10 Resep Masker Alami untuk Atasi Kulit Wajah Kusam

masker wajah alami untuk kulit kusam
Foto: www.stocksy.com

Memiliki wajah kusam memang menyebalkan. Hal ini bisa disebabkan oleh beragam hal seperti polusi udara, kurang tidur, dan pola hidup yang tidak sehat. Namun kamu tak perlu khawatir, karena ternyata menggunakan masker dengan bahan alami dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit wajah yang kusam. Atau lebih tepatnya, masker alami untuk kulit kusam kamu (iya, kamu).

Berasal dari buah-buahan hingga sayuran, masker alami ini memiliki berbagai kandungan yang dapat menyehatkan kulit. Selain itu, kamu juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut 10 bahan alami yang dapat mencerahkan wajah kusammu.

Kentang

Foto: www.pinterest.com

Kentang memiliki kandungan gizi yang beragam seperti karbohidrat, lemak, serta vitamin. Ternyata kentang juga dapat memberikan manfaat pada kulit wajahmu.

Potong kentang menjadi dua bagian, lalu gunakan setengah bagian tersebut dengan memarutnya. Siapkan 2 sendok makan plain yoghurt dan 1 sendok makan jus lemon. Kemudian campurkan semua bahan dan oleskan dari wajah hingga ke area lehermu. Biarkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air dingin. Campuran ketiga bahan ini akan membantu menghilangkan kulit kusam.

Alpukat

Foto: www.pinterest.com

Alpukat memiliki beragam manfaat yang dapat digunakan dari ujung rambut hingga ujung kaki, termasuk pada kulit wajah. Hal ini karena ada begitu banyak nutrisi yang terkandung dalam alpukat. Di antaranya kandungan vitamin A pada alpukat yang dapat membantu membersihkan wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk itu masker alami dengan kandungan alpukat cocok digunakan untukmu yang memiliki kulit wajah kusam. 

Tumbuk ½ alpukat sampai halus, campurkan 1 sendok makan plain yoghurt dan aduk sampai rata. Oleskan pada wajahmu dan tunggu hingga 15 menit, dan jangan lupa untuk membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Baca Juga :  Menjelang 2021, Ini 12 Warna Kuteks yang Akan Mempercantik Kukumu

Kopi

masker wajah alami untuk kulit kusam
Foto: www.pinterest.com

Untukmu yang tidak bisa minum kopi, kamu tetap bisa menggunakan kopi sebagai masker wajah. Kandungan kafein pada kopi ini akan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati yang ada pada wajahmu.

Campurkan 1 sendok makan bubuk kopi halus dengan 2 sendok makan madu serta satu sendok teh air dingin. Oleskan campuran ini pada wajahmu, dan pijat secara lembut dengan gerakan memutar. Biarkan masker mengering selama 30 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

Tomat

Foto: www.pinterest.com

Tomat memiliki kandungan nutrisi yang beraneka ragam, mulai dari antioksidan hingga vitamin. Untuk kamu yang berkulit kusam, beberapa kandungan dari tomat dapat membantumu mencerahkan kulit wajah. Sementara campuran masker tomat dan gandum dapat membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati.

Potong tomat menjadi dua bagian lalu ambil setengah bagian tersebut dan haluskan. Kemudian campurkan dengan 1 sendok makan oat dan 1 sendok makan plain yoghurt. Oleskan masker ke wajah sampai area leher, jangan lupa untuk memijatnya secara lembut. Biarkan mengering hingga 20 menit, kemudian basuh dengan air hangat.

Timun

masker wajah alami untuk kulit kusam
Foto: www.pinterest.com

Selain enak untuk dimakan, mentimun ternyata juga dapat dijadikan masker wajah. Hal ini disebabkan kandungan yang terdapat dalam mentimun seperti air, vitamin C, vitamin K serta vitamin A. Dengan kandungan yang beragam, mentimun dipercaya dapat menyegarkan wajah sampai mencerahkan wajah.

Kamu bisa membuat masker mentimun dengan mencuci mentimun terlebih dahulu. Kemudian parut setengah timun dan campurkan dengan 2 sendok plain yoghurt. Aduk parutan timun dan yoghurt hingga rata. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu kamu bisa membilasnya menggunakan air hangat.

Lemon

masker wajah alami untuk kulit kusam
Foto: www.pinterest.com

Lemon dipercaya dapat membantu mencerahkan wajah. Kandungan vitamin C pada lemon juga digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit. Untuk itu kamu bisa menggunakan lemon sebagai masker alami untuk wajah kusam. 

Baca Juga :  14 Rekomendasi Lip Balm untuk Bibir Pecah-pecah

Campurkan 1 sendok makan perasan lemon dengan 3 sendok makan jus timun. Aduk hingga larutan berubah menjadi warna kuning. Oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas seperti menggunakan toner. Kemudian biarkan hingga 15 menit agar masker alami ini menyerap. Lalu bilas menggunakan air dingin.

Pepaya

masker wajah alami untuk kulit kusam
Foto: www.pinterest.com

Buah yang kaya akan enzim dan vitamin E, A, B, dan C ini memiliki beragam manfaat, salah satunya untuk menghilangkan kulit kusam. Kandungan enzim dalam pepaya dapat berfungsi sebagai eksfoliator yang membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati.

Kamu bisa membuat masker wajah alami dengan menggunakan pepaya. Caranya, haluskan ½ papaya, kemudian campurkan dengan 1 sendok teh madu dan 1 putih telur yang telah dikocok. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Stroberi

Foto: www.pinterest.com

Stroberi merupakan buah yang kaya akan vitamin E dan C, yang mana kedua kandungan ini sangat dibutuhkan untuk mencerahkan kulit. Kamu dapat membuat masker wajah dengan bahan dasar stroberi untuk membantu menghilangkan wajah kusam dan mengecilkan pori-pori wajah.

Kamu bisa menghaluskan stroberi kemudian mencampurnya dengan 1 sendok makan tepung beras dan 3 sendok makan plain yoghurt. Aduk hingga rata dan oleskan ke wajahmu. Tunggu hingga 20 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Lidah Buaya

masker wajah alami untuk kulit kusam
Foto: www.pinterest.com

Enzim yang terkandung pada lidah buaya dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit wajah, salah satunya adalah mencerahkan kulit. Kamu bisa menggunakan lidah buaya sebagai masker alami untuk membuat kulit wajahmu tidak kusam. 

Campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya dengan 2 sendok makan jus tomat. Kemudian aduk hingga rata dan aplikasikan masker pada wajah selama 15 menit. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air hangat. 

Daun Mint

Foto: www.pinterest.com

Daun mint memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga menggunakan masker dengan bahan dasar alami dari daun mint dapat membantu mencerahkan kulit wajahmu yang kusam. 

Baca Juga :  12 Rekomendasi Masker Organik agar Kulit Sehat dan Tidak Kusam

Haluskan daun mint dengan parutan kunyit dan campurkan dengan air mawar. Aduk hingga rata kemudian oleskan pada wajah hingga bagian leher. Tunggu hingga 15 menit dan bilas dengan air.

Selanjutnya: 14 Masker Kulit Organik Terbaik.