Sarung Tangan Lebih Efektif Dibandingkan Masker, Kata Ahli

sarung tangan
Foto: www.gettyimages.com

Rekomendasi dari seorang ahli: selain memakai masker, usahakan pakai sarung tangan. Alasannya? Memakai sarung tangan memberikan perlindungan lebih terhadap terkena coronavirus dibandingkan menggunakan masker.

John Cherrie, profesor emeritus kesehatan manusia di Heriot-Watt University, Edinburgh, Skotlandia, mengatakan pada Telegraph bahwa dengan memakai sarung tangan, kecenderungan seseorang menyentuh wajah semakin kecil. Dan seperti yang kita tahu, salah satu cara paling umum terinfeksi coronavirus adalah karena kita menyentuh wajah setelah tangan menyentuh permukaan yang sudah terkontaminasi.

Sebelumnya, di sebuah esai yang diterbitkan di Annals of Work Exposures & Health awal bulan ini, Profesor Cherrie dan Sean Sempel, seorang profesor asosiat di University of Stirling, menuliskan ada tiga cara paling umum seseorang terinfeksi COVID-19. Pertama, lendir droplet dari batuk dan bersin mendarat langsung di wajah kita. Kedua, perpindahan partikel virus dari area yang terkontaminasi ke wajah melalui kontak tangan-ke-mulut. Ketiga, menghirup droplet sangat kecil dari lendir yang terkontaminasi dan tersuspensi di udara.

“Dan rute paling penting adalah tangan yang sudah terkontaminasi,” katanya.

Oleh karena itu, menurutnya, sarung tangan bisa mencegah kita menyentuh wajah. Pasalnya, saat menggunakan sarung tangan kita lebih menjadi lebih sadar dengan apa yang sedang tangan lakukan. Dan biasanya, ketika kita memakai sarung tangan, kita lebih jarang menyentuh hidung, mulut, dan mata.

Intinya: “Apa pun yang bisa meminimalisir kontak tangan-ke-wajah sebaiknya digunakan.”

Menurutnya, meski masker menyediakan perlindungan, tapi sering kali tidak efektif. Ini bisa “baik karena tidak ada virus di udara atau masker tersebut tidak dipasang dengan benar.”

Sejumlah ahli lain juga memiliki pendapat senada dengan Profesor Cherrie, yakni menggunakan masker dan sarung tangan adalah metode perlindungan terbaik. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah memakai masker dan sarung tangan. Dan pastinya… cuci masker kainmu secara teratur. Dan juga ganti masker biasa dan sarung tangan secara teratur.

Selanjutnya: psikolog memberikan tips menjaga kesehatan mental di masa pandemik COVID-19.