Cara Jenius agar Kaus Putihmu Tetap Putih (Bukan Kuning)

menjaga kebersihan kaus putih
Foto: www.shutterstock.com

Ini lencana kehormatan buatmu karena akhirnya kamu berhasil menemukan kaus putih terbaik di dunia! Sekarang yang perlu kamu cari tahu dan kuasai adalah bagaimana menjaga kebersihan kaus putih tersebut. Yap, memang susah banget. Oleh karenanya, berikut beberapa trik jenius yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kebersihan kaus putih kesayanganmu.

Jika Kamu Terlalu Malas, Gunakan OxiClean

ZARA – Kaus Popelin dengan Rimpel

Banyak yang menganggap produk ini adalah bubuk ajaib karena memang ampuh! Kamu hanya perlu: menambahkan satu sendok ke dalam rendaman baju—dan nikmati serial Netflix kesayanganmu sambil menunggu kaus putihmu kembali putih. Atau, campur dengan air hangat lalu gosok adonan tersebut di bagian yang terkena noda. Diamkan selama sejam, atau semalaman untuk noda yang super duper bandel. Oleh karena produk ini tidak mengandung klorin (komponen kejam yang terdapat di dalam pemutih), perlakuan OxiClean terhadap pakaianmu akan lebih lembut.

Jika Lemon Infused Water adalah Minumanmu Setiap Hari, Manfaatkan Lemon

Mango – Textured Knit T-Shirt

Pertama: mengaplikasikan jus lemon segar ke titik-titik yang rawan noda setiap kali setelah dipakai, bisa membersihkan kotoran atau keringat dan mengurangi risiko noda menumpuk. Kedua (yep, tidak hanya yang tadi): rendaman air lemon bisa mengurangi penampakan warna yang tidak merata. Kamu hanya perlu mengombinasikan 125ml dengan delapan liter air panas dan rendam pakaian selama satu jam. Lalu, cuci seperti biasa dan voilà, kausmu kembali ke penampakan awal sebelum terkena hujan, keringat dan badai.

Jika Dapurmu Memiliki Segalanya, Gunakan Cuka Putih

TOTON – White Linen Sleeveless Sulur Blouse

Kekurangan cuka putih: jika digunakan terlalu banyak, bajumu menguarkan asam (saat memakainya kamu seperti belum mandi tiga hari). Yikes. Untuk menghindari hal ini, tambahkan 1/2 gelas cuka putih dengan deterjen biasa. Hasilnya, kausmu tetap putih minus bau asam.

Jika Kamu Ingin Kausmu Berumur Lebih Panjang, Manfaatkan Sinar Matahari

Marks & Spencer – Pure Cotton Round Neck Short Sleeve T-Shirt

Mesin pengering pakaian memang salah satu penemuan terbaik di dunia ini, tapi jika digunakan terlalu sering kekuatan panas yang dihasilkannya akan membuat bajumu cepat rusak. Berbeda dengan matahari, panasnya yang alami akan membuat bajumu terlihat lebih putih dan lebih tahan lama.

Jika Ada Satu Hal yang Harus Selalu Kamu Lakukan: Pisahkan Baju Putihmu

Superdry – Orange Label Elite Crew Neck T-Shirt

Yep, bahkan ketika warna baju-baju lain tidak luntur. Atau, bahkan ketika baju-baju lain mengandung ‘sedikit’ warna putih. Pasalnya, pewarna dari baju-baju non-putih itu akan merembes dan bisa berpindah ke kaus putih kesayanganmu (atau ke pakaian lainnya). Jika kamu sering banget mencuci kemeja putihmu dengan bajumu yang berwarna abu-abu muda, jangan menangis saat melihat si putih mulai terlihat kusam dan kumal.

Itu cara menjaga kebersihan kaus putih. Dan ini arti semua dress code yang ada di dunia ini.

podcast button