Ini Penjelasan Mengapa Mood Kamu Kacau Setelah Mengalami Mimpi Buruk

mimpi buruk
Foto: www.gettyimages.com

Mood kamu pagi ini lumayan kelabu. Apakah ada hubungannya dengan mengalami mimpi buruk yang kamu tadi malam, saat kamu dikejar-kejar orang gila? Sebuah studi baru dari Jerman mendapatkan penjelasannya.

Dalam studi ini, para peneliti melibatkan 30 sukarelawan yang melaporkan mereka mengalami mimpi buruk yang sering. Lalu, para peneliti mengamati apakah mimpi buruk berdampak pada CAR atau cortisol awakening response. CAR adalah bagian dari ritme sirkadian yang menyebabkan lonjakan pada kortisol selama tidak lebih dari satu jam saat terbangun. Sebagai informasi, kita cenderung merilis lebih banyak kortisol ketika stres, dan produksi berlebih ini bisa menyebabkan naik-turun mood, berat badan bertambah, masalah pencernaan, dll.

Selama dua minggu, para partisipan menyediakan sampel air ludah dan menjawab sejumlah pertanyaan tentang tidur dan mimpi buruk mereka. Setelah melaporkan mendapatkan mimpi yang tidak menyenangkan, para peneliti membandingkan ukuran CAR peserta dengan ketika mereka mengalami mimpi biasa.

Seperti yang sudah bisa diduga, mimpi buruk tidak hanya menyebabkan lonjakan CAR, tapi juga mengakibatkan penurunan mood dan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini dibandingkan ketika mereka mendapatkan mimpi biasa. Para peserta melaporkan bahwa mereka merasa capek, sering bengong, dan kurang tidur di keesokan harinya.

Ah, sekarang kamu tahu mengapa merasa capek dan moody di pagi hari setelah semalam mengalami mimpi buruk.

“Penelitian ini memiliki implikasi untuk studi CAR pada umumnya,” kata penulis studi ini. Dan mungkin bisa digunakan untuk studi-studi yang lebih relevan, terutama pada populasi yang mengalami gangguan tidur kronis.

Jika kamu sering mengalami mimpi buruk, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Yakni, mengonsumsi suplemen magnesium. Atau pastikan temperatur di sekitar kamar tidur nyaman karena ruangan yang terlalu panas bisa meningkatkan risiko mengalami mimpi buruk. Atau, berolahraga untuk membakar energi, atau coba meditasi di pagi hari untuk menetralkan mood.

Sejumlahnya: Apakah arti mimpi berhubungan intim dengan bos? Ini penjelasan seorang psikolog. Dan ini tips tidur nyenyak dari seorang psikiater.

podcast button