Apa yang Membuat Mikroba Perut Bahagia? Alpukat

mengonsumsi alpukat
Foto: www.stocksy.com

Dari luar, alpukat memang bukan buah (yep, termasuk dalam kelompok ini)) yang paling atraktif. Namun, jika membicarakan soal nutrisi kandungannya, level buah ini sepertinya berada di level teratas. Itulah sebabnya dia termasuk dalam istilah populer "superfoods". Sebuah studi baru memperlihatkan bahwa mengonsumsi alpukat sehari-hari bisa meningkatkan kesehatan pencernaan.

"Kita tahu bahwa mengonsumsi alpukat bisa membuatmu lebih kenyang dan mengurangi konsentrasi kolesterol darah," kata Sharon Thompson, penulis utama studi ini. Meski begitu, kita tidak tahu efeknya pada mikroba pencernaan, dan metabolit yang diproduksi mikroba, kata Thompson. Nah, hal inilah yang ingin dicari tahu oleh para peneliti.

Berbeda dengan studi konsumsi alpukat lain yang fokus pada pengurangan berat badan, studi ini tidak membatasi atau mengubah apa yang partisipan makan. Mereka mengonsumsi makanan yang sama dengan pengecualian mengganti satu menu (entah itu sarapan, makan siang atau malam) dengan satu jenis makanan yang disediakan peneliti. Penelitian ini 163 orang dewasa (usia 25-45 tahun) yang memiliki kelebihan berat badan obesitas, tapi sehat.

Satu grup mengonsumsi alpukat setiap makan, sementara grup lain menikmati menu yang sama tapi tanpa alpukat. Selama 12 minggu, para partisipan menyediakan sampel darah, urine dan feses. Mereka juga melaporkan seberapa banyak makanan yang mereka habiskan, dan setiap empat minggu mencatat semua yang mereka makan.

Hasilnya? Mereka yang mengonsumsi alpukat setiap hari sebagai bagian dari menu makan memiliki jumlah mikroba pencernaan yang melimpah. Nah, mikroba ini menghancurkan serat dan memproduksi metabolit yang mendukung kesehatan pencernaan. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki mikroba yang lebih bervariasi.

Oh, FYI: "Metabolit mikrobial adalah senyawa yang diproduksi mikroba yang memengaruhi kesehatan," kata Thompson. "Konsumsi alpukat mengurangi asam empedu dan meningkatkan asam lemak rantai pendek. Dan ini berhubungan dengan kesehatan yang lebih baik."

Baca Juga :  FYI, Makan Apel dan Minum Teh Bisa Membantu Mengurangi Tekanan Darah

Kesimpulannya, mengonsumsi alpukat dan memasukkannya ke dalam menu makanan (entah itu sarapan, makan siang atau malam), akan membuat perutmu bahagia.

Selanjutnya: ini Definisi "Makanan Sehat".