Mengonsumsi Buah Ini Bisa Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Sinar UV

mengonsumsi anggur
Foto: www.pexels.com

Siapa di sini yang selalu menyetok buah anggur? Selamat, kamu sudah berada di jalan yang benar! Sebuah studi baru yang melibatkan manusia menemukan bahwa mengonsumsi anggur melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV (ultraviolet).

Untuk studi ini, para peneliti dari Universitas Alabama, Birmingham, menginvestigasi dampak mengonsumsi bubuk anggur utuh—setara dengan 2,25 gelas anggur per hari. Selama 14 hari para partisipan mengonsumsi buah ini dan dipaparkan dengan sinar UV.

Respons kulit subjek diukur sebelum dan sesudah mengonsumsi anggur selama dua minggu dengan menentukan dosis ambang radiasi UV yang memicu kemerahan kasatmata setelah 24 jam. Atau disebut Minimal Erythema Dose, yakni dosis sinar terendah yang bisa menyebabkan kemerahan pada kulit yang tidak memiliki penyakit tertentu.

Hasilnya? Konsumsi anggur bersifat melindungi. Setelah mengonsumsi anggur, dibutuhkan lebih banyak lagi paparan sinar UV untuk menyebabkan sunburn.

Selain itu, analisa biopsi kulit menunjukkan diet anggur dikaitkan dengan penurunan kerusakan DNA, lebih sedikit sel-sel kulit yang mati. Plus, penurunan penanda inflamasi, yang jika tidak diatasi, bisa merusak fungsi kulit dan berpotensi menyebabkan kanker kulit.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Senyawa alami bernama polifenol yang ditemukan di anggur diperkirakan menjadi penyebabnya.

Ah, polifenol. Sebelumnya, berbagai studi mengungkapkan anggur dan makanan lain yang mengandung polifenol juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

"Kami melihat efek fotoprotektif dengan konsumsi anggur dan kami bisa mengidentifikasi jalur molekular hal tersebut terjadi—dengan memperbaiki kerusakan DNA dan downregulation dari jalur proinflamasi," kata Craig Elmets, M.D, pemimpin studi. Downregulation adalah proses di mana sebuah sel menurunkan kuantitas komponen selularnya, seperti protein atau RNA, sebagai respons dari rangsangan eksternal.

"Anggur sepertinya berfungsi sebagai tabir surya yang bisa dimakan, memberikan perlindungan tambahan pada produk tabir surya yang dipakai secara topikal."

Oke, berhubung kamu sekarang sudah tahu kehebatan anggur. Jangan lupa mengonsumsinya dengan porsi yang tepat—sambil terus mengoleskan tabir surya dengan teratur.

Selanjutnya: Ini Panduan Memakai Tabir Surya.