5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 13 Desember 2019

Foto: www.canva.com

Hola, selamat pagi! Apakah kamu dan laki-laki terdekat di dalam hidupmu sudah mencoba chair challenge? FYI, tantangan ini sudah eksis sejak tahun 1970an! Dan ada banyak konspirasi teori mengapa katanya laki-laki kesulitan dan perempuan dengan lancarnya bisa menunaikan tantangan itu. Misalnya saja anggapan bahwa semua itu ada hubungannya dengan pusat massa laki-laki yang berbeda (perempuan di sekitar pinggul, laki-laki di bagian tubuh lebih atas). Atau ada juga yang mengatakan bahwa itu karena ukuran sepatu perempuan yang lebih kecil. Alhasil, meski melangkah tiga kali ke belakang, mereka tetap berada lebih dekat dengan dinding. Phiuuh, rasanya masih terlalu pagi untuk membicarakan konspirasi teori, ya. Setuju? Secangkir kopi dulu deh, ya—dan lakukan peregangan otak dengan membaca lima hal penting di bawah ini.

Lukisan gua berumur 44.000 tahun ditemukan di Sulawesi Selatan.

Ini berarti adalah seni batu tertua yang diciptakan oleh manusia. Selain itu, yang membuat lukisan ini menarik karena memperlihatkan satu grup figur yang penampakannya setengah hewan, setengah manusia hibrida yang dikenal dengan nama therianthropes. Di dalam lukisan tersebut, therianthropes sedang memburu babi kutil dan kerbau kerdil (anoas) menggunakan tombak dan tali. Menurut studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Griffith University (Australia) itu, karya ini mengandung komponen “kognisi modern” dan “spiritualitas manusia”. Sayangnya, kondisi karya seni ini semakin memburuk sehingga para peneliti ingin merekamnnya dengan menggunakan teknologi laser 3D. Baca berita lengkapnya di sini.

Pemerintah Surabaya akan mendirikan sekolah di bekas kawasan Dolly.

Kabar ini disampaikan oleh perwakilan Pemkot Surabaya yang juga mengatakan bahwa rencana ini akan direalisasikan tahun depan. Rencananya, di kawasan tersebut akan dibangun gedung persekolahan untuk SD dan SMP. Sebelumnya, Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan, Pemkot Surabaya sudah melakukan pembebasan sejumlah lahan di eks lokalisasi Dolly tersebut. Untuk tahun 2020, sebanyak 21% dari APBD Kota Surabaya akan diberikan kepada sektor pendidikan. Baca berita lengkapnya di sini.

Kenaikan iuran BPJS akan tetap dilakukan tahun depan.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang juga mengungkapkan kenaikan iuran harus dilakukan karena defisit diproyeksi mencapai Rp 16 triliun. Namun agar tidak terlalu memberatkan peserta BPJS, ada beberapa skema alternatif yang diusulkan, misalnya pemberian subsidi pemerintah atas selisih kenaikan iuran JKN pada peserta PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah) dan BP (Bukan Pekerja Kelas III). Akan tetapi kepastian usulan mana yang akan dipakai, masih menunggu jawaban dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Baca berita lengkapnya di sini.

Pengadilan memerintahkan pemerintah Jepang untuk membayar kompensasi 1,32 juta Yen terhadap seorang pegawai negara transgender.

Pengadilan Tokyo mengatakan bahwa adalah sesuatu yang ilegal jika atasan mengatakan “jadi laki-laki lagi” kepada seorang pegawai transgender. Selain itu, pengadilan juga memerintahkan untuk memberikan kebebasan sepenuhnya kepada karyawan tersebut untuk menggunakan toilet perempuan di kantornya. Keputusan ini merupakan hasil dari tuntutan yang diajukan oleh seorang pegawai Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri pada November 2015. Pasalnya, dirinya tidak boleh menggunakan toilet perempuan di kantornya, tapi harus memakai toilet untuk disabilitas atau toilet lain yang berjarak jauh dari departemennya. Keputusan ini merupakan sebuah kemenangan bagi komunitas transgender di Jepang yang selama ini dimarginalkan. Baca berita lengkapnya di sini.

Siapa perempuan paling berpengaruh di dunia?

Kata kunci: kanselir Jerman. Yep, Forbes menobatkan Angela Merkel sebagai perempuan paling berpengaruh di dunia tahun ini. “Sikap teguh, tidak tunduk pada Donald Trump dengan mengijinkan lebih dari satu juta pengungsi Suriah masuk ke Jerman” merupakan alasan publikasi tersebut memberikan predikat tersebut. Ini merupakan tahun kesembilan Merkel berada di posisi teratas. Sementara posisi kedua diduduki oleh Christine Lagarde, presiden European Central Bank yang sebelumnya menjabat sebagai direktur pelaksana IMF. Greta Thunberg yang baru saja dinobatkan majalah TIME sebagai Person of the Year berada di urutan ke-100. Baca berita lengkapnya di dunia. Baca berita lengkapnya di sini.

Sudah membaca lima hal penting di atas? Ini satu hal yang wajib dibaca sebelum kopi habis—atau menantang orang lain melakukan chair challenge.

podcast button