5 Bahan Kandungan dalam Wortel yang Dapat Bermanfaat Bagi Tubuh

Manfaat wortel
Foto: www.rawpixel.com

Siapa yang tidak mengenal bahan makanan yang satu ini? Sayuran berwarna oranye yang digemari oleh kelinci  ini ternyata memiliki beragam kandungan yang memberikan dampak baik bagi tubuh. Salah satu manfaat wortel yang paling terkenal tentunya dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Namun, adakah manfaat lain dari wortel? Tetap di laman ini untuk mengetahui beragam kegunaan wortel pada tubuh.

Apa Itu Wortel?

Foto: www.freepik.com

Wortel merupakan sumber beta karotin, serat, vitamin K1, kalium, antioksidan yang baik bagi tubuh. Ini menjadikan sayuran yang berwarna oranye ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan, seperti penurunan berat badan, kadar kolesterol, dan meningkatkan kesehatan mata.

Nutrisi wortel

Kadar air dalam wortel berkisar antara 86-95% dan mengandung sedikit lemak serta protein. Pada 2 wortel dengan ukuran yang kecil, mengandung 41 kalori, 88% air, 0,9 gram protein, 9,6 gram karbohidrat, 4,7 gram gula, 2,8 gram serat, dan 0,2 gram lemak.

Karbohidrat

Sebagian besar kandungan dari wortel berisikan air dan karbohidrat. Karbohidrat yang terdiri dari sukrosa dan glukosa ini merupakan sumber serat yang baik. Indeks Glikemik (GI) dalam wortel tergolong rendah, hanya berkisar antara 16–60 pada wortel mentah, dan sedikit lebih tinggi pada wortel matang. Hal ini membuat wortel dapat memberikan banyak manfaat kesehatan ketika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Serat

Pektin merupakan bentuk utama dari serat larut yang ada di dalam wortel, yang dapat menurunkan kadar gula darah. Kandungan ini juga dapat memberi makan bakteri baik yang ada di usus halus, sehingga bisa meningkatkan sistem pencernaan dan menurunkan risiko penyakit.

Vitamin dan mineral

Wortel merupakan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral, mulai dari biotin, kalium, vitamin A, K1, dan B6. Biotin yang terkandung dalam wortel menjadi nutrisi yang berperan penting dalam proses metabolisme lemak dan protein. Sementara vitamin A ini dapat meningkatkan penglihatan yang baik dan menjadi nutrisi penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin K1 yang dikenal sebagai phylloquinone berfungsi untuk pembekuan darah dan dapat meningkatkan kesehatan tulang. Selain itu, kalium menjadi hal yang penting untuk mengontrol tekanan darah.

Antioksidan

Wortel juga menawarkan karotenoid, yang merupakan zat dengan aktivitas antioksidan kuat yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan mengurangi risiko penyakit, termasuk jantung dan jenis kanker tertentu. Lutein yang terkandung dalam wortel merupakan salah satu antioksidan yang dapat bermanfaat untuk kesehatan mata. Sementara likopen atau antioksidan merah ini dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Apa Manfaat Wortel?

Foto: www.unsplash.com

Selain dapat menjaga kesehatan mata, tentunya sayuran ini juga memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan tubuh.

Mengurangi risiko kanker

Makanan yang kaya akan karotenoid dapat berfungsi untuk membantu melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker, termasuk prostat, usur besar, dan perut. Perempuan dengan tingkat sirkulasi karotenoid yang tinggi juga memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah.

Menurunkan kolesterol darah

Tingginya kadar kolesterol darah yang tinggi menjadi salah satu faktor risiko penyebab penyakit jantung. Kandungan nutrisi dalam sayuran berwarna oranye ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Menurunkan berat badan

Sebagai makanan yang rendah kalori, salah satu manfaat dari wortel adalah dapat meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan asupan kalori pada makanan selanjutnya yang akan dikonsumsi. Untuk itu, sayuran yang satu ini dapat menjadi makanan tambahan yang berguna untuk menurunkan berat badan.

Kesehatan mata

Rendahnya kandungan vitamin A pada tubuh dapat mengakibatkan rabun senja. Kondisi ini apat diatasi dengan mengonsumsi wortel atau makanan lain yang kaya akan vitamin A atau karotenoid. Tidak hanya itu, karotenoid juga dapat mengurangi risiko degenerasi macula yang disebabkan oleh faktor usia.

Baik untuk jantung

Wortel merah dan oranye mengandung likopen atau antioksidan yang dapat melindungi jantung, membuat sayuran yang satu ini dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol pada tubuh.

Melindungi kulit

Meski tidak seefektif penggunaan tabir surya, namun betakarotin dan antioksidan likopen dapat membantu melindungi kulit agar terhindari dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari. Selain itu, satu cangkir jus wortel juga menyediakan 20% vitamin C yang dapat memberikan elastisitas dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Apakah Wortel Aman untuk Dikonsumsi?

Manfaat wortel
Foto: www.rawpixel.com

Menanam wortel dapat dilakukan dengan metode alami atau organik, dan konvensional. Meski sebuah studi tidak menemukan perbedaan nutrisi dari perbedaan cara menanam wortel, namun makanan favorit kelinci yang ditanam secara konvensional mengandung residu peptisida yang dapat menyebabkan efek kesehatan jangka panjang.

Pada beberapa orang, mengonsumsi karotin dengan jumlah yang banyak dapat menyebabkan kulit berubah warna menjadi sedikit oranye atau kuning. Selain itu, wortel juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang memiliki alergi terhadap serbuk sari.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Wortel?

Manfaat wortel
Foto: www.freepik.com

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk mengonsumsi wortel, yakni untuk tubuh dan kulit.

Untuk tubuh

Sayuran yang satu ini dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Baik dimakan secara langsung, direbus bersama dengan sayuran lain, atau dibuat jus dengan tambahan madu. Namun biasanya, jus wortel menjadi minuman digemari oleh banyak orang.

Salah satu cara mengonsumsi jus wortel yang bisa kamu buat sendiri di rumah adalah mencampurkan wortel dengan tomat. Untuk membuatnya, kamu bisa menyiapkan 2 buah wortel, 3 buah tomat, 2 sendok makan gula pasir, dan kental manis putih secukupnya. Setelah itu campur semua bahan dan haluskan dengan menggunakan blender. Namun tak hanya tomat, jus wortel juga dapat dicampurkan dengan apel, seledri, dan lemon.

Untuk kulit

Sementara untuk mendapatkan manfaat wortel pada kulit, kamu bisa menggunakan masker wajah yang terbuat dari wortel. Kandungan kalium yang ada di dalam wortel dapat membantu melembapkan kulit kering. Untuk mendapatkan masker wortel, kamu dapat membuatnya dengan mudah.

 Siapkan 2 sendok teh parutan wortel, 1 sendok teh madu, dan 3-4 tetes minyak zaitun. Campurkan semua bahan hingga rata, kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah dan leher. Setelah didiamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Namun perlu dipastikan bahwa kamu telah melakukan uji coba sebelum mengaplikasikannya pada wajah. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari munculnya efek samping dari alergi yang ditimbulkan.

Produk Rekomendasi

Tidak hanya masker, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung wortel.

The Body Shop Carrot Wash Energising Face Cleanser

Mengandung wortel organik dari UK, pembersih wajah ini dapat membantu untuk mengurangi kulit yang lelah setelah beraktivitas seharian. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat melanjutkan rangkaian perawatan wajah The Body Shop selanjutnya dengan  menggunakan Creamy Nature Rich Daily Moisturizer yang dapat melembapkan dan melindungi kulit dari polusi.

Shiseido Waso Color-Smart City Moisturizer Oil-Free

Pelembap harian ini berfungsi untuk mencerahkan sekaligus menghidrasi kulit. Mengandung SPF 30, membuat produk ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tak hanya itu, moisturizer ini juga mengandung sel utuh wortel yang dapat melindungi wajah dari kekeringan. Dengan formula yang lembut, membuat pelembap ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

It’s Skin The Fresh Mask Sheet Carrot

Masker wajah yang satu ini mengandung ekstrak wotel yang kaya akan vitamin A dan karotin yang dapat melindungi dan membuat kulit terasa sejuk setelah beraktivitas seharian. Tidak hanya itu, produk ini juga dapat mengembalikan kecerahan kulit sehingga terhindar dari kulit kusam.

Aprilskin Real Carrot Serum

Serum yang mengandung 3 jenis wortel organik ini dilengkapi dengan niacinamide dan hyaluronic acid yang dapat memperbaiki sel-sel kulit, mencegah komedo putih, dan mencerahkan, serta sekaligus menenangkan kulit yang meradang akibat jerawat. Selain itu, produk ini juga diformulasikan dengan nonkomedogenik sehingga dapat mencegah tersumbatnya pori-pori wajah.

Selanjutnya: Panduan Mengatasi Pigmentasi Kulit.