan, maka kemungkinan besar hal yang sama akan terjadi pada keturunannya. Tapi hei, jika kamu ingin melakukan pencegahan agar uban tidak datang terlalu dini—itu juga oke! Menurut sains, berikut beberapa makanan pencegah uban prematur.

Salmon

makanan pencegah uban
Foto: www.unsplash.com

Sains menunjukkan salah satu penyebab utama rambut abu-abu (baca: uban) adalah kekurangan makanan sehat. Salah satunya adalah vitamin D. Sebuah studi yang diterbitkan di The International Journal of Trichology menemukan anak-anak yang memiliki uban prematur memiliki level vitamin D yang rendah. Jadi, tambahkan salmon, ikan kembung, dan jenis ikan berlemak lainnya ke dalam menu harianmu sebagai makanan pencegah uban.

Telur

makanan pencegah uban
Foto: www.unsplash.com

Ah, telur—makanan super rendah hati yang mengandung banyak manfaat dan kebaikan. Penelitian yang sama dengan yang di atas, juga menemukan defisiensi B12 juga diasosiasikan dengan uban. Meski memang penelitian ini masih membutukan bukti lebih lanjut, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan kaya vitamin B12 seperti telur dan produk susu. Pasalnya, vitamin B12 berfungsi memproduksi sel-sel darah merah dan menjaga sistem saraf.

Lentil

makanan pencegah uban
Foto: www.freepik.com

Berkat kekurangan vitamin B9—yang juga disebut folic acid atau folate—rambut uban bisa datang lebih cepat. FYI, B9 memiliki tugas penting untuk memproduksi methionine, sebuah asam amino yang krusial untuk warna rambut dan juga membantu pembentukan DNA dan RNA. Lentil dan chickpea adalah dua jenis makanan yang memiliki konsentrasi B9 yang sangat tinggi. Dengan kata lain, makanan pencegah uban yang ampuh.

Rumput Laut

makanan pencegah uban
Foto: www.freepik.com

Siapa di sini yang suka memamah rumput laut? Yaaas, kamu sudah melakukan hal yang tepat untuk mempertahankan kehitaman rambutmu. Makanan enak ini adalah sumber kolagen sehingga memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Tidak hanya itu, rumput laut dan tumbuhan laut lainnya juga kaya akan zinc, vitamin A dan C, serta beta-carotene yang dikenal mampu menstimulasi pertumbuhan dan produksi rambut. Tidak heran jika elemen-elemen sering dimasukkan ke dalam sampo.

Hati

makanan pencegah uban
Foto: www.freepik.com

Yuhuuu, kabar baik untuk pecinta hati: bagian lezat dari hewan ini ternyata berada di tingkat teratas dalam daftar makanan pencegah uban. Pasalnya, hati kaya akan nutrisi yang membantu rambut sehat dan terpigmentasi dengan baik, termasuk vitamn B12, tembaga, zat besi, dan vitamin B9. Untuk B12 sendiri, semakin berumur bertambah maka kemampuan kita menyerap vitamin ini dari makanan akan berkurang. Padahal, seperti yang disebutkan di atas, kekurangan B12 bisa menyebabkan uban datang lebih cepat. Sementara itu, defisiensi zat besi dan tembaga juga mengakibatkan hal yang sama; dan kekurangan folic acid dihubungkan dengan defisiensi melanin, yang membuat warna rambut hilang. Hm, jadi pengen makan sambal hati ayam-kentang-petai. Atau, bubur ayam dengan satai hati. Sedap!

Dan berbicara tentang rambut sehat, ternyata memiliki rambut tebal tidak berarti lebih sehat. Bahkan bisa jadi, rambut tipis lebih sehat! Begini penjelasannya.