Berapa Lapis Masker Kain Rumahan agar Efektif? Minimal Dua

masker kain rumahan
Foto: www.gettyimages.com

Jika yang kamu pakai sekarang adalah masker kain untuk melindungi diri dan orang lain dari COVID-19, wajib tahu informasi terbaru ini. Menurut sebuah studi baru, masker kain rumahan membutuhkan minimal dua lapis, atau bahkan tiga, untuk lebih efektif.

Seperti yang kita tahu, pemakaian masker kain didorong oleh banyak ahli karena keterbatasan masker operasi.

Diterbitkan di jurnal Thorax, peneliti dari Australia ini membandingkan penutup wajah kain berlapis satu dan dua (175 g//m² bahan katun, dengan hitungan benang 170 inci) dengan 3ply masker wajah operasi (Bao Thach). Masker ini dibandingkan dalam hal keefektifannya dalam mengurangi penyebaran droplet.

Para peneliti menggunakan sistem penyinaran LED yang diciptakan khusus dan kamera kecepatan tinggi untuk memfilmkan penyebaran airborne droplet yang diproduksi oleh orang sehat tanpa infeksi respiratori. Orang sehat ini divideokan saat berbicara, batuk, dan bersin sambil memakai setiap tipe masker wajah.

Hasilnya? Rekaman video memperlihatkan bahwa 3-ply masker wajah operasi merupakan yang paling efektif mengurangi penyebaran airborne droplet. Masker kain? penelitian ini menunjukkan bahkan masker kain satu lapis juga bisa mengurangi penyebaran droplet saat pemakainya berbicara.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan satu lapis, masker dua lapis lebih baik dalam mengurangi penyebaran droplet saat seseorang batuk dan bersin.

Meski begitu, para peneliti ini menekankan bahwa ini hanyalah satu aspek, masih ada beberapa faktor lain yang juga memegang peranan penting dalam menentukan keefektifan masker kain. Dalam hal ini faktor bahan yang digunakan, desain dan pas atau tidak, serta frekuensi dicuci.

Kesimpulannya: berdasarkan observasi, para peneliti menyimpulkan bahwa masker kain rumahan dengan minimal dua lapis lebih baik dibandingkan satu lapis. “Panduan pembuatan masker kain rumah harus memasukkan syarat memiliki lapisan berganda ini,” tulis mereka dalam rilisan pers.

Mereka juga menekankan bahwa dibutuhkan lebih banyak lagi penelitian tentang desain masker kain yang lebih aman.

Selanjutnya: Trik yang hanya memerlukan satu detik ini juga bisa mengetahui apakah maskermu efektif.

podcast button