5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 19 Desember 2019

membaca berita menarik
Foto: www.canva.com

Hi! Apakah kamu masih ingat: aplikasi apa yang kamu unduh saat pertama kali memiliki smartphone? Sebuah daftar ‘aplikasi paling banyak diunduh sepanjang dekade ini’ baru saja dirilis dan… hasilnya lumayan bikin merinding. Di urutan satu sampai empat, terdapat aplikasi yang dimiliki oleh Facebook, Inc. Yep, benar banget: Facebook, Facebook Messenger, WhatsApp Messenger dan Instagram. Horor, ya. Sepertinya bisa dibilang Mark Zuckerberg adalah penguasa jagat raya ini. Sementara, aplikasi berbayar yang paling banyak diunduh adalah Netflix (#1) dan, diikuti oleh ehm… Tinder. Well, selamat membaca berita menarik di bawah ini.

Pemerintah India memberlakukan aturan darurat: dilarang berkumpul dan bergerombol di Delhi.

Larangan ini dikeluarkan menyusul protes nasional yang semakin ekstrim yang menyebabkan polisi dan para demonstran terluka. Sudah seminggu berlalu sejak undang-undang kewarganegaraan terbaru berlaku tapi tidak ada tanda-tanda protes akan mereda. Undang-undang tersebut ditentang karena dinilai mendiskriminasikan Muslim. Di bawah undang-undang baru ini, 10 ribu migran beragama Hindu, Kristen, Buddha, Sikh dari Bangladesh, Pakistan dan Afganistan diperbolehkan untuk mengklaim kewarganegaraan india. Kebijakan ini tidak berlaku bagi Muslim karena menurut pemerintah, mereka bukanlah kaum minoritas yang terancam di negara-negara tersebut. Baca berita lengkapnya di sini.

Indonesia berencana mengekspor beras ke China.

Hal ini disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin yang juga mengatakan ekspor tersebut ditargetkan pada Maret 2020. Syahrul menyatakan target ekspor beras ke China bisa menyentuh angka 100.000 ton. Saat ini, pemerintah sedang mempersiapkan lahan dan bibit terbaik untuk beras yang akan diekspor. Nantinya, beras yang diekspor adalah beras berkualitas premium. Baca berita lengkapnya di sini.

Presiden Jokowi memerintahkan kabinetnya untuk mempercepat pembangunan ibukota dengan model ala “Silicon Valley”.

Proyek dengan dana $33 miliar ini akan mulai dikerjakan tahun depan di pulau Kalimantan dan diperkirakan selesai pada 2023. Jokowi berharap ibukota negara baru ini bisa menjadi layaknya ‘Silicon Valley’ karena berbagai fasiilitas penelitian dan inovasi yang mendominasi kota tersebut. Tenggat waktu ini satu tahun lebih cepat dari rencana sebelumnya. Pada Selasa kemarin, Jokowi meninjau pembangunan ibukota negara baru di Kalimantan yang memiliki luas 256.000 hektar. Terkait dengan pemindahan ibukota negara ini, sebagian pihak antusias tapi di sisi lain tidak sedikit juga yang skeptis. Terutama, mempertanyakan dampaknya bagi lingkungan dan sumber dana untuk membiayai pembangunan tersebut. Baca berita lengkapnya di sini.

Jurnalis Jepang memenangkan gugatan perdata atas sebuah kasus pemerkosaan.

Pengadilan Tokyo memerintahkan jurnalis televisi Noriyuki Yamaguchi membayar 3,3 yen ($43,960) akibat kerusakan kredibilitas dan nama baik yang diderita oleh Shiori Ito. Ito adalah seorang jurnalis lepas yang menjadi terkenal karena menjadi pelopor dari gerakan #MeToo Jepang. Kepada polisi, Ito (30 tahun) melaporkan bahwa Yamaguchi telah memerkosa dirinya saat dalam keadaan tidak sadarkan diri di tahun 2015. Akan tetapi, jaksa penuntut umum memutuskan tidak menuntut Yamaguchi. Itulah sebabnya, Ito mengajukan gugatan perdata pada tahun 2017. Keputusan pengadilan Tokyo ini disambut baik oleh organisasi pejuang hak kaum wanita di Jepang, sebuah negara di mana korban pelecehan seksual sering kali memilih untuk tetap diam karena malu dan takut disalahkan. Baca berita lengkapnya di sini.

Instagram baru saja merilis fitur terbarunya: Layout.

Fitur ini akan memungkinkan penggunanya memasukkan sampai enam gambar dalam satu ungguhan Story. Fitur ini diprediksi akan membuat penghuni dunia Instagram senang karena selama ini mereka harus menggunakan aplikasi tambahan jika ingin mengunggah beberapa foto dalam satu Story. Begini cara menggunakannya: pastikan Instagram di ponsel merupakan versi terbaru. Lalu, masuk ke bagian “home” dan kik kamera di bagian kiri atas untuk membuat Story. Pada bagian bawah layar, ganti seting menjadi “Layout“. Dan silakan mulai membuat Story dengan beberapa foto. Baca berita lengkapnya di sini.

Membaca berita menarik itu memang menyenangkan. Satu lagi hal yang patut kamu baca pagi ini: rahasia pernikahan awet dan bahagia dari pasangan tertua di dunia.

podcast button