Berencana Mendekorasi Ruang Tamu? Lima Furnitur Ini Harus Kamu Beli

Foto: www.unsplash.com

Mendekor ruangan di rumah bisa menyenangkan tapi juga kadang bikin kewalahan—terutama jika kamu tidak memiliki gelar atau pernah menempuh pendidikan desain interior. Memang sih, menggunakan jasa profesional selalu bisa dilakukan, tapi bagaimana jika danamu terbatas? Solusi: bertanya kepada teman yang berprofesi sebagai desain interior. Kedua, jika tidak punya teman dengan profesi itu, lihat Pinterest dan baca LIMONE. Intinya, jika saat ini kamu sedang berniat mendekorasi ruang tamu seorang diri, ingat satu prinsip: masukkan furnitur berukuran besar terlebih dahulu. Istilahnya, mereka adalah fondasi ruang tamu. Lalu, baca artikel di bawah ini. Dengan melakukan trik di bawah ini, ruang tamu impianmu akan menjadi kenyataan.

TEMUKAN KARPET YANG TEPAT

mendekorasi ruang tamu
Foto: www.architecturaldigest.com

Karpet tidak hanya berfungsi sebagai alas saat kita rebahan di depan TV, tapi keberadaannya bisa menyulap ruang tamumu menjadi *cantik atau meh (*pilih salah satu). Selain itu, furnitur ini juga bisa mengubah ruangan menjadi lebih nyaman dan meredam suara bising (yep, terutama saat kamu sedang menonton The Witcher dengan volume maksimal). Ada banyak pilihan karpet di luar sana, mulai dari yang bermotif grafis atau pola netral. Apa pun pilihanmu, yang pasti karpet ini akan sangat mempengaruhi atmosfer ruang tamu.

TEMPAT DUDUK ADALAH LANGKAH BERIKUTNYA

Foto: www.heydjangles.com

Sofa atau jenis tempat duduk yang kamu pilih adalah investasi terbesar kamu di ruang tamu. Jangan pelit saat membeli kursi, karena sejatinya mereka harus bisa tahan selama bertahun-tahun. Plus, ini adalah hal pertama yang tamumu perhatikan dan membuat mereka wah, wow, dan ah. Jika kenyamanan adalah faktor yang super duper penting untukmu, maka kursi duduk dengan model empuk dan membuatmu ingin rebahan di atasnya adalah opsi tepat. Atau jika ruang tamu adalah tempatmu menerima banyak tamu kenegaraan, tempat duduk dengan potongan formal, mungkin lebih baik. Apa pun pilihanmu, pastikan kursi ini muat, nyaman, dan mempercantik ruangan.

PASTIKAN MEJA MENJADI PRIORITAS SELANJUTNYA

mendekorasi ruang tamu
Foto: www.studio-mcgee.com

Di mana akan kamu letakkan keripik dan jus kesukaanmu saat sedang menonton Marriage Story untuk kesepuluh kalinya? Yaaap, pastinya di atas meja. Adakah cara lain untuk membuat ruang tamu lebih cakep? Tidak lain dan tidak bukan: keberadaan meja yang cakep. Tidak perlu besar, terutama jika ruang tamumu berukuran mini. Oh, apakah bekas pantat gelas membuatmu histeris? Sepertinya meja marmer bukan untukmu. Meja terbuat dari kaca atau kayu adalah pilihan yang lebih tepat.

DAN GORDEN… JUGA PENTING

Foto: www.architecturaldigest.com

Seandainya kamu tidak memiliki dana atau waktu untuk gorden pesanan, tersedia banyak gorden-siap-jadi yang akan membuat ruang tamumu seperti didesain oleh profesional. Hanya pastikan gorden yang kamu beli memenuhi tiga fungsi utamanya: 1) memblok sinar matahari, 2) memberikan privasi, 3) mempercantik ruangan.

TERAKHIR, TAPI TAK KALAH PENTING: LAMPU

mendekorasi ruang tamu
Foto: www.architecturaldigest.com

Prinsipnya adalah lampu yang kamu pilih seharusnya memberikan penerangan lembut, bukan membuat sakit mata. Tidak hanya itu, lampu-lampu pilihan ini juga akan menambahkan karakter dan dimensi pada ruang tamu—jadi pilih dan kombinasikan berbagai jenis lampu. Chandelier dengan lampu meja, lampu lantai atau lampu dinding. Lampu-lampu kecil bisa diletakkan di dekat art wall kesayanganmu, sementara lampu yang lebih besar untuk membuat atmosfer lebih nyaman.

Itu trik mendekorasi ruang tamu yang wajib kamu ingat, dan jangan lupa menambahkan speaker ini di ruang tamu. Lalu, ini adalah tips menghiasi kamar tidur anak.

podcast button